asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

5 Cara Membersihkan Printer Infus dengan Benar

Cara Membersihkan Printer Infus-Bagi kamu yang sering melakukan tugas sekolah atau bekerja pada bagian dokumen, pastinya sudah tidak asing dengan printer. Printer merupakan salah satu komponen komputer yang digunakan untuk mencetak dokumen. Jenis-jenis printer pun bermacam-macam. ada yang menggunakan catridge dan ada yang menggunakan infus.

Sebagian orang, terutama bagi pengusaha rental komputer, mereka lebih memilih menggunakan printer infus untuk menjalankan usahanya. Banyak kelebihan dengan menggunakan printer jenis infus seperti kemudahan dalam mengisi ulang tinta hingga hemat dalam penggantian catridge baru.

Meskipun begitu, bukan berarti printer infus tidak pernah mengalami kerusakan. Khususnya saat pengisian tinta yang baru. Tidak jarang printer menjadi kotor karena bercak tinta yang tidak sengaja mengotori printer. Oleh sebab itu, berikut 5 langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membersihkan printer infus dengan benar.

1.Bukalah pengait botol tinta pada printer

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan botol tinta dan letakan. Perlu diperhatikan bahwa usahakan botol tintanya sejajar dengan printer. Hal ini dilakukan agar botol infus saat dibersihkan tidaklah mudah tumpah. Untuk menghindari tumpahan tinta yang berpotensi terjadi, maka lebih baik ada satu orang yang memegang bagian botol tinta. akan tetapi, jika hanya kamu sendiri, lebih baik letakan di atas printer. Akan tetapi, hal itu juga kangan terlalu lama karena bisa merusak komponen printer.

2.Bersihkan tinta dengan lap yang lembab

Langkah selanjutnya yaitu adalah persiapkan lap atau kain yang sudah dibasahi menggunakan cairan pembersih. Akan tetapi, pada bagian ini, kamu jangan menggunakan cairan pembersih terlalu banyak, atau lapnya sampai benar-benar basah. Sebab, hal tersebut yaitu malah membuat beberapa komponen - komponen printer bisa terjadi korsleting. Usahakan kainnya atau lap tersebut dalam keadaan lembab.

Jika sudah siap, maka laplah bagian printer yang terkena sisa tinta atau bagian yang terdapat kotoran. Pada bagian ini juga jangan sampai kamu menekan terlalu keras karena hal tersebut juga dapat merusak bagian-bagian penting printer.

3.Bersihkan bagian rolers menggunakan tisu

Bagian rolers merupakan salah satu bagian penting dari sebuah printer, seiap kertas yang dimasukan pada printer hasilnya akan keluar dari rollers tersebut. Nah, bagian tersebut juga harus dibersihkan. Caranya adalah dengan menggunakan tisu. Pertama cabutlah kabel daya yang menempel pada bagian printer dan juga pada bagian listrik. Setelah itu bukalah kesing printer sehingga bagian roller akan terlihat. Apabila masih ada kertas, cabutlah kertas tersebut. Setelah itu, masukanlah tisu pada bagian roller secara berulang-ulang sampai kamu yakin roller bagian tersebut bersih. Bila belum puas, ambilah tisu berikutnya dan lakukanlah hal yang sama.

4.Lakukanlah Head Cleaning

Cara ke empat yaitu adalah melakukan Head Cleaning pada printer anda. Fungsi Head Cleaning ini adalah salah satu cara mengatasi tinta printer tidak mengalir. Selain itu juga, Head cleaning ini juga dapat berfungsi dan dipakai untuk membersihkan tinta - tinta dari sisi software pada komputer. Untuk cara melakukannya. Pertama-tama adalah masuk ke Control Panel lalu pilih Device & Printer. Setelah itu, jika ada banyak printer yang terpasang, pilihlah printer yang sedang kamu bersihkan.

Jika ada, klik kanan dan pilih Printer Properties. Nantinya akan muncul pop-up yang bernama Printer Properties. Setelah itu, klik tab maintenance atau jika komputermu menggunakan Bahasa Indonesia, maka pilihlah bagian perawatan. Setelah itu, kamu akan melihat banyak pilihan dalam melakukan perawataan printer. Pilihlah Cleaning untuk pembersihan tinta dalam mode biasa. Jika ingin lebih yakin, maka kamu dapat memilih Deep Cleaning.

5.Usahakan selalu bersihkan printer seminggu sekali

Ketika kita sering menggunakan printer di atas meja, secara tidak sadar kita juga sering mengabaikan perawatan pada printer itu sendiri. Sebab, jika tidak pernah merawat printer, berbagai kotoran dapat menempel pada bagian-bagian printer. Terutama pada bagian dalam printer. Oleh sebab itu, usahakanlah setiap seminggu sekali kamu sering membersihkan printer seperti pada poin-poin sebelumnya.

Setelah itu, kamu akan aakn muncul tinta mana yang akan dibersihkan. Pilihlah semua warna agar setiap tinta dapat dibersihkan dan juga dapat lancar saat dibutuhkan. Jika sudah dipilih, maka tunggulah proses pembersihan yang dilakukan oleh sistem. Apabila proses pembersihan suda selesai maka akan muncul opsi apakah ingin melihat hasil cetaknya atau tidak. Sebaiknya pilihlah cek warna agar bisa ketahuan apakah warna yang dihasilkan sudah bagus semua atau masih belum. Setelah dicetak, lihatlah hasil tinta yang dihasilkan. Apabila hasil tinta masih patah-patah, maka pembersihan belum sempurna. Sebaliknya, jika warna tinta tercetak dengan mulus, maka pembersihan telah berhasil.

Meskipun merk printer yang beredar berbeda-beda, akan tetapi, pada dasarnya semua sama pada saat masalah printer terjadi. Oleh karena itu, jika kamu melakukannya dengan tekun dan rajin, masalah printer bisa kamu atasi tanpa harus pergi ke tempat servis printer.
Loading...