10 Cara Mengatasi Game LAG Atau Patah-Patah Di PC/Laptop Dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Game PC Patah Patah-Game PC yang ngelag atau patah-patah saat dijalankan memang sangat terasa menggangu sekali, selian membuat kita tidak bisa konsentrasi saat bermain game tersebut, faktor kenyamaan pada mata kita menjadi salah satu faktor agar game yang ngelag atau patah-patah tersebt harus diperbaiki.
10 Cara Mengatasi Game LAG Atau Patah-Patah Di PC/Laptop Dengan Mudah

Sebenarnya apa sih yang membuat game tersebut menjadi ngelag atau patah-patah saat dijalankan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa faktor yang membuat game PC menadi ngelag atau patah-patah saat dijalankan, antara lain :

Spesifikasi komputer yang tidak memenuhi standart game.
Setiap game memiliki spesifikasi pertmintaan standart hardware yang digunakan agar game tersebut bisa dijalankan, jika PC atau laptop sobat memiliki spesifikasi yang dibawah standar dari game yang sobat jalankan maka bisa dipastikan game tersebut akan ngelag, patah-patah atau sama sekali tidak bisa dibuka.

  • Windows Penuh File Sampah
Jangan heran, Windows yang jarang dirawat atau dioptimalisasi bisa bikin game ngelag dan patah-patah saat menjalankan game. Dan bukan cuma game, software-software lain juga bisa ikut melambat kinerjanya.

  • Ada BUG dalam game yang sobat mainkan.
Lag dari game juga bisa jadi dari gamenya langsung. Karena tidak sedikit game yang kurang stabil (Biasanya yang baru rilis). Dan ini membuat FPS yang kita dapat jadi menurun.

  • Driver VGA Terlalu Out Of Update.
Banyak yang tidak berfikir untuk update driver. Padahal, untuk beberapa game ini lumayan perbedaannya. Karena kadang bisa meningkatkan performa sekaligus FPS supaya jadi lebih lancar. Kepikiran buat apa update Driver? Padahal kayanya tidak terasa bedanya.

Penyebab-penyebab diatas mungkin sebagian orang tidak begitu memperhatikan, apalagi jika pemakai komputer atau laptop yang awam. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak hanya sebagai pemakai akan tetapi paham juga bagaimana atau seperti apa cara kerja dari komputer, laptop dan teknologi-teknologi lainnya.

Nah untuk mengatasi game PC yang ngelag dan patah-patah, admin memiliki beberapa tips yang cukup ampuh, antara lain :

1.Upgrade hardware PC atau laptop.
Tips pertama yang admin sarankan agar tiak terjadi lag atau patah-patah saat bermain game adalah dengan cara mengupgrade hardware komputer atau laptop sobat. Untuk perangkat PC atau komputer, ada beberapa perangkat keras atau hardware yang bisa soboat upgrade agar performa dari PC sobat menjadi lebih kencang, diantaranya adalah :

  • Prosessor atau Procy.
  • VGA atau Kartu grafis.
  • RAM.
  • Atau sobat bisa mengupgrade motherboard ke chipset yang lebih tinggi tanpa harus mengupgrade komponen yang seperti disebutkan diatas.
Dan untuk perangkat laptop, komponen atau hardware yang bisa diupgrade adalah RAM dan bisa saja sobat mengupgrade VGA yang sudah tertanam pada laptop sobat dengan menggunakan VGA addon, tapi cara tersebut sangat ribet dan membutuhkan tekinisi ahli yang mahir dalam bidang komputer. Salah satu penampakan dari VGA laptop yang telah diupgrade ada pada gambar dibawah ini.
10 Cara Mengatasi Game LAG Atau Patah-Patah Di PC/Laptop Dengan Mudah

2. Update Driver Ke Versi Terbaru.
Peningkatan serta perbaikan bug-bug dalam game bisa didapatkan dengan cara mengupgrade driver VGA ke versi yang terbaru, umumnya jenis VGA saat ini yang tersedia dipasaran adalah Nvidia, AMD dan VGA Intel, silahkan kunjungi situs dari masing-masing produsen VGA tersebut untuk mendapatkan update dari VGA yang sobat gunakan.

  • Untuk update driver VGA Intel, silahkan klik link berikut ini www.intel.com
  • Untuk update driver VGA AMD, silahkan klik link berikut ini www.amd.com
  • Untuk update driver VGA Nvidia, silahkan klik link berikut ini www.nvidia.com

3. Hindari PC atau Laptop menjadi panas
Salah satu penyebab ngelag atau patah-patah saat bermain game adalah komputer atau laptop yang sobat gunakan terlalu panas, panas yang timbulkan bisa menyebabkan aplikasi atau game yang sedang dijalankan menjadi ngelag, patah-patah, nge-hang atau tidak bisa dijalankan sama sekali.
10 Cara Mengatasi Game LAG Atau Patah-Patah Di PC/Laptop Dengan Mudah

Untuk mengatasi hal tersebut adalah sebisa mungkin jangan sampai atau hindari PC atau laptop sobat menjadi panas dengan cara menambahkan sistem pendinginan seperti cooling pad pada laptop atau Fan atau kipas pendingin tambahan pada PC, dan hindari juga penggunaan laptop diatas karus atau bantal karena tempat-tempat tersebut bisa menyebabkan panas yang dikeluarkan oleh laptop tidak terbuang dengan sempurna.

4. Optimalisasi Windows.
Banyak yang kurang memikirkan masalah optimalisasi ini. Padahal, dari pengalaman admin, ngegame di OS yang kurang dioptimalisasi itu bisa menurunkan Frame Rate hingga 50%.

Untuk cara optimasinya ada beberapa cara :

  • Defrag HDD : Bisa dilakukan dengan software bawaan OS atau pihak ketiga, terserah sobat. Untuk pemakai SSD dan SSHD tidak perlu di Defrag ya.
  • Membersihkan File Sampah : Saat Windows dipakai, akan selalu ada file sampah (Junk files). Ini harus dihapus. 
  • Hapus Registry : Setiap menghapus program, biasanya akan ada file-file tertentu yang namanya registry. Nah ini wajib dihapus supaya Windows bisa lebih optimal. 
  • Scanning Virus : Scanning virus sebisa mungkin rutin dilakukan. Kebanyakan virus biasanya sering bekerja secara diam-diam. Efeknya PC jadi terbebani dan jadi melambat (Apalagi jika virus tersebut memakan resource yang besar dari processor ataupun RAM).

Lakukan semuanya satu-satu, kemudian silakan tes kembali.

5. Optimalisasi Airflow PC / Laptop.
Sistem pendingan atau alur dari sistem pendingan pada PC atau laptop sangat penting agar panas yang dihasilkan oleh prosessor bisa terbuang dengan sempurna, oleh karen aitu bagi pengguna PC perlu mengatur alur sistem pendingan terbsebut agar suhu pada PC tetap terjaga.

6. Gunakan Aplikasi Game Booster.
Game booster adalah aplikasi untuk menghilangkan lag di game. Aplikasi ini akan menutup aplikasi aplikasi lain yang mengganggu saat main game. Jadi, PC kita akan lebih terfokus memberi performa ke Game saja. Sedikit tips bagi sobat, Untuk memaksimalkan performa, Centang semua proses proses yang akan dimatikan sementara. Sehingga PC akan benar benar terfokus untuk memberikan performa kepada Game tersebut.

Catatan : Performa PC berbanding lurus dengan Spek minimum Game. Artinya Jika spek minimum Game misalnya Intel I5 atau AMD A8, maka PC kalian harus Intel I5 atau AMD A8 atau diatasnya lagi. Jika dibawah spek maka agak percuma jika menggunakan Game Booster.

7. Lakukan Overclock.
overclocking adalah praktek meningkatkan frekuensi clock komputer untuk melebihi yang disertifikasi oleh pabrikan. Tegangan operasi yang umum juga ditingkatkan untuk menjaga stabilitas operasional suatu komponen pada kecepatan yang dipercepat.

Dengan melakukan overclock, sobat bisa mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi dari standart pabrik pada CPU, VGA ataupun RAM, namun trik ini sangat tidak direkomendasikan untuk kebutuhan sehari-hari karena dapat memperpendek usia dari hardware yang di overclock.

8. Menutup Aplikasi yang tidak perlu.
Agar game dapat dimainkan dengan lancar, maka sobat harus memastikan semua aplikasi maupun software yang berjalan di PC sudah berhenti. Hal ini juga membantu kelancaran game saat ingin dimainkan.

Jika aplikasi dijalankan bersamaan dengan game, bisa dipastikan game akan lag atau patah-patah. cara untuk mematikannya pun sangat mudah, pergilah ke Task manager dan tutup aplikasi maupun software yang memiliki konsumsi memori yang besar.

9. Mengatur Grafik Game.
Setting grafis pada bagian low end sampai mid saja sehingga performa komponen komputer tidak terlalu kerja keras karena banyak memori kososng yang dapat dimanfaatkan untuk kinerja game tersebut. Jika sobat mengatur grafis pada mode high, Kinerja komputer hanya fokus pada bagian grafisnya saja, sedangkan hal lainnya jadi tidak diperhatikan. Akibatnya performa patah-patah dapat terjadi.
10 Cara Mengatasi Game LAG Atau Patah-Patah Di PC/Laptop Dengan Mudah

Perlu diperhatikan PC lama tidak selama dapat tahan terhadap performa game secara terus-menerus. Jika sobat tidak bsa merawatnya, maka bisa jadi komputer akan cepat rusak.

10. Matikan fitur Vsync.
Vsync atau lebih tepatnya vertikal sync adalah program dari VGA untuk menambah kualitas grafis. Ingat, Semakin bagus grafis suatu game, maka akan membutuhkan kinerja Proessor, VGA dan RAM yang tinggi.

Maka dari itu buat yang PC nya “low end” atau “mid end” matikan saja fitur ini. Sadarlah, jika PC sobat itu tidak kuat main game yang grafisnya Bagus (sebagian dari kalian loh). Dan satu hal lagi, untuk mematikan fitur ini, ada 2 cara. Yaitu lewat Control panel VGA atau Settingan grafik di dalam game.

Demikian penjelasan mengenai cara menngatasi game lag atau patah-patah di PC atau laptop, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.


Related Posts

10 Cara Mengatasi Game LAG Atau Patah-Patah Di PC/Laptop Dengan Mudah
4/ 5
Oleh