asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian SSHD Serta Fungsinya-Apa itu SSHD? Kata-kata seperti itulah yang sering keluar saat membicarakan masalah penyimpanan data dengan orang yang masih awam masalah komputer. Berbicara mengenai media penyimpanan data memang orang lebih mengenal hardisk atau yang biasa disingkat HDD. Namun sering perkembangan jaman, teknologi komputer juga selalu berkembang, begitu juga dengan hardisk. Bahkan perkembangan dari media penyimpanan data ini memiliki perkembangan yang cukup signifikan.

Pengertian SSHD Serta Fungsinya

Belum juga perkembangan dari hardisk yang diberi nama SSD (Solid State Drive) dikenal luas oleh masyarakat umum, kini telah hadir generasi terbaru dari media penyimpanan yang di beri nama SSHD. Buat sobat yang bertanya-tanya mengenai apa itu SSHD, fungsi dan kegunaannya, pada artikel kali ini, admin forkom akan menjelaskan secara tuntas dan jelas mengenai apa itu SSHD, pengertian, kelebihan dan kekurangannya serta fungsinya.

Pengertian SSHD.
SSHD merupakan kependekan dari Solid State Hybrid Drive adalah media penyimpanan jenis baru yang merupakan gabungan (Hybrid) antara teknologi SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive). Penggabungan dari kedua jenis itu membuat SSHD memiliki keunggulan yang luar biasa dibandingkan dengan pendahulunya yaitu SSD dan juga HDD. Salah satu keunggulan dari SSHD adalah kecepatan transfer data yang sama dengan SSD namun memiliki kapasitas penyimpanan yang lega atau besar dibandingan dengan SSD yang rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil namun memiliki harga yang mahal.

Dari penjelasan diatas dapat diambl kesimpulan, tujuan uama dibuatnya memory peyimpanan SSHD ini karena produsen yang bersangkutan ingin menekan harga mahal yang dipatok oleh SSD dan meningkatkan kecepatan transfer data dari HHD. Intinya SSHD memiliki kecepatan transfer data seperti SSD namun sekaligus memiliki kapasitas ruang seluas HDD dengan harga yang terjangkau.

Fungsi SSHD.
SSHD atau Solid State Hybrid Drive memiliki fungsi yang sama dengan SSD maupun HDD yaitu sebagai media penyimpanan serta fungsi lainnya. Dengan hadirnya teknologi SSHD diharapkan dapat menyokong dari perkembangan dunia komputer terutama dalam segi kecepatan transfer data dan penyimpanan data.

Kelebihan dan kekurangan SSHD.
Setiap hadirnya teknologi baru pasti tentunya memiliki kelebihan dan kekurangnya, begitu juga dengan teknologi SSHD yang memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya ialah :

Pengertian SSHD Serta Fungsinya

1. Harga.
HDD merupakan penyimpanan internal paling murah dibanding dengan penyimpanan lainnya. Meskipun demikian, harga dari perangkat SSHD ternyata tidak berbeda jauh dengan harga yang disuguhkan oleh produsen HDD. Hanya dengan menambah sedikit, sobat sudah dapat menikmati performa yang luar biasa dari SSHD.

2. Kecepatan
Berkenaan dengan kecepatan, SSHD tidak kalah jika dibandingkan dengan SSD. SSHD juga memberikan kinerja yang hampir sama dengan SSD dalam hal booting, pemuatan data, dan juga peluncuran. Kelebihan ini merupakan salah satu faktor penting yang biasanya diperlukan pengguna untuk komputer.

3. Daya Tahan Baterai
SSD adalah penyimpanan internal dengan daya yang paling efisien diantara penyimpanan internal lainnya. Namun SSHD menempati urutan kedua di bawah SSD. Pasalnya, perangkat SSHD dapat berputar turun dengan lebih sering. Hal tersebut diyakini dapat lebih menghemat daya baterai laptop.

4. Tingkat Kegagalan
Pada dasarnya, tingkat kegagalan dari semua penyimpanan internal adalah hampir sama. Namun karena SSHD merupakan gabungan antar SSD dan HDD tentu saja hal itu dianggap lebih efisien jika dibandingkan dengan kedua penyimpanan terdahulunya secara terpisah.

Demikian penjelasan mengenai apa itu SSHD, pengertian, fungsi serta kelebihan dan kekurangannya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.












Loading...