asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows-Setiap membangun komputer Windows, sobat mungkin menginstalasi freeware. Aplikasi tersebut semua terlihat melakukan fungsi penting dan mereka terlihat seperti installer dan uninstaller yang tidak bermasalah. Dengan kata lain, mereka tidak akan membuat komputer crash atau menurunkan performanya. Kita lihat aplikasi penting (dan free) untuk sobat gunakan di Windows.

Autoruns.
Autoruns merupakan utiliti untuk menganalisis dan melihat semua yang berjalan pada komputer sobat saat startup. Sobat memang bisa saja menggunakan utiliti Windows “msconfig”, tapi sobat tidak mendapatkan gambaran keseluruhan. Di lain pihak, Autoruns akan melihat secara menyeluruh dan menampilkan semua yang dijalankan dan urutannya! 

Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows

Pada gambar diatas, sobat bisa melihat perbedaan antara msconfig dan Autoruns pada komputer yang menjalankan Windows 7. 

Msconfig menampilkan beberapa program, tapi itu belumlah semua. Pada waktu menjalankan Autoruns, lihat apa yang didapat. Ada banyak! Yang ditampilkan pada gambar hanyalah sebagian kecil. Autoruns menampilkan program yang dijalankan pada saat startup dan menampilkan urutan Windows menjalankan mereka. 

Program ini menampilkan apa yang ada folder Startup sobat, Run, RunOnce, dan key Registry yang lain. Sobat bisa mengonfigurasi Autoruns untuk menampilkan lokasi lain, termasuk Explorer shell extensions, toolbars, browser helper objects, notifikasi Winlogon, auto-start services, dan banyak lagi. 

Yang sangat menarik adalah adanya opsi Compare yang bisa sobat gunakan untuk melihat item yang ditambahkan ke komputer dan mana yang membuat lambat. Pertama, sobat harus menyimpan kondisi eksisting. Kemudian sobat bisa menggunakan opsi Compare setelah menginstalasi software, atau beberapa bulan setelah sobat merasa komputer semakin lambat. 

Klik saja Compare dan kemudian pilih file yang sobat simpan (menyimpan file dengan menyertakan tanggal pada nama file sangat berguna di sini). Autoruns akan menandai item baru dengan warna hijau. Namun, ia tidak menunjukkan item yang tidak lagi ada pada kondisi eksisting, tapi itu tidak masalah karena kita hanya fokus terhadap item baru yang membuat komputer lebih lambat. Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang dilakukan suatu entri, sobat bisa mencarinya secara online.

Kita perlu semacam perlindungan dari Internet dan sering kali dari diri sendiri. Solusi yang cocok adalah AVG Antivirus Free Edition, yang mempunyai ukuran yang kecil dan tidak memperlambat komputer sobat. 
Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows

Yang menarik, sobat tidak harus membayar untuk memperbarui signature antivirus, karena aplikasi ini FREE. Jika sobat membeli komputer baru, jangan lupa untuk menghapus dulu semua software antivirus demo.

uTorrent merupakan client BitTorrent yang harus dimiliki oleh sobat yang ingin mempunyai aplikasi file-sharing yang bisa men-download file besar. Aplikasi ini dikembangkan oleh programer bernama Ludvig Strigeus yang menulisnya hanya dalam beberapa ratus kilobyte. Ini merupakan kejutan yang menyenangkan, di mana sekarang ini kita dipenuhi dengan aplikasi Java berukuran besar. Aplikasi ini dibeli oleh BitTorrent Corporation, yang menimbulkan kekhawatiran di sebagian kalangan user. Namun, client tetap memiliki keseluruhan fungsinya dan pemilik yang baru bisa memeliharanya dengan baik.

Skype merupakan salah satu aplikasi penting lainnya untuk PC saat ini. Jika sobat belum pernah mendengar atau menginstalasinya, segeralah cari. Ia merupakan salah satu dan aplikasi VoIP pertama di pasaran. Dipadukan dengan mikrofon analog berkualitas atau perangkat seperti Polycom Communicator, sobat akan bisa mengirim audio pita wideband berkualitas yang menakjubkan jika dibanding dengan audio yang sobat dapatkan pada telepon. 
Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows

Paint.NET adalah pengganti untuk Windows Paint. Aplikasi ini membutuhkan .NET Framework 2.0, tapi itu sudah disertakan dalam Windows. Ukurannya tidak besar dan berjalan relatif cepat. Meskipun tidak mendukung RAW image file dan pengubahan ukuran gambar, Paint.NET merupakan aplikasi image editing sederhana yang sangat berguna.

Jika sobat tidak punya Nero (OEM atau retail) atau aplikasi burner lain untuk CD atau DVD burner, Infra recorder merupakan alternatif yang bagus. Tidak hanya free, ukurannya juga tidak besar dan kebutuhan memory-nya kecil. 

Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows

Nero memang mempunyai beberapa fitur yang canggih, tapi ia dilengkapi terlalu banyak aplikasi dan fitur ekstra yang memenuhi sistem (meskipun sobat tidak harus menginstalasi mereka semua). Infra recorder tidak bisa melakukan CD atau DVD burning secara simultan atau hal canggih lainnya seperti yang bisa dilakukan Nero, tapi ia bisa melakukan fungsinya dengan baik, jauh lebih baik dari aplikasi yang datang bersama Windows XP atau Vista.

Bagi sobat yang ingin membawa film atau mem-back-up DVD ke dalam format yang lebih kecil, Dr.Div merupakan solusi free yang sangat baik. Tidak seperti encoder Divx komersial, Dr.Divx benar-benar bisa berjalan pada Windows. Ia bisa menangani file .dvr-ms, termasuk klip HD dari kamera HDV. Output Divx bisa diputar komputer atau di TV dengan menggunakan DVD player. 

FastStone Photo Resizer merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi sobat yang berhubungan dengan gambar. Ia bisa otomatis mengubah ukuran, mengganti nama, atau mengubah gambar ke semua format dan ukuran. Tidak seperti Paint.NET, aplikasi ini mendukung algoritma pengubahan ukuran gambar Lanczos3, yang merupakan algoritma yang andal untuk menjaga konsistensi gambar.

Aplikasi ini mudah diinstalasi dan bekerja dengan cepat. Jika punya gambar berukuran 2-4 MB dan perlu mengirimkan mereka melalui e-mail atau web, sobat, tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam meng-upload dan membuat keluarga dan teman sobat marah karena membuat mereka menunggu untuk download yang besar. FastStone cocok bagi fotografer digital dan bloggers. Satu-satunya kekurangan adalah ia tidak mendukung RAW fi le sebagai sumber gambar.

Jika sobat merupakan tipe orang yang suka men-download video (terutama dari sumber yang menjanjikan materi dewasa) dan sobat tidak ingin berakhir dengan malware, maka K-Lite Mega Codec pack plus QuickTime Alternative cocok untuk sobat. Namun, perlu disampaikan di sini saran sekuriti yang sangat penting. Jika sobat tidak bisa menjalankan video yang sobat download dengan codec K-Lite dan QuickTime Alternatice, segera hapus file tersebut dan jangan dijalankan. Malware memberikan file video yang butuh codec tertentu, tapi begitu sobat men-download codec tersebut dan menginstalasinya, itu tidak akan lagi seperti komputer sobat sebelumnya.

Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows

Sebaik apapun utiliti CAB dan ZIP yang terdapat di dalam Windows XP, Vista, 7, 8 ataupun windows 10  itu tidaklah cukup, karena sobat butuh kompatibilitas dengan semua format kompresi di luar sana. IZArc bisa membuka semua format kompresi dan ia free, tidak seperti banyak utiliti lainnya di Internet. Dapatkan, instalasi, dan tidak perlu khawatir lagi tentang beberapa format kompresi. Jika sobat men-download sesuatu dari BitTorrent yang mengklaim sebagai format kompresi khusus dan sobat harus punya utiliti khusus untuk membukanya, tindakan terbaik adalah menghapus file tersebut karena kemungkinan besar utiliti untuk mendekompresi file tersebut adalah malware. Jangan sampai tertipu!

CCleaner merupakan singkatan dari Crap Cleaner. Ini merupakan pembersih registry dan file temp yang handal. Sobat akan terkejut dengan banyaknya sampah yang ditemukannya. Satu hal yang perlu diingat : ia datang dengan Web toolbar, jadi pastikan untuk tidak mencentang opsi tersebut jika sobat tidak menginginkannya.

Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows

Apakah sobat pernah bertanya-tanya program mana yang file atau direktorinya terbuka? Sekarang sobat bisa mengetahuinya. Process Explorer menampilkan handle dan DLL proses yang dibuka atau di-load. Tampilan Process Explorer terdiri dari dua sub-jendela. Jendela atas selalu menampilkan daftar proses yang sedang aktif, sedangkan informasi yang ditampilkan pada jendela bawah bergantung kepada mode Process Explorer : Handle atau DLL. 

Aplikasi Penting Dan Gratis Untuk Windows

Jika tidak familiar dengan Process Explorer, maka sobat harus mencobanya. Ia memberi lebih banyak informasi dibanding Task Manager, termasuk tree semua proses sehingga sobat bisa melihat proses mana yang menjalankan proses lain. Sobat bisa melihat data yang berhubungan dengan proses, termasuk key registry yang berhubungan, file yang dibuka, DLL. 

Process Explorer bahkan mempunyai fungsi pencarian. Kemampuan unik Process Explorer membuatnya berguna untuk melihat masalah DLL atau menangani kebocoran dan memberikan pandangan lebih dekat terhadap cara Windows dan aplikasi bekerja.

Sumber : Majalah PC MEDIA.















Loading...