Perbedaan Mendasar Antara FPS dan fps

Perbedaan Mendasar Antara FPS dan fps-Sobat mungkin sering menemukan singkatan FPS, dan juga fps di artikel-artikel blog forum komputer ini. Sebagian pengguna komputer, terutama yang masih pemula mungkin tidak tahu kepanjangannya dan menganggap keduanya punya makna yang sama.

Perbedaan Mendasar Antara FPS dan fps

Sekilas keduanya tampak serupa, baik dari huruf maupun cara mengejanya, hanya saja penulisanya yang berbeda. Yang satu menggunakan huruf besar dan yang satunya lai menggunakan huruf kecil. Sebenarnya, kedua perbedaan itu juga melekat pada arti masing-masing singkatan.

Singkatan FPS.
FPS yang pertama yang ditulis dengan huruf besar semua merupakan singkatan dari First Person Shooter. Kalau diterjemahkan metah-mentah, artinya adalah penembak orang pertama. Ini merupakan salah satu genre atau aliran pada game komputer.

Game FPS adalah game aksi yang mengandalkan tembak-menembak dan mengambil sudut pandang orang pertama yaitu si pemain game itu sendiri. Dalam game FPS, dilayar monitor tidak akan terlihat karakter utama yang kita mainkan. Yang terlihat biasanya hanya tangan yang memegang senjata.

Game FPS memang berusaha menempatkan pemainya sebagai si karakter utama. Dengan demikian, seolah pandangan pada layar monitor adalah pandangan dari mata si pemain itu sendiri. Dengan begitu, si pemain akan merasa seperti mengalami sediri segala aksi dan ketegangan yang dirasakan si karakter utama dalam game tersebut. Cotoh game FPS yang pernah populer antara lain Counter Strike, Beatlle Field, Call Of Duty, Point Blank, Far Cry, Ghost Recon, Doom, dan masih banyak lagi.

Singkatan fps.
Singkatan fps yang kedua, yang ditulis dengan huruf kecil, kepanjangannya adalah Frame Per Second. Artinya adalah jumlah bingkai gambar per detik. Ini merupakan semacam satuan dari frame rate, sebuah pengukuran kinera (BenchMark) komponen kartu grafis pada komputer atau VGA Card.

Seperti diketahui, kualitas performa sebuah kartu grafis antara lain dinilai dari berapa jumlah bingkai gambar yang mampu ditampilkan di layar monitor dalam satu detik. Inilah yang dimaksud dengan frame per second. Semakin tinggi nilai fps-nya, semakin tinggi kinerja teknologi ang digunakan pada kartu grafik tersebut.

Semakin banyak jumlah bingkai gambar yang ditampilkan, transisi gambar pada layar monitor pun tampak semakin mulus, tidak terputus-putus atau tersendat.

Game komputer un banyak berhubungan dengan fps. Salah satu metode pengukuran performa dari kartu grafis adalah dengan memainkan game. Kualitas performa kartu grafis bisa dilihat dari jumlah rata-rata bingkai gambar per detik dalam memainkan game tersebut, kartu grafis tersebut pun semakin "Ngos-ngosan" dalam berusaha menampilkan gambar dilayar monitor.




















Related Posts

Perbedaan Mendasar Antara FPS dan fps
4/ 5
Oleh