Mengenal Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Komputer Dan Fungsinya- PC atau komputer desktop terdiri dari berbagai macam komponen yang satu dengan lainnya saling berhubungan. Jika ada salah satu komponen yang bermasalah atau rusak maka akan berpengaruh terhadap komponen komputer lainnya, bahkan yang paling fatal adalah komputer tersebut tidak bisa dinyalakan sama sekali atau mati total.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
Setiap komponen perangkat komputer memiliki fungsi yang berbeda, salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi yang paling vital adalah prosessor. Lantas apa komponen atau perangkat lainnya tidak begitu vital? Semua komponen komputer sangat vital.

Apa saja bagian-bagian komputer tersebut dan fungsinya? Pada artikel kali ini admin forum komputer akan menjelaskan bagian-bagian CPU atau komputer beserta fungsi. Artikel kali ini, admin akan fokus menjelaskan komponen-komponen komputer desktop. Dan pada artikel selanjutnya, admin juga akan menjelaskan komponen-komponen laptop atau notebook dan netbook. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai bagian bagian CPU atau komputer dan fungsinya.

1. Casing komputer.
Casing komputer merupakan sebuah rumah berbentuk kotak yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputer seperti Processor (CPU), Motherboard, hardisk dan peranti-peranti yang lain. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat yang sangat sensitif seperti motherboard, floppy drive, power supply, hard disk drive dan komponen-komponen lainnya.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya

Adapun fungsi dari casing yaitu untuk melindungi komponen Komputer dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan-benturan fisik. Casing juga berfungsi sebagai pelindung prosessor, motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk. Casing juga digunakan untuk tempat Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin saat komputer beroperasi. Silahkan simak pembahasan selengkapnya mengenai casing komputer Disini.

2. Power supply.
PSU atau yang biasa disebut power supply merupakan suatu komponen komputer yang memiliki fungsi sebagai pemberi tegangan serta arus pada komponen-komponen sebuah komputer, Power supply sendiri mempunyai peran merubah arus AC menjadi arus DC sebelum didistribusikan pada perangkat keras komputer yang lain.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
Power supply memiliki konektor kabel yang masing-masing konektor memiliki fungsi yang berbeda-beda, biasanya power supply juga disebut jantung komputer karena begitu vitalnya perangkat keras ini dalam sebuah rangkaian komputer. Penjelasan selengkapnya mengenai power supply, silahkan baca artikel berikut ini Pengertian, Fungsi Dan Jenis-Jenis Power Supply Komputer.

3. RAM.
RAM atau Random Access Memory merupakan suatu memory tempat penyimpanan data sementara ketika atau saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Dari segi proses, ram dibedakan antara ram fisik dan ram virtual. Ram fisik yaitu ram yang secara fisik sudah dibenamkan pada PC atau laptop, sedangkan ram virtual merupakan ram yang dibuat oleh user untuk membantu kinerja ram fisik. Ram viirtual memerlukan kapasitas dari hardsik dan dapat diatur besar kecil kapasitasnya sedangkan ram fisik memiliki kapasitas tersendiridan untuk memperbesar kapasitasnya adalah dengan cara mengganti ram yang sudah ada dengan kapasitas yang lebih besar atau menambahkan risik ram yang baru.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (Main memory), memori primer (Primary memory), memori internal (Internal memory), penyimpanan utama (Primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer. Simak selengkapnya pembahasan mengenai RAM Disini.

4. Motherboard.
Motherboard atau papan induk merupakan papan sircuit tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung satu komponen dengan komponen lainnya. Didalam motherboard inilah semua komponen-komponen komputer terpasang seperti soket CPU, Slot RAM, Slot PCI, Chipset, Elco, Port Usb, dan masih banyak lagi.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
Selain sebagai papan induk komponen, Motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, Keyboard dan juga mouse. Motherboard sendiri pada dasarnya memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat disusunnya seluruh rangkaian sistem komputer. Untuk penjelasan mengenai bagian-bagian motherboard, silahkan simak artikel berikut ini Bagian-Bagian Motherboard dan Fungsinya.

5. Prosessor.
Istilah prosessor pada dasarnya berasal dari bahasa inggris yaitu kata Prosses yang berarti proses pengolahan. Jika diartikan dari asal kata maka prosessor merupakan perangkat pengolahan data. Jika diartikan secara lengkap maka pengertian prosessor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
Prosessor terletak pada sebauh soket yang terlah disediakan oleh motherboard dan salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas prosessor. Simak selengkapnya penjelasan mengenai pengertian dan fungsi dari prosessor Disini.

6. Baterai cmos.
Menurut wikipedia, baterai cmos adalah sebuah baterai yang digunakan oleh bios untuk tetap aktif meskipun tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya adalah untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta untuk menyimpan settingan bios dan umumnya memakai baterai kancing (baterai bulat yang pipih, ukuran ketebalannya bervariasi).

7. Sound Card.
Sound card secara bahasa berasal dari bahasa inggris "Sound" yang artinya suara, dan "Card" berarti kartu, jika diartikan seluruhnya soundcard berarti kartu suara. Dalam bahasa sehari-hari mungkin hal ini tidak akan berarti apa-apa, namun dalam bidang komputer, terutama tentang komponen hardware komputer, fungsi dan keberadaan sound card ini sangatlah penting.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya

Sound card merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data audio atau suara, sound card atau yang lebih dikenal dengan kartu suara adalah suatu komponen komputer yang terdapat didalam PC atau laptop yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.
Soundcard merupakan pheriperal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard yang memungkinkan sebuah komputer untuk memasukkan input, memproses, dan menghantarkan data berupa suara. Untuk penjelasan jenis-jenis sound card komputer, silahkan baca artikel berikut ini Pengertian dan jenis jenis sound card komputer.

8. Hardisk.
Hardisk merupakan media penyimpanan data secara permanen kedalam sektor-sektor yang terdapat pada disk yang telah tersedia untuk diread (baca) atau write (tulis), fungsi hardisk sangat vital pada sebuah komputer, karena selain untuk menyimpan data, hardisk juga merupakan tempat dimana sistem operasi komputer berada meski sebuah komputer masih bisa menjalankan sistem operasi tanpa hardisk yaitu menggunakan live cd windows atau boot cd dari sistem operasi lainnya.Penjelasan mengenai bagian-bagian hardisk komputer dan fungsinya klik Disini.

9. VGA Card.
VGA (Video Graphics Adapter) atau biasa disebut dengan vga card, kartu grafis, video card, graphic card, display adapter atau graphic adapter merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berperan memproses informasi grafis pada komputer sehingga mampu menampilkan hasil atau tampilan pada layar monitor. Biasanya sebuah komputer memiliki VGA card yang telah tertanam atau terintegrasi pada motherboard, dan untuk teknologi terbaru yang ada saat ini, chip VGA telah tertanam pada CPU/prosessor.

10. Optical Drive.
Optical drive atau yang biasa disebut dengan ODD (Optical Disk Drive) merupakan sebuah perangkat keras tambahan pada sebuah komputer yang menggunakan sinar laser atau gelombang eletromagmetik untuk melakukan proses pembacaan (reading) dan penulisan (writing) data.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
Optical disk drive memiliki dua fungsi yaitu sebagai perangkat untuk menulis data pada media CD maupun DVD dan berfungsi untuk membaca data dari media simpan tersebut.

11. Kabel SATA Dan IDE.
Kabel SATA dan juga IDE merupakan sebuah kabel yang digunakan sebagai media penghubung atau transfer data dari hardisk atau Dvd drive ke motherboard yang nantinya akan ditranfer ke prosessor untuk dibaca. Setiap perangkat komputer pasti didalamnya terdapat kabel SATA atau IDE ini.

Perangkat komputer tambahan.
1. Keyboard.
Keyboard merupakan sebuah perangkat keras (Hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat input data yang berupa huruf, angka dan simbol
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
Fungsi keyboard secara umum yaitu  untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang di ketikkan lalu kemudian menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) dan selanjutnya perintah tersebut akan di ubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga perintah tersebut dapat dimengerti oleh processor.

2. Mouse.
Pengertian mouse komputer adalah perangkat keras yang termasuk dalam golongan perangkat input (masukan), dan berfungsi mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol lada mouse komputer.
Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya
Didalam perangkat mouse ini terdapat sebuah bola kecil (untuk mouse jadul) atau optical mouse (untuk mouse model baru) yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemprosessan (CPU), dengan demikian mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

3. Monitor.
Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor. Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit).

4. Speaker.
Speaker komputer adalah perangkat output pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses dari CPU berupa suara atau audio. Speaker akan mengeluarkan suara yang diputar dalam komputer, baik dari musik player maupun suara video.

5. Flashdisk.
Flashdisk merupakan media penyimpanan portable yang sangat cocok untuk digunakan saat ini. Bebeda dengan teknologi-teknologi pendahulunya seperti floppy disk dan lainnya, flashdisk mempunyai kelebihan yaitu memiliki bentuk yang lebih kecil dan lebih ringan serta memiliki kapasitas yang besar sehingga mampu menyimpan data dengan ukuran yang besar.

6. Webcam.
Webcam merupakan gabungan dari kata web dan camera. Webcam sendiri sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui internet, program instant messaging seperti whatsapp, facebook messenger, Windows Live Messenger, Skype, Camfrog dan lainnya. Istilah “Webcam” sendiri mengarah pada jenis kamera yang digunakan untuk kebutuhan layanan berbasis web. Webcam sendiri biasanya digunakan untuk keperluan konferensi jarak jauh atau juga sebagai kamera pemantau.

7. Modem.
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.

8. Wifi Card.
Kartu Wifi (Wifi Card) adalah kartu elektronik yang digunakan agar komputer dapat menangkap sinyal WiFi dari sebuah jaringan WiFi. Jaringan WiFi memungkinkan kita untuk mengakses internet. Biasanya, sinyal WiFi terdapat di tempat – tempat khusus, seperti bandara, kampus, hotel, alun-alun.

Demikian penjelasan mengenai bagian bagian komputer dan fungsinya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.







Related Posts

Mengenal Bagian Bagian CPU Atau Komputer Dan Fungsinya Terlengkap
4/ 5
Oleh

2 komentar

Tulis komentar