asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Cara Mengatasi Appcrash Paling Mudah-Menurut wikipedia, aplikasi perangkat lunak atau dalam bahasa inggris software application adalah suatu sub kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer untuk menjalankan suatu tugas yang diinginkan oleh user atau pengguna.

Sama halnya dengan sistem operasi komputer, aplikasi komputer juga bisa menyebabkan suatu sistem yang dijalankan menjadi error atau dalam bahasa komputernya adalah appcrash. Lantas apa saja penyebab Aplikasi menjadi crash atau error?

Penyebab Dan Cara Mengatasi Appcrash Windows 7, 8 dan 10

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi appcrash pada komputer, admin forum komputer akan menjalaskan sedikit mengenai penyebab aplikasi menjadi crash atau Appcrash. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab Appcrash.

1. Virus.
virus yang menyerang komputer merupakan salah satu faktor utama dari appcrash. Salah satu tujuan  diciptakannya sebuah virus adalah untuk merusak komputer, mulai dari merusak sistem operasi, menghapus data-data atau file komputer hingga merusak aplikasi.

2. Sistem operasi bermasalah atau corupt.
Sistem operasi merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab mengontrol kerja perangkat keras atauy hardware dan menjalankan aplikasi atau software. Jika sistem operasi pada komputer tersebut bermasalah sudah tentu menyebabkan hardware dan software atau aplikasi yang terdapat didalam sistem operasi menjadi terganggu atau bermasalah.

3. Registri windows yang bermasalah, rusak atau korupt.
Didalam sistem operasi windows terdapat sebuah registri yang merupakan bagian dari sistem operasi, semua aktifitas user dan konfigurasi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak terekam didalam registry windows. Jika registry windows tersebut error atau bermasalah maka dapat menyebabkan hardware dan perangkat lunak seperti software dan aplikasi menjadi error.

4. Kerusakan pada hardware komputer.
Hardware dan software atau aplikasi komputer merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan, tanpa adanya software atau aplikasi maka hardware komputer pun tidak berguna sama sekali. dan jika hardware komputer bermasalah seperti hardisk yang terkena badsektor maka dapat berpengaruh dengan kerja software atau aplikasi.

5. Aplikasi yang masih tahap BETA.
Versi BETA dalam sebuah aplikasi adalah kelanjutan dari versi sebelumnya yaitu versi ALPHA, dan versi BETA ini yaitu versi perbaikan dari versi APLPHA tetapi masih terdapat kesalah dalam bug. Jika suatu aplikasi masih dalam tahap atau versi BETA maka masih banyak bug-bug atau kesalahan yang menyebabkan aplikasi tersebut menjadi crash atau error.

6. Membuka terlalu banyak aplikasi dan satu waktu.
Admin menyarankan jangan membuka banyak apliksi dalam satu waktu. Sebab, aplikasi yang dibuka terlalu banyak hanya akan membuat RAM sobat menjadi full load. Kalau memori RAM sudah penuh, akibatnya RAM tersebut akan kesulitan untuk beroperasi dengan baik sehingga membuat komputer dan laptop menjadi menurun kinerjanya, selain itu juga dapat membuat aplikasi yang dijalankan menjadi crash.

Setelah mengetahui penyebab dari aplikasi yang bermasalah atau Appcrash, apakah aplikasi yang bermasalah masih bisa diperbaiki? Jawabannya tentu bisa, berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki Appcrash yang paling mudah.

 1. Gunakan fitur Turn On Deep For All Programs and Service except windows.
Untuk menggunakan fitur tersebut, silahkan ikutin langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol "Windows+Pause Break" pada keyboard, kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Appcrash Windows 7, 8 dan 10
  • Selanjutnya klik "Advanced System Settings" kemudian akan muncul jendela system properties. Lalu dibagian "Performance" klik "Setting" (Lihat gambar dibawah ini).

Penyebab Dan Cara Mengatasi Appcrash Windows 7, 8 dan 10
  • Selanjutnya pada bagian Data execution prevention, centang "Turn On Deep For All Programs and Service except Those i Select" lalu klik "Add".

Penyebab Dan Cara Mengatasi Appcrash Windows 7, 8 dan 10
  • Setelah klik "Add", kemudian sobat tambahkan aplikasi atau software yang mengalami crash, lalu klik "Open".

Penyebab Dan Cara Mengatasi Appcrash Windows 7, 8 dan 10

Catatan : Pada tutorial ini, admin menggunakan windows 10. Untuk pengguna windows 7 atau 8, caranya tidak jauh berbeda.

2. Menggunakan fitur compability mode.
Untuk menggunakan fitur compability mode, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Klik kanan pada software yang mengalami Appcrash, lalu pilih "Properties". Kemmudian klik "Compability".

Penyebab Dan Cara Mengatasi Appcrash Windows 7, 8 dan 10
  • Pada menu compability mode, ceklis atau centang menu "Run this program in compability mode for", lalu lalu pilih settingan ke windows XP atau windows VISTA.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Appcrash Windows 7, 8 dan 10

Selain menggunakan kedua cara diatas, sobat juga bisa menggunakan fitur sistem restore yang berfungsi untuk mengembalikan settingan windows ke tanggal sebelum terjadi error pada aplikasi atau software. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.







Loading...