asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian dan Perbedaan HDD, SSD dan SSHD-Perkembangan media menyimpanan pada komputer terus mengalami perkembangan, mulai dari hardisk, SSD hingga yang terbaru yaitu SSHD. Lantas apa yang membedakan dari ketiga teknologi tersebut? Untuk menanggapi pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini admin forkom akan membahas tuntas mengenai perngertian dan perbedaan dari HDD, SSD dan SSHD serta kelebihan dan kekurangan masing-masing teknologi tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian dan Perbedaan Antara HDD, SSD dan SSHD Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Hardisk / HDD.
Hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras komputer atau hardware pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh user. Hardisk biasanya berbentuk kotak dan didalamnya terdapat piringan tempat data-data tersimpan

Pengertian dan Perbedaan Antara HDD, SSD dan SSHD Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Semakin besar kapasitas hardisk, maka semakin besar pula hardware tersebut dalam menyimpan data. Hardisk menjadi salah satu alat penyimpan data yang terbilang memiliki muatan memori cukup besar. Biasanya, banyak orang menggunakan hardisk untuk melakukan duplikasi data yang tersimpan di sebuah sistem komputer miliknya. 

Kita tau sendiri bahwa perangkat komputer sering sekali mengalami error karena virus sistem yang merusaknya, nah agar data – data penting dalam komputer tersebut tidak hilang maka digunakanlah perangkat hardisk untuk hal tersebut. Seiring perkembangan sistem teknologi, perangkat hardisk saat ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan data – data penting pada komputer namun juga digunakan sebagai memory eksternal untuk perangkat PS (Playstation).

Pembahasan selengkapnya mengenai hardisk komputer, fungsi dan jenis-jenisnya silahkan baca artikel berikut ini Pengertian Hardisk Komputer, Fungsi dan  Jenis-Jenisnya.

Pengertian SSD / Solid State Drive.
Tak jauh berbeda dengan hardisk, SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memory yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Perangkat SSD menanamkan chip memory berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten.

Pengertian dan Perbedaan Antara HDD, SSD dan SSHD Serta Kelebihan dan Kekurangannya

SSD adalah perangkat keras penyimpanan data yang menggunakan non-volatile memory sebagai media penyimpanannya dan tidak menggunakan piringan magnet seperti hardisk konvensional, dan berbeda dengan volatile memory pada RAM, data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun tidak menggunakan daya listrik.

Pada artikel sebelumnya, admin telah membahas secara tuntas mengenai SSD, silahkan klik link berikut ini untuk membacanya Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya.

Pengertian SSHD / Solid State Hybrid Drive.
SSHD merupakan kependekan dari Solid State Hybrid Drive adalah media penyimpanan jenis baru yang merupakan gabungan (Hybrid) antara teknologi SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive). Penggabungan dari kedua jenis itu membuat SSHD memiliki keunggulan yang luar biasa dibandingkan dengan pendahulunya yaitu SSD dan juga HDD. Salah satu keunggulan dari SSHD adalah kecepatan transfer data yang sama dengan SSD namun memiliki kapasitas penyimpanan yang lega atau besar dibandingan dengan SSD yang rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil namun memiliki harga yang mahal.

Pengertian dan Perbedaan Antara HDD, SSD dan SSHD Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Penjelasan selengkapnya mengenai SSHD, silahkan baca artikel berikut ini Apa Itu SSHD? Pengertian SSHD Serta Fungsinya.

Perbedaan antara HDD, SSD dan SSHD.
Dari ketiga media penyimpanan memiliki beberapa perbedaan, kelbihan serta kekurangan dari masing-masing teknologi tersebut. Buat sobat yang masih binggung untuk memilih antara HDD, SSD atau SSHD silahkan simak pembahasan berikut mengenai perbedaan dari HDD, SSD dan SSHD.

1. Dilihat dari segi kecepatan.
Jika dilihat dari segi kecepatan, maka SSD menyediakan kinerja yang sangat maksimal untuk booting serta memiliki kinerja yang sangat tinggi untuk membaca dan menulis dan sangat mendukung komputasi yang memerlukan ketersediaan multi tugas yang jauh lebih baik.

Sedangkan SSHD juga memberikan kinerja yang hampir sama dengan SSD dalam hal booting, pemuatan data dan juga peluncuran. Biasanya opsi ini sangat memadai untuk memberikan kinerja yang dibutuhkan oleh komputer sekarang ini.

2. Jika dilihat dari harga.
Jika dilihat dari harga, maka SSD menempati posisi pertama dalam masalah mahal.SSD berkapasitas rendah dengan kisaran 32Gb sampai dengan 128Gb, namun ternyata SSD dengan kapasitas yang tinggi harganya pun sangat mahal karena biasanya diukur dengan biaya tiap gigabyte.

Sedangkan yang menyediakan biaya yang paling murah atau randah adalah HDD atau hardisk,dan SSHD biasanya memiliki kisaran harga yang lebih tinggi untuk setiap gigabyte nya dibandingkan degan hardisk.

3. Jika dilihat dari ukuran.
Jika kita menilik dari segi ukuran, SSD memiliki ukuran yang paling tipis meski tak jauh berbeda dengan SSHD dari segi ketipisannya. SSD memiliki ukuran 5mm hingga 7mm, sedangkan SSHD memiliki ukuran 9mm, 7mm dan 5mm. Mungkin kedepannya akan dibuat teknologi dengan ketebalan yang lebih tipis dari yang ada saat ini.

4. Jika dilihat dari daya tahan baterai.
Sebenarnya komponen hardisk, SSD atau SSHD tidak terlalu berpengauh dengan daya tahan baterai, tapi jika kita membandingkan ketiga komponen tersebut maka SSD biasanya memiliki daya yang paling efisisen diantara yang lainnya. Sedangkan tempat kedua daya yang paling efisien ditempati oleh SSHD karena SSHD dapat berputar turun dengan lebih sering jika dibandingkan dengan hard disk.

5. Jika dilihat dari tingkat ketahanan.
Tingkat ketahanan dari masing-masing komponen berbeda-beda dan SSD merupakan sebuah opsi yang memiliki ketahan paling baik dan awet dikarenakan adanya desain “Solid-State”. Tanpa adanya komponen bergerak, SSD dapat bertahan dari beberapa hal ekstrem seperti benturan, terjatuh, suhu ekstrem dan lain sebagainya.

6. Jika dilihat dari tingkat kegagalan.
Tingkat kegagalan menentukan seberapa tangguh komponen tersebut, dan tingkat kegagalan dari SSD, SSHD dan HDD/Harddisk memiliki tingkat kegagalan yang hampir sama. Namun SSHD lebih memiliki keunggulan karena menggunakan bagian dari HDD dan SSD yang lebih efisien jika dibandingkan dengan keduanya secara terpisah.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kelebihan dan kekurang dari masing-masing media penyimpanan tersebut adalah pada teknologi yang digunakan, jadi buat sobat yang masih binggung dalam menentukan mana komponen dari media penyimpanan yang mau dipakai  silahkan melihat dari teknologi yang digunakan oleh masing-masing komponen. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan dikolom komentar.










Loading...