asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

4 Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi

Menambah RAM Android dengan Aplikasi-Memliki android yang lemot tentunya sangat menjengkelkan. Padahal kebutuhan smartphone saat ini sudah seperti kebutuhan pokok sehari-hari. Beberapa penyebab smartphone lemot cukup beragam. Salah satu penyebabnya adalah kepasitas RAM yang kecil.

Idealnya, Kapasitas RAM pada smartphone minimal menyentuh 2GB untuk bisa lancar dalam menjalankan berbagai aktivitas. Jika kapasitasnya kurang dari 2GB, pada umumnya smartphone akan lemot. hal ini juga dikarenakan penggunaan aplikasi yang cukup sering melakukan pembaharuan hampir setiap hari. Akibatnya data yang diperlukan semakin besar dan itu berpengaruh pada kinerja RAM. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi Android lemot karena RAM kecil. Salah satunya adalah Cara Menambah RAM Android. Untuk mengetahuinya lebih lanjut berikut ulasannya.

  • Menggunakan aplikasi Smart Booster
    Cara Menambah RAM Android yang pertama adalah menggunakan aplikasi Smart Booster. Cara kerja aplikasi ini adalah menghentikan berbagai aplikasi maupun software yang berjalan di dalam smatphone. Dengan begitu, kinerja RAM akan jauh lebih lega dan maksimal pada aplikasi maupun software yang diinginkan. Untuk cara kerjanya seperti ini.
  1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasinya di Play Store.
  2. Setelah diinstal, bukalah aplikasinya, nanti akan muncul halaman awal Smart Booster. Klik saja “Start Now”.
  3. Agar RAM smartphone lebih lega, tekan saja ikon yang berbentuk roket. Dengan begitu, aplikasi dapat berjalan.
  4. Untuk kinerja RAM yang lebih maksimal, silakan masuk ke bagian “setting” lalu pilih bagian “RAM Boost”. Di sana ubahlah bagian RAM  menjadi mode “Aggresive”.
  5. Masih pada menu RAM Boost, ceklislah “Boost When Screen Off”  agar kinerja RAM dapat maksimal ketika smartphone tidak digunakan. Ditambah lagi, ubah bagian “Delay to Boost When Screen Off” ke bagian “Immediately”.
  6. Untuk pengaturan yang sudah dijabarkan dari awal, Anda harus mengaturnya secara otomatis ketika keluar dari aplikasi. Sebab, jika tidak, maka pengaturannya akan kembali ke awal. Maka dari itu, cobalah ceklis pada bagian “Boost Automatically”. Lalu ubahlah pada bagian “RAM Threshold (MB)” menjadi “100MB”. Setelah itu, atur bagian “Boost Interval” menjadi “5 minutes” atau bisa lebih.
  7. Selesai.
  • Menggunakan aplikasi RAM Control Extreme Pro
    Cara Menambah RAM Android berikutnya adalah menggunakan aplikasi RAM Control Extreme Pro. Aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk menambah RAM pada Android. Untuk mengetahui cara kerjanya, berikut ulasannya.
  1. Unduh dan instal aplikasinya di Play Store
  2. Jika sudah, bukalah aplikasinya dan atur bagian fitur “RAM Booster” sehingga RAM pada smartphone dapat ditingkatkan.
  3. Pada bagian menu “RAM Booster” sentuh menu “Start” pada “Auto RAM Booster” sehingga RAM dapat langsung ditingkatkan.
  4. Atur juga penggunaan waktunya seperti pada poin pertama. Caranya adalah dengan masuk ke bagian sistem di “Auto RAM Booster” lalu masuk ke bagian “Setting”. Di sanalah Anda bisa mengatur waktunya.
  5. Selanjutnya adalah masuk ke bagian “Task Killer” untuk segera menghentikan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  6. Namun, Anda dapat mengatur sendiri aplikasi mana yang harus dimatikan dan mana yang boleh dijalankan. Caranya adalah dengan masuk ke bagian “White List” lalu masukanlah daftar aplikasi yng tidak perlu dimatikan.
  7. Selesai.
  • Memakai Aplikasi Swapper and Tools
    Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Sweapper and Tools. Aplikasi ini tidaklah serumit dua jenis aplikasi sebelumnya. Akan tetapi, untuk menggunakan metode ini, smartphone Anda terdapat memori SD Card. Untuk mengetahui cara kerjanya, berikut ulasannya.
  1. Unduh serta instal aplikasinya seperti poin-poin sebelumnya.
  2. Bukalah aplikasi “Swapper and Tools” serta masuk ke menu “Active Swap on Boot”.
  3. Selanjutnya di bagian “Swap File Position”, pilihlah “SD Card FAT Partition”.
  4. Lalu pada bagian “Swap File Size”, Anda bisa memasukan jumlah kapasitas virtual memori sesuai dengan kebutuhan.
  5. Jika sudah, simpanlah dan aplikasi akan langsung berjalan.
  6. Bisa dikatakan aplikasi “Swapper and Tools” ini memanfaatkan memori yang terdapat di SD card. Memanfaatkan memori di dalam SD card dapat membentuk Virtual memori. Penggunaan memori virtual ini sangat bergantung pada kapasitas memori SD Card. Semakin banyak memori SD card yang digunakan, maka semakin banyak memori virtual yang digunakan.
  • Memakai <2GB RAM Booster
    Aplikasi selanjutnya adalah “<2GB RAM Booster”. Aplikasi ini tidak menggunakan sistem root sehingga dapat digunakan pada jenis smartphone apapun. Untuk mengetahui cara kerjanya, berikut ulasannya.
  1. Unduh dan instal seperti biasa pada Play Store.
  2. Masuklah pada aplikasinya dan tekan tulisan “Boost” yang berada tepat dibagian tengah.
  3. Tunggulah hingga beberapa detik agar aplikasinya dapat berjalan.
  4. Ketika sudah selesai, Anda bisa cek pada bagian kapasitas RAM smartphone yang digunakan. jika kapasitas RAM yang digunakan bertambah, maka  aplikasinya berjalan dengan baik.
  5. Selesai.
Itulah cara menambah RAM Android dengan bantuan aplikasi. Jika Anda butuh referensi lainnya, Anda bisa gunakan aplikasi agar android tidak lemot atau bisa pelajari cara agar HP android tidak lemot dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca semuanya.
Loading...