13 Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Bermain Game, Wajib Dicoba!

Penyebab dan Cara Mengatasi LAG, Lemot Saat Bermain Game Di Android-Ngelag ataupun lemot merupakan musuh utama bagi gammers android maupun komputer. Apalagi masalah lag atau lemot terjadi saat bermain game online, tentu hal tersebut membawa dampak yang sangat merugikan bagi kita. Tak jarang juga para gamers yang mengalami hal ini sering marah-marah, atau yang lebih parahnya membanting smarphone yang saat itu digunakan untuk bermain game online.
 cara mengatasi lag, lemot dan hang saat bermain game di android

Sebenarnya apa sih penyebab dari game android yang ngelag atau lemot saat dijalankan? Beberapa faktor yang menjadi penyebab game ngelag atau lemot saat dijalankan antara lain :

1. HP kentang/ Spesifikasi hp terlalu rendah.
Istilah HP kentang sering disebutkan bagi mereka para gamers android yang ditujukan untuk smartphone yang memiliki spesifikasi yang tidak sesuai dengan syarat minimum untuk menjalankan sebuah game online maupun offline. Contohnya game mobile legends yang memiliki syarat minimun RAM 2gb akan tetapi dijalankan pada smartphone dengan spesifikasi RAM 512mb, kondisi tersebut sudah pasti game yang dijalankan akan ngelag, lemot dan bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali.

2. Smartphone panas/ overheat.
Panas atau overheat merupakan salah satu faktor utama yang sudah melegenda yang menjadi penyebab hp lemot, ngelag saat bermain game ataupun atau hanya sekedar menjalankan aplikasi.

3. File cache yang menumpuk.
File cache atau file sampah jika dibiarkan saja, lama kelamaan akan membawa dampak yang cukup serius untuk smartphone sobat, salah satunya adalah lemot, ngelag saat menjalanka aplikasi atau game.

4. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal.
Aplikasi yang terlalu banyak diinstal membawa dampak yang buruk jika hp sobat hanya memiliki kapasitas memory yang terbatas, salah satu masalah yang sering terjadi jika menginstal aplikasi terlalu banyak dan hanya memiliki kapasitas terbatas adalah lemot, ngelag ataupun hang.

5. Terserang virus.
Saat ini sudah cukup banyak virus yang diciptakan dengan target sistem operasi android. Virus dapat menyebabkan smartphone sobat menjadi ngelag, lemot dan bahkan bisa error.

6. Jaringan bermasalah.
Jaringan internet sangat berpengaruh sekali saat kita menjalankan game online, jika jaringan internet bermasalah sudah bisa dipastikan game online yang sobat jalankan menjadi lemot, ngelag ataupun terputus koneksinya dari server game tersebut.
 cara mengatasi lag, lemot dan hang saat bermain game di android

Buat sobat forum komputer yang sedang mengalami masalah hp lemot saat bermain game online atau offline diandroid, kali ini admin mempunyai tips untuk mengatasi agar hp tidak lemot atau neglag saat bermain game, berikut uraian selengkapnya.

1. Perhatikan spesifikasi smartphone sobat.
Spesifikasi dari samrtphone android sobat sangat berpengaruh dengan game yang sobat jalannkan, jalan sampai spesifikasi rendah atau hp yang memiliki RAM 512Mb digunakan untuk menjalankan game-game dengan grafik yang diatas rata-rata, sudah pasrti game-game tersebut tidak bisa dijalankan.

Andaipun bisa dijalankan, sudah tentu game tersebut tidak akan berjalan dengan normal, game tersebut akan ngelag, lemot, dan smartphone sobat akan menjadi panas karena dipaksakan untuk bekerja diatas batas kemampuan dari smartphone sobat.

2. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.
Aplikasi-aplikasi yang terlalu banyak terinstal dismartphoen android sobat, bisa menjadi masalah bagi smartphone sobat jika memory penyimpanannyya sudah terlalu penuh, beberapa masalah yang sering terjadi adalah lemot, ngelag dan hang.
 cara mengatasi lag, lemot dan hang saat bermain game di android

Oleh karena itu, sobat perlu menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan seperti aplikasi bawaan dari merk smartphone yang sobat gunakan dan aplikasi lainnya yang dirasa tidak begitu dibutuhkan.

3. Jaga kondisi suhu smartphone sobat.
Panas pada smartphone sangat mempengaruhi dari kinerja smartphone sobat, jika smartphone terlalu panas maka beberapa masalah akan muncul seperti lemot, ngelag, dan hang. Oleh karena itu, sobat perlu menjaga kondisi suhu smartphone yang sobat pakai, jika dirasa sudah terlalu panas maka diamkan terlebih dahulu beberapa saat hingga hp sobat sudah dingin kembali.

Saran admin, jangan menggunakan smartphone sambil di chas, selain membuat smartphone sobat cepat panas, kondisi seperti itu juga membuat bateray hp sobat cepat rusak.

4. Matikan aplikasi yang berjalan.
Jika sobat akan bermain game, aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan wajib dimatikan agar tidak terjadi lag saat bermain. Jika perlu, matikan juga koneksi internet sobat jika bermain game offline, selain aman dari pesan masuk dari sang pacar yang pasti sangat mengganggu konsentrasi bermain game, mematikan koneksi internet saat bermain game offline juga akan aman dari iklan-iklan yang tampil saat bermain game  yang sangat mengganggu sekali.

5. Perbaharui sistem dan aplikasi.
Sama halnya dengan memperbaharui atau mengupdate game, aplikasi atau sistem yang telah usang juga perlu diperbaharui jika ada update yang terbaru, hal tersebut jika bisa meningkatkan perfoma dari smartphone sobat.

6. Dilarang charging sambil bermain HP.
Charging pada saat sedang bermain game adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan. Sebab, hawa panas yang muncul pada saat sedang charging justru akan membuat performa ponsel Android sobat melambat. Hasilnya justru sobat akan menghadapi masalah lagging parah.
 cara mengatasi lag, lemot dan hang saat bermain game di android

Tak hanya itu saja, bermain game pada saat sedang charging akan membuat ponsel Android cepat rusak. Tips lainnya, sobat juga disarankan untuk menggunakan kabel charging yang asli dan bukan yang abal-abal. Kabel charging palsu justru akan merusak ponsel Android sobat. Jadi pastikan daya baterai terisi penuh sebelum bermain game.

7. Hapus cache.
Hampir semua aplikasi akan menyimpan cache untuk berbagai keperluan. Normalnya, berbagai aplikasi tersebut akan tetap menjaga file cachenya agar tidak bertambah besar dengan menghapus cache lama yang sudah tidak digunakan.

Sayangnya, terkadang ada aplikasi yang tidak berjalan normal sehingga cache yang lama tersebut tidak dihapus. Jika keadaannya seperti itu, maka otomatis kita harus menghapusnya secara manual. Caranya pertama-tama buka menus Settings > Apps kemudian buka salah satu aplikasi di sana. Setelah terbuka Anda akan melihat ukuran cache dari aplikasi tersebut.

8. Gunakan jaringan 4G atau wifi.
Menggunakan koneksi internet yang cepat sangat berpengaruh saat bermain game online di android ataupun sistem operasi lainnya, oleh karena itu sobat perlu menggunakan koneksi internet 4G ataupun wifi untuk mengurangi masalah saat bermain game online.

9. hapus file yang tidak penting.
Seperti yang disinggung di atas, menghapus aplikasi dapat menciptakan ruang yang kosong baru di memori yang sangat bermanfaat. Nah, ruang kosong tersebut juga bisa kita dapatkan dengan cara menghapus file yang tidak dirasa penting atau tidak digunakan lagi.

Jika kita mau meluangkan sedikit waktu untuk memeriksa berbagai folder di memori internal ataupun juga eksternal, pasti kita akan banyak sekali menemukan file-file yang sudah tidak berguna lagi. Untuk menemukan file tersebut kita bisa menggunakan aplikasi semacam apliaksi yang bernama ES File Explorer dan lainnya.

10. Pastikan selalu update game.
Game-game yang telah dibuat oleh developer sudah tentu akan terus diperbaharui oleh si pembuat untuk memperbaiki bug-bug yang ada pada game tesebut, jika ada update terbaru dari game yang sobat instal, sebaiknya sobat langsung saja mengupdate game tersebut untuk memperbaiki bug, dan bisa juga setelah sobat mengupdate-nya maka masalah seperti lemot atau ngelag pada game tersebut bisa teratasi.

11. Lakukan Factory reset.
Factory reset atau mengembalikan settingan hp ke setelan pabrik perlu dilakukan jika beberapa langkah diatas sudah dilakukan akan tetapi tidak membuahkan hasil. Tapi sebelum sobat mealukan factory reset, ada baiknya sobat membackup data-data, file ataupun dokumen lainnya karena jika sobat melakukan faktory reset maka semua data bisa saja hilang jika sobat memilih hapus semua data.

12. Restart game.
Jika masih mengalami lagging pada saat bermain game di Hp? Solusi lain yang bisa admin tawarkan yakni melakukan restart pada game saja yang sedang sobat mainkan. Untuk memperlancar kinerja ponsel versi Android saat bermain game, salah satunya adalah melakukan restart game yang bisa meringankan performa kecepatan ponsel sobat.
 cara mengatasi lag, lemot dan hang saat bermain game di android

Setelah sobat  melakukan restart pada game di hp, disarankan untuk mendiamkannya sekitar kurang lebih 10 menit. Biarkanlah HP sobat beristirahat sejenak sampai HP sobat sudah normal kembali. Jika dirasa sudah cukup, barulah sobat bisa kembali bermain game itu lagi.

13. Ganti HP.
Jika semua cara sudah dilakukan akan tetapi game yang sobat jalankan masih saja ngelag, lemot ataupun ngehang maka saran admin adalah ganti hp sobat dengan hp yang baru dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dari hp sobat sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai 13 cara mengatasi lag, lemot dan hang saat bermain game di android, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.



















Related Posts

13 Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Bermain Game, Wajib Dicoba!
4/ 5
Oleh