20 Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik Yang Wajib Kalian Instal

Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik untuk windows-Sama seperti tahun lalu, kali ini kami memberikan daftar freeware terbaik. Freeware-freeware ini merupakan sebuah pilihan terbaik dari ratusan freeware yang telah dibuat. Terlihat memang beberapa freeware masih merupakan wajah-wajah lama. Hal ini dikarenakan memang belum ada yang bisa mengungguli produk-produk gratis tersebut. 

Hanya beberapa saja yang merupakan wajah baru yang keluar sebagai jawara tahun ini. Bahkan saat ini freeware-freeware lama tersebut bisa dibilang semakin sempurna, karena freeware tersebut selalu ter-update dengan hal-hal yang baru, baik itu teknologi ataupun fitur-fitur di dalamnya. Kami melihat sumber dari beberapa situs luar negeri seperti www.download.com, www.softpedia.org, www.filehippo.com, dan berbagai sumber lainnya. 

Diharapkan dengan memberikan aplikasi gratis ini, pembaca blog forum komputer inil dapat terbantu dan tidak lagi mengandalkan software-software bajakan yang memang tidak bisa dipungkiri sudah melekat di seluruh lapisan masyarakat. Sudah saatnya Anda menggunakan aplikasi gratisan, karena ia juga tidak kalah kualitasnya dibandingkan dengan software berbayar. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai 20 aplikasi gratis atau freeware terbaik yang perlu kalian instal.

Antivirus gratis terbaik masih diduduki oleh AVG. Antivirus ini memiliki berbagai kelebihan seperti update otomatis, melindungi PC Anda dari serangan virus secara mendadak, kemampuannya dalam melakukan scan e-mail, dan yang paling menarik interface-nya yang sudah berubah total dibandingkan tahun lalu.

2. Ad-Aware.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik
Proteksi yang maksimal bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini. Anda akan terlindung dari spyware dan segala jenisnya. Teknologi dan fitur baru yang diusung, yaitu Code Sequence Identifi cation (CSI), kemampuan untuk melakukan scan Alternate Data Stream (ADS) pada fi le system NTFS. Layak disebut Anti Spyware gratis terbaik.

Sebelum suatu data memasuki sistem Anda, Comodo Firewall akan melakukan tes lubang keamanan yang ada dalam sistem, sehingga data yang masuk tersebut bukan merupakan virus, spyware, malware, atau sejenisnya. Pada setting standar, aplikasi ini memiliki kemampuan yang cukup powerful sehingga setting-an tidak perlu diubah.

Dengan menggunakan browser ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Kelebihan yang paling utama dari Firefox adalah built-in pop-up blocker-nya yang bekerja secara lebih efektif. Browser ini hanya memerlukan 55 MB dari RAM Anda untuk membuka 25 window sekaligus, cukup sedikit resource yang terpakai.

Saat pertama kali google mengenalkan browser chrome ditahun 2009, Google dengan cepat bangkit ditangga popularitas karena merupakan browser tercepat saat itu. Sebagai web browser yang paling banyak digunakan saat ini dengan pangsa pasar lebih dari 60% google bertanggung jawab bahwa Chrome mempertahankan standart saat mempercepat dan menyediakan fitur kepada penggunanya.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Selain fitur browser dasar seperti pengelolaan bookmark, extensi, tema, mode penyamaran, dan lain-lain, satu hal yang disukai oleh pengguna tentang chrome adalah pengelolaan profil. Fitur ini memungkinkan beberapa orang untuk menggunakan peramban yang sama tanpa mendapatkan riwayat internet, riwayat unduhan, dan hal-hal lain yang digabungkan atau yang biasa disebut dengan multi profil.

Popularitasnya memang sebanding dengan Firefox dan google chrome. Namun, memang dalam urutan di banyak situs download, jumlah kunjungannya masih kalah dibanding Firefox. Keandalannya masih di seputar cache yang mampu diolah dengan cukup baik.

Download manager ini digunakan lebih dari 160 juta pengguna di seluruh dunia, yang menjadikan aplikasi gratis ini menjadi salah satu yang terbaik. Mudah digunakan adalah satu kelebihan aplikasi ini dan pada aplikasi ini kecepatan download menjadi yang utama. Aplikasi ini tersedia dalam 10 bahasa yang berbeda.

8. eMule.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Aplikasi ini adalah aplikasi file sharing client yang berbasis eDonkey2000 network, namun memiliki lebih banyak fitur dibandingkan aplikasi client standart seperti penggunaan network client ED2K, Source Exchange, dan Kad. Selain itu, setiap file akan diperiksa dari kemungkinan korup sehingga memastikan bahwa file tersebut error free.

9. Advanced WindowsCare Personal.
Kemudahan penggunaan menjadi yang utama. Ia bisa digunakan untuk memperbaiki sistem Anda. Cukup dengan satu langkah mudah, Anda sudah bisa memperkecil permasalahan pada sistem Windows. Proteksi, perbaikan, dan pengoptimalan juga bisa Anda lakukan, sehingga sistem akan berjalan lebih stabil.

10. CCleaner.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Asalnya aplikasi ini bernama Crap Cleaner. Aplikasi ini digunakan untuk mengoptimalkan kinerja sistem secara keseluruhan. Ia akan menghapus temporary file yang sudah tidak digunakan dalam sistem Anda, sehingga sistem akan berjalan lebih kencang, lebih efektif, dan tentu saja akan memberikan space tambahan dalam harddisk Anda.

11. CPU-Z.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Aplikasi gratis ini juga kami gunakan sebagai standar tes hardware. Tentu saja karena kemampuannya yang sangat bagus. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengumpulkan informasi tentang device di dalam PC Anda. Uniknya, aplikasi ini tidak perlu diinstal. Anda cukup menjalankan file .exe-nya saja.

12. IrfanView.
Memang cukup menarik aplikasi ini, sampai saat ini belum ada aplikasi gratis serupa yang mampu menandinginya. Ia mampu menampilkan lebih dari 400 file graphic, dan bisa langsung mengubahnya ke dalam 50 format fi le yang didukungnya. Tampilan gambar secara full screen, slideshow, atau thumbnails bisa dilakukan dengan cepat.

13. PhotoScape.

Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Aplikasi ini lebih bisa dikatakan sebagai photo editor, kemudahan penggunaan menjadi poin penting di sini. Kemampuan yang utama adalah sebagai viewer, editor, batch editor, page combine, animated GIF, sprint, splitter, dan lain sebagainya. Beberapa pembaruan dalam aplikasi ini adalah back-up, Save Exif, file date, dan mendukung 19 bahasa.

14. OpenOffice.org.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

OpenOffice mampu membuka bermacam-macam file Microsoft Office, seperti teks dokumen, spreadsheet, sampai dengan file presentasi. Dengan berbasis suite, aplikasi ini masih memakan resource yang cukup tinggi sehingga saat Anda membuka window secara bersamaan kecepatan PC Anda akan melambat. 

15. Foxit Reader.

Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Anda ingin membuka file PDF secara cepat, gunakan Foxit PDF Reader. Aplikasi gratis ini mampu menandingi kemampuan dari Acrobat Reader yang cenderung lambat dan memakan banyak resource. Ia mampu membuka file berformat pdf secara cepat dan sekaligus mencetaknya. Fitur yang menonjol adalah browser integration.

16. 7-ZIP.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Aplikasi ini berbendera open source, sehingga source code bisa didapatkan dengan mudah dan Anda juga bisa ikut mengembangkannya jika Anda mau. Fitur utamanya tentu saja sebagai file compression, di mana ia mampu mengompresi suatu file hingga rasionya mencapai 2% sampai 10% lebih baik dibandingkan aplikasi sejenis.

17. DeepBurner.
Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Kemampuan dan fitur burning yang yang ditawarkan aplikasi dari Astonsoft ini memang cukup luar biasa. Mulai dari compile CD dan DVD dalam format yang berbeda, sampai dengan pembuatan album foto dan sebagai back-up bisa Anda lakukan di sini. Cukup banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dalam aplikasi yang hanya berlabel “gratis” ini.

18. Nerro CD_DVD Speed.
Selain untuk benchmark, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui kualitas dari sebuah CD/DVD kosong maupun yang sudah berisi data. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menekan tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh drive optik dengan cara mengatur kecepatan drive optik tersebut sesuai dengan kebutuhan.

19. Winamp.

Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik

Salah satu aplikasi wajib di PC Anda. Winamp selalu melakukan perubahan yang menarik. Tersedianya skin ataupun visualisasi yang berlimpah ditambah dengan kemampuan untuk menampilkan format video, semakin menambah keperkasaan Winamp dibandingkan aplikasi lainnya.

Selain sebagai player, aplikasi ini juga berfungsi untuk melakukan ripping, convert, dan burning. Beberapa format audio yang didukung adalah MP3, WMA, OGG, dan WAV. Aplikasi ini terintegrasi dengan Winamp dan Nero CD burning. Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan untuk melakukan synchronize terhadap media audio portabel.

Sumber : Majalah PC MEDIA.

















































































































Related Posts

20 Aplikasi Gratis/Freeware Terbaik Yang Wajib Kalian Instal
4/ 5
Oleh