asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Penyebab Keyboard Laptop Rusak dan Cara Mengatasinya - Keyboard merupakan perangkat keras komputer dan laptop yang berfungsi sebagai perangkat yang paling penting untuk proses inputan/masukan pada komputer dan laptop anda. Dengan keyboard kita bisa mengetikan karakter untuk isi dari pekerjaan kita yang akan kita lakukan, seperti tugas kuliah, tugas sekolah, laporan pekerjaan, dan sebagainya. Nah dari situlah mengapa keyboard menjadi salah satu perangkat hardware/keras yang sangat penting.

Penyebab Keyboard Laptop Rusak dan Cara Mengatasinya

Namun bagaimana jika keyboard laptop tiba tiba tidak berfungsi? (rusak), sama seperti perangkat keras lainnya, keyboard ini memiliki tingkat kerusakan yang sangat sensitif, namun asalkan kamu mengetahui cara merawat keyboard dengan benar dan baik, keyboard anda akan tetap terjaga dan bertahan lama walaupun seiring waktu akan mengalami penurunan performa dari keyboard anda. 

Biasanya keyboard pc tidak berfungsi memiliki sebab akibat oleh faktor pemakaian yang mungkin anda tidak ketahui. Menurut Juragan Teori keyboard laptop tidak berfungsi sebagian mempunyai sebab sebagai berikut :
  • Satu atau sebagian lebih tombol sangat keras sehingga tombol agak sulit untuk ditekan
  • Satu atau sebagian lebih tombol tidak muncul karakternya di layar laptop, padahal tombol sudah ditekan
  • Keyboard tidak terdeteksi oleh laptop
  • Keyboard mati total dan tidak bisa digunakan lagi, walaupun sudah terdeteksi di laptop
  • Bahkan keyboard malah mengetik sendiri, padahal tombol tidak ditekan sama sekali.
Dari berbagai masalah kerusakan keyboard tersebut dan bagaimana cara mengembalikan keyboard yang rusak dan tidak berfungsi Juragan Teori akan membahas tuntas disini kenapa keyboard laptop atau pc error? yuk langsung saja.

Penyebab Keyboard PC/Laptop Anda Cepat Rusak!

  1. Keyboard laptop ketumpahan cairan
    Penyebab keyboard laptop rusak salah satunya adalah perangkat keyboard laptop yang terkena atau ketumpahan cairan, contohnya seperti misal air, minuman air bersoda, dan jenis-jenis cairan lainnya yang dapat merusak keyboard laptop. Cairan yang tumpah ke dalam keyboard laptop, bisa dapat menyebabkan tombol keyboard tidak dapat ditekan atau tidak berfungsi kembali karena konsleting. Sehingga, pada layar laptop tidak akan muncul karakter yang sesuai dengan apa yang diketik oleh anda menggunakan keyboard.
    Untuk mengatasi hal - hal masalah seperti ini, cara yang tepat dapat dilakukan oleh anda, yaitu membuka atau mencongkel keyboard laptop, terutama khususnya tombol – tombol yang rusak pada keyboard laptop, lalu keyboard tersebut dibersihkan pada bagian yang kotor dan ketumpahan cairan tersebut sampai benar - benar bersih.
  2. Debu dan pasir yang bertumpukan di bawah tombol keyboard
    Masuknya dan adanya tumpukan debu dan pasir yang kemungkinan terselip di bawah tombol keyboard. Hal ini terjadi pada adanya tumpukan debu dan pasir pada laptop yang sering digunakan biasanya di luar ruangan (outdoor), misalnya seperti taman, lapangan, dan tempat kerja yang berada di luar ruangan yang dapat menyebabkan masuknya debu dan pasir. Pasir dan debu yang terselip di bagian bawah tombol keyboard ini bisa juga menyebabkan tombol keyboard menjadi susah untuk ditekan dan jika ditekan pun malah tidak dapat memunculkan karakter.

    Cara mengatasi keyboard laptop yang terselip debu dan pasir ini adalah dengan membersihkannya keyboard tersebut seperti pada nomer 1. Anda bisa menggunakan kuas halus untuk membersihkan debu dan pasir. Anda juga bisa melakukan cara membuka keyboard laptop, terutama khususnya bagian tombol keyboard yang terselip debu dan juga pasir, lalu dibersihkan hingga keyboard dapat berfungsi normal kembali.
  3. Masalah pada driver keyboard laptop dan pc
    Biasanya, masalah yang sering muncul pada perangkat keras komputer atau laptop ini, penyebabnya tidak jauh-jauh dari masalah driver yang belum ter update atau belum terinstall pada laptop anda. Driver adalah sebuah komponen di ada di dalam laptop atau komputer bisa mengalami masalah karena sudah out of date, tidak kompatibel lagi dengan sistem, dan ada kesalahan ketika proses instalasi. Hal tersebut juga bisa terjadi juga pada keyboard laptop Anda.
    Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah kok. Yaitu yang anda lakukan adalah hanya perlu menginstal ulang driver keyboard laptop Anda. Cara lainnya yang bisa anda ikuti dengan mengatasi masalaah seperti ini, Anda bisa melakukan update driver keyboard laptop Anda. Untuk lebih detailnya baca artikel berikut cara update driver laptop.
  4. Karet pada tombol keyboard mengalami kerusakan
    Jenis kerusakan keyboard laptop lainnya juga bisa disebabkan oleh adanya karet yang ada di bawah tombol keyboard mengalami kerusakan. Biasanya hal yang terjadi seperti ini terjadi karena Anda terlalu banyak dan sering menggunakan keyboard laptop secara tak wajar. Bisa juga kerusakan pada karet keyboard diakibatkan oleh pengaruh dari usia dari laptop Anda. Hal tersebut karena seiring waktu, kemudian bagian karet yang ada di balik tombol keyboard laptop menjadi getas dan semakin lama karet keyboard tersebut akan berubah semakin menipis. Jika sudah begitu, keyboard laptop nantinya tidak bisa ditekan dengan optimal seperti biasanya.

    Untuk mengatasi kerusakan hal tersebut pada keyboard laptop maupun pc anda, maka Anda dapat mengganti tombol keyboard tersebut dengan yang baru dan asli dari produsen laptopnya. Namun, biasanya Anda mau tidak mau harus menggantikan keyboard laptop Anda dengan membeli keyboard yang baru. Sehingga keyboard laptop anda bisa digunakan lagi seperti biasanya dengan membeli baru. Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan membeli keyboard eksternal yang dihubungkan ke port USB atau yang dikoneksikan secara wireless. Tujuan dari cara tersebut untuk mengurangi penggunaan keyboard internal pada laptop Anda atau menghemat kantong anda.
  5. Laptop terjatuh
    Laptop yang terjatuh merupakan salah satu bencana yang sangat besar, tidak hanya keyboard rusak saja namun dapat mempengaruhi segala bentuk sistem hardware yang ada di dalamnya, mulai dari harddisk, RAM, Processor, hingga keyboard rusak karena laptop jatuh. Ketika keyboard laptop anda mengalami kerusakan seperti ini, mungkin saja hal ini disebabkan karena laptop anda sudah pernah tejatuh. Ketika laptop anda terjatuh, bukan tidak mungkin apabila bagian keyboard anda mengalami gangguan, seperti port atau socket yang lepas dan kendor, hingga keyboard yang retak dan mengalami masalah.

    Ketika hal ini terjadi pada laptop anda, maka solusi yang terbaik adalah mengganti saja keyboard laptop anda, dengan catatan, memang sudah benar – benar dipastikan bahwa yang menyebabkan kerusakan adalah karena laptop terjatuh, dan juga perangkat lainnya yang vital tidak mengalami masalah.
Nah itulah beberapa penyebab dan cara benerin keyboard laptop, jagalah dan rawat keyboard anda agar tidak cepat rusak, karena sparepart keyboard original itu tidak murah. Sekian tips trik membersihkan keyboard laptop, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Terimakasih.
Loading...