asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian, Perbedaan Antara Blog Dan Website-Banyak sekali orang yang kesulitan membedakan antara blog dan website termasuk admin sendiri yang waktu pertama kali terjun kedalam dunia blogger juga agak kesusahan dan bahkan tidak paham perbedaan anatar blog dan website.

Sebenarnya blog itu apa? Dan website itu apa? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini admin forum komputer akan membahas khusus mengenai pengertian dan perbedaan antara blog dan website beserta contohnya. Berikut penjelaan selengkapnya.

Pengertian Blog.
Blog atau Web blog jika diterjemahkan berarti catatan web, maksud catatan disini ialah berbagai catatan yang bisa dipublish atau disebar luaskan didunia maya atau internet, baik catatan tersebut berupa catatan harian atau diary, berita ataupun catatan yang mengandung unsur ilmu pengetahuan dan jurnalistik.

perbedaan antara blog dan website
(Contoh Blog)

Sedangkan menurut wikipedia, blog adalah baian dari aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan dan ketika dibuat disebut "Posting" pada sebuah halaman web. Postingan tersebut sering kali dimuat dalam urutan terbalik yaitu menampilkan postingan atau artikel terbaru terlebih dahulu sebelum diikuti postingan yang lama, meskipun tidak selamanya demikian.

Pengertian Website.
Sedangkan pengertian website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain internet yang menampilkan berbagai macam informasi teks, gambar bergerak maupun diam, data, data animasi ataupun suara dan lain-lain baik itu yang bersifat statis ataupun dinamis.

perbedaan antara blog dan website
(Contoh Website)

Dari penjelasan diatas, mungkin sobat belum bisa menyimpulkan perbedaan antara sebuah blog dan website. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan blog dan website, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan antara blog dan website.

1. Update.
Jika dilihat dari update maka terdapat perbedaan yaitu blog bersifat dinamis yang selalu update secara berkala, sedangkan website bersifat statis, yaitu tidak selalu membutuhkan update konten.

2. Arah komunikasi.
Jika dilihat dari arah komunikasi maka komunikasi di bog lebih interaktif karena menyediakan kolom komentar disetiap kontennya. Sedangkan komunikasi di website bersifat satu arah yaitu dari pemilik website ke pengunjung website.

3. Subscribe.
Karena blog selalu update, pembaca bisa mendapatkan notifikasi ketika ada konten baru diblog jika berlangganan atau subscribe. Sedangkan pada website menyediakan pilihan subscribe untuk newsletter atau produk/layanan terbaru.

4. Gaya bahasa.
Pada blog menggunakan gaya bahasa yang variatif, tetapi umunya blog menggunakan bahasa yang lebih personal, dan pada website umunya lebih profesional dan formal.

5. Pengelola.
Blog bisa dikelola oleh satu atau beberapa penulis, sedangkan pada website biasanya dikelola oleh tim ahli atau perusahaan tertentu.

6. Konten.
Pada blog berisi konten seperti artikel atau video tentang satu atau berbagai tema yang diminati pemilik blog, sedangkan website biasanya berisi informasi tertentu mengenai produk atau layanan.

7. Pembagian konten.
Perbedaan antara blog dan website yang terakhir terletak pada pembagian kontennya. Pembagian konten pada blog biasanya berdasarkan tag dan kategori. Misalnya diblog forum komputer ini, sobat bisa menemukan kategori tutorial, media sosial, pengertian, tips dan trik dan lain sebagainya.

Sedangkan pembagian konten pada website biasanya berdasarkan produk atau layanan yang ditawarkan misalnya di website jual beli seperti bukalapak, sobat bisa menemukan produk pakaian, produk mainan, komputer dan berbagai produk lainnya yang ditawarkan ke pegunjung.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa foum komputer ini termasuk dalam kategori blog, dan untuk contoh website adalah bukapalak, atau website penyedia domain seperti niagahoster, rumah web, dan untuk website sosial ada facebook dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara blog dan website, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.































Loading...