asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Mencuci PCB Motherboard Menggunakan Air-Mungkin agak sedikit janggal jika kita mendengar kata-kata mencuci pcb motherboard komputer atau pcb barang elektronik lainnya seperti pcb hp, tv dan lainnya, pasalnya barang elektronik jika terkena air malah menjadi rusak, contoh saja jika smartphone kesayangan kita terjatuh kedalam air, pasti kita akan buru-buru mengambil agar tidak rusak.

Akan tetapi jika kita mencuci pcb menggunakan air dengan baik dan benar tentunya akan memberikan manfaat, terutama untuk membersihkan debu yang ada pada pcb tersebut. Sudah banyak sekali contoh dan pengalaman saat mencuci pcb motherboard dan barang elektronik lainnya membuat kerusakan atau kendala dari pcb yang kita cuci menjadi teratasi.

Mencuci PCB Motherboard Menggunakan Air
Sebelum sobat mencuci pcb motherboard atau pcb lainnya, ada beberapa point yang harus sobat perhatikan agar saat mencuci tidak membuatnya malah menjadi rusak, terutama sobat harus melepas semua komponen yang melekat pada motherboard seperti bateray cmos, dan kabel-kabel lainnya. Perhatikan jika pin yang ada pada soket motherboard karena jika ada satu saja pin yang patah maka menyebabkan kerusakan pada motherboard tersebut.

Tujuan dari pencucian pcb motherboard dan pcb elektronik lainnya sebenarnya tetap sama yaitu membersihkan. Langkah tersebut harsu dilakukan karena motherboard komputer mudah korosi, korosi pada motherboard disebabkan antara lain oleh :
  • Debu, apalagi debu yang lembab atau yang terlalu kering seperti didaerah dekat dengan laut.
  • Kotoran hewan, misalnya air kencing kecoa, kotoran cicak, tikus dan lain-lain.
  • Minyak atau cairan tak diundang, contohnya cairan minyak yang keluar dari bateray cmos bila bateray sudah korosi, cairan yang keluar dari komponen elco yang rusak (Kondensator elektrolit), tumpahan kopi dam lain-lain.
  • Bangkai hewan seperti sekumpulan semut yang mati mendadak tersetrum aliran listrik di motherboard, bangkai cicak yang mati didalam CPU, dan lain-lain.
Korosi ini sangat membahayakan karena dapat memutuskan jalur pada layer dalam, biasanya hal ini terjadi apabila korosi sudah keterlaluan sehingga sudah masuk ke board melalui kaki komponen yang lost contact (ngepong=dalam bahasa jawa), dan yang paling parah lagi adalah korosi akut bisa mematahkan kaki2 pada ic.

Sebelum melakukan proses pencucian motherboard komputer, siapkan alat untuk mencuci seperti :
  • Ember besar seukuran motherboard.
  • Sabun pembersih, sobat dapat menggunakan deterjen pakaian atau cairan pencuci peralatan dapur. Admin lebih merekomendasikan menggunakan cairan pencuci peralatan dapur karena tidak meninggalkan noda deterjen.
  • Air bersih.
  • Sikat gigi bekas ataupun baru yang halus.
  • Kuas cat ukuran kecil.
  • Hair dryer (Jika punya).
  • Lap serat sintetis.
Setelah semua alat yang dibutuhkan sudah disiapkan, saatnya masuk ketahap proses pencucian. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai proses pencucian motherboard.

  • Lepaskan motherboard dan pastikan tidak ada satupun kabel yang menempel. Lepas juga bateray cmos yang ada dimotherboard.
  • Siapkan ember besar (menyesuaikan ukuran dari motherboard) supaya motherboard benar-benar bisa tidur telentang didasar ember.
  • Masukkan air hangat, bukan air panas. Masukkan secukupnya sampai benar-benar semua permukaan motherboard terendam air.
  • Masukkan sabun colek satu sendok teh, shampo untuk rambut berminyak segala merk satu sachet saja.
  • Aduk-aduk ramuan tersebut sampai benar-benar tidak ada endapan yang tersisa.
  • Masukkan motherboard yang akan dicuci dan diletakkan menghadap keatas (Bagian komponen di atas). Rendam kurang lebih selama 2-3 jam.
  • Setelah 2-3 jam merendamnya, kemudian balik motherboard dan rendam kembali kurang lebih selama setengah jam saja.
  • Kemudian motherboard diangkat dan dikuas-kuas didalam ember, untuk bagian belakang disikat menggunakan sikat gigi yang berbulu halus (hati-hati saat proses menguas, terutama dibagian kaki-kaki IC).
  • Setelah dirasa sudah bersih, bilas sambil dikuas-kuas sampai benar-benar bersih.

Setelah melalui proses pencucian, selanjutnya masuk ke tahap mengeringan. Proses pengeringan efektif dilakukan pada jam 9.00 s/d 15.00.

  • Setelah dibilas kemudian angkat lalu kibas-kibaskan. Yang memiliki hairdryer akan lebih maksimal lagi untuk proses pengeringannya. Kemudian angin-anginkan atau tiriskan selama 5 menit.
  • Jemur atau kelantang di bawah terik sinar matahari langsung dengan alasa seng atau plat logam lainnya (hindari penggunakan seng atau logam lainnya yang berkarat). Pada saat cuaca benar-benar panas, waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeringan hanya satu setengah hari saja. pada saat suaca tidak bersahabat bisa menjadi 2 hari atau bahkan lebih dari itu.
  • Setelah dirasa cukup, cek bagian-bagian tersembunyi apakah masih ada kelembaban atau masih ada cairan yang menempel di motherboard.
  • Selanjutnya motherboard dikuas lagi menggunakan kuas kering yang halus untuk menghilangkan sisa-sisa debu.
  • Selesai, selanjutnya pasang kembali untuk mengeceknya.
Mencuci pcb motherboard atau pcb elektronik lainnya memiliki banyak manfaat, antara lain :

1. Kotoran yang bersifat konduktif akan dibersihkan dari motherboard.
Kotoran, baik debu atau kelembaban dapat saja menumpuk setelah sekian lama motherboard beroperasi. Debu atau kelembaban tersebut pada suatu titik tertentu akan menjadi konduktif, dan akan menghubung-singkatkan komponen-komponen kritikal seperti chipset dan prosesor. Kalaupun komponen-komponen tersebut tidak terhubung singkat karena debu atau kelembaban, listrik statik yang mungkin timbul dari kotoran sudah cukup untuk merusak komponen motherboard.


2. Air dapat me-reset IC dengan mengubung-singkatkan kaki-kaki (pin) nya.
Chip silikon seperti IC CMOS dan prosesor memang terkenal sangat sensitif. Sedikit saja mendapat perlakuan tidak wajar, chip tersebut akan berhenti bekerja. Bisa saja air dapat menormalkan kerja chip dengan menghubung singkatkan pin-pin yang kritikal (Efek RESET). Begitu juga dengan komponen dasar yang sudah jenuh seperti kapasitor (elco) dapat mengosongkan muatannya dengan menghubungsingkatkan kedua kakinya.

3. Permukaan motherboard bebas dari kotoran dan minyak.


Demikian penjelasan lengkap, detail mengenai tips mencuci pcb motherboard yang baik dan benar. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.









Loading...