Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Website dan Aplikasi BPJSTKU Mobile Paling Mudah

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Website dan Aplikasi BPJSTKU Mobile-Jamsostek atau Jaminan Sosial tenaga Kerja kini telah dilebur oleh pemerintah menjadi BPJS (Badan penyelenggara Jaminan Sosial) ketenagakerjaan. BPJS ini adalah perusahaan asuransi yang sebelumnya kita kenal dengan nama PT.Askes, begitupun juga dengan BPJS ketenagakerjaan merupakan transformasi dari JAMSOSTEK.
Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Website dan Aplikasi BPJSTKU Mobile Paling Mudah

Dengan adanya pembaharuan sistem dari BPJS itu sendiri tentunya sangat memudahkan masyarakat dalam hal jaminan sosial dalam hal ini adalah ketenagakerjaan. Saat ini, untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan milik sobat sangat dimudahkan sekali caranya. Sobat bisa cek saldo yang sobat miliki lewat website resmi dari BPJS, lewat aplikasi BPJS, ataupun lewat sms.

Nah pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan cara mudah cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat sms, website maupun menggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile. Sebelum admin menjelaskan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan, admin akan menjelaskan beberapa manfaat saat sobat terdaftar sebagai anggota atau member BPJS ketenagakerjaan.

Manfaat BPJS ketenagakerjaan.
Selain BPJS Kesehatan, pemerintah juga menjadikan BPJS Ketenagakerjaan wajib bagi setiap perusahaan. Ketentuan ini bertujuan untuk memberikan jaminan pada pekerja untuk kondisi tak terduga seperti kecelakaan dan kematian. Selain itu juga BPJS Ketenagakerjaan memiliki manfaat sebagai jaminan hari tua. Berikut penjelasan lengkapnya untuk manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan masing-masingnya:
  • Jaminan Kecelakaan Kerja.

Penjaminan untuk Kecelakaan Kerja dari BPJS mencakup biaya pelayanan kesehatan atau biaya perawatan dan santunan dalam bentuk uang. Untuk santunan berbentuk uang sendiri termasuk biaya pengangkutan, santunan sementara selama peserta tidak mampu bekerja, santunan kecacatan, dan biaya pemakaman.
  • Jaminan Kematian.

Manfaat jaminan kematian diberikan kepada peserta yang penyebab meninggalnya bukan karena kecelakaan kerja. Manfaat jaminan kematian yang akan dibayarkan kepada ahli waris terdiri dari; santunan sekaligus, santunan berkala, biaya pemakaman, dan beasiswa yang diberikan pada tiap peserta dengan lama iur minimal 5 tahun.
  • Jaminan Hari Tua (JHT).

Manfaat Jaminan Hari Tua umumnya diberikan kepada pekerja ketika setelah berusia 56 tahun. Namun kini peraturan terbaru, jaminan ini dapat diambil meski belum mencapai usia 56 tahun. Dengan ketentuan, pengambilan maksimal 10% untuk persiapan masa pensiun dan pengambilan maksimal 30% untuk biaya perumahan. Adapun pihak yang berhak untuk menerima manfaat Jaminan Hari Tua adalah janda/duda, anak, cucu, saudara kandung, mertua, atau pihak dalam wasiat. Jika peserta tidak memiliki ahli waris maka manfaat ini akan dikembalikan ke Balai Harta Peninggalan.

Cukup menguntungan sekali bukan? Manfaat yang sobat dapatkan ketika sudah menjadi anggota dari BPJS ketenagakerjaan. Lalu bagaimana cara cek saldo yang kita miliki di BPJS ketenagakerjaan? Silahkan simak penejelasan dibawah ini mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui sms, website dan aplikasi BPJSTKU mobile.

1. Cek saldo BPJS ketenagakerjaan via sms.
  • Sebelum sobat bisa mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan via sms, sobat perlu mendaftarkan diri via sms dengan mengetik : Daftar(spasi)SALDO#No_KTP#Tgl_Lahir(DD-MM-YYYY)#No_Peserta#EMAIL(Kalau ada).
  • Lalu, kirim ke 2757.
  • Setelah itu, peserta bisa mengirim pesan dengan format SALDO(spasi)No peserta, lalu kirim ke 2757.
2. Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat website.
  • Buka website BPJS Ketenagakerjaan.
  • Geser ke bawah kemudian pilih Layanan Peserta Tenaga Kerja. Klik tombol Masuk.
  • Pilih BPJSTKU.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Website dan Aplikasi BPJSTKU Mobile Paling Mudah

Buat akunnya dan begitu selesainya, sobat sudah bisa login buat cari tahu informasi besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan.

3. Cek saldo BPJS ketenagakerjaan via aplikasi.
Cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi bisa diterapkan melalui aplikasi BPJSTK Mobile. Adapun, aplikasi BPJSTK Mobile dapat diunduh atau download di Android, iOS, dan BlackBerry. Peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile secara gratis.
Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Website dan Aplikasi BPJSTKU Mobile Paling Mudah

Setelah mengunduh, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi untuk mendapatkan PIN. Berikut, syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile.

1‎. Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan).
2. NIK e-KTP.
3. Tanggal lahir.
4. Nama.

Setelah terdaftar, peserta BPJS Ketenagakerjaan baru bisa mengecek saldo JHT. Cukup mudah bukan? Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.


















Related Posts

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Website dan Aplikasi BPJSTKU Mobile Paling Mudah
4/ 5
Oleh