Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang lemot

Penyebab dan cara mengatasi hp android yang lemot-Smartphone atau telephone pintar berbasis sistem operasi android memang sedang merajai pasar ponsel saat ini, banyak keunggulan dan fitur bagus dalam sistem operasi android yang membuat kita lebih memilih hp android dibandingkan sistem operasi lainnya.

Saat sobat membeli hp android baru, mungkin masih terasa kencang performanya, tidak nge-lag, atau bahkan bisa dibilang sangat sempurna. Namun, lama-kelamaan hp android yang sobat miliki pasti akan terasa lambat, lemot, lola atau entah apa istilah lainnya yang menggambarkan smartphone android sobat terasa kurang nyaman untu dipakai.

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang lemot

Apa saja sih yang menyebabkan hp android kita menjadi lemot, lola dan lain-lain jika sudah lama digunakan? Dan bagaimana cara mengatasi agar smartphone android kita menjadi ngebut lagi seperti baru pertama beli?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, admin forkom akan menjelaskan secara detail penyebab hp android kita menjadi lemot, dan cara ampuh mengatasinya. Silahkan simak penjelasan berikut ini.


Penyebab hp android lemot.
1. Memori penyimpanan penuh.
Memori penyimpanan yang penuh merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan smartphone android sobat menjadi lambat atau lemot. Kecepatan memori internal akan berkurang seiring banyaknya file yang sobat simpan, bisa jadi dari backlog apliaksi, foto dan video yang tidak dihapus selama memakai hp tersebut, atau cache yang tak terlihat.

Untuk memulihkan kecepatan perangkat, sobat bisa melakukan factory reset, tapi sebelumnya sobat sudah membackup atau memindahkan file dan data-data penting sobat ke memori eksternal atau ke media lainnya.

2. Spesifikasi smartphone yang rendah.
Setiap smartphone memiliki spesifikasi yang bereda-beda, perbedaan tersebut juga sangat berpengaruh dengan performa dari hp tersebut, smartphone dengan spesifikasi yang terlalu rendah, misalnya menggunakan RAM hanya sebesar 512mb akan sangat terrasa lemot atau lambat jika digunakan untuk membuka aplikasi atau game yang membutuhkan memori RAM yang cukup lega.

3. Banyaknya aplikasi yang berjalan dibalik layar/Background.
Aplikasi-aplikasi yang berjalan dibelakang layar seperti whatsapp, bbm, dan aplikasi lainnya sangat membebani penggunaan memori RAM, kondisi tersebut menyebabkan smartphone sobat menjadi lambat atau lola.

4. Terserang virus.
Virus merupakan salah satu jenis malware yang merugikan pengguna komputer atau smartphone yang terserang, dan virus diciptakan untuk menimbulkan kerusakan yang berbeda-beda, salah satunya adalah membuat komputer atau smartphone sobat menjadi lambat atau lemot.

5. Sistem Os android bermasalah.
Meski sobat memakai smartphone dengan spesifikasi yang tinggi atau high end, tapi jika sistem operasi yang dipakai tersebut bermasalah maka dapat menyebabkan masalah pada smartphone sobat, salah satu masalah yang kerap terjadi jika sistem operasi bermaslah adalah hp andorid sobat menjadi lemot, lola atau lambat.

6. Terlalu banyak menginstal aplikasi.
Menggunakan aplikasi yang terlalu banyak bisa jadi penyebab HP lemot. Hal ini disebabkan karena setiap sobat menginstal aplikasi, maka ruang yang tersedia di handphone akan berkurang.

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang lemot

Bukan hanya itu, aplikasi yang sobat instal yang bersifat berjalan di belakang layar akan menyita kapasitas RAM. Semakin sempit RAM yang tersisa tentunya akan menghambat lalu lintas yang dibutuhkan handphone untuk bekerja secara optimal.

7. Panas atau overheat.
Hp yang panas atau overheat sudah pasti akan menimbulkan masalah pada smartphone sobat, salah satu masalah yang disebabkan oleh overheat atau panas yang berlebih adalh hp sobat akan menjadi lemot atau lambat.

8. Menggunakan antivirus lebih dari satu.
Jika sobat adalah pengguna yang percaya dengan fungsi antivirus di smartphone Android, sebaiknya perhatikan hal ini. Hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus terus berjalan di background. Dampaknya RAM sobat jadi boros, dan performa Android jadi lemot. Bisa dibayangkan jika sobat meng-install lebih dari satu aplikasi antivirus di Android sobat, kan?

9. File cache yang menumpuk.
File cache atau file samapah yang dibiarkan betahun-tahun akan menumpuk dan memakan memori dan bahkan bis amenyebabkan memori penyimpanan sobat menjadi penuh, tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan hp sobat menjadi lemot karena banyaknya file cache yang menumpuk.



Cara Mengatasi hp android yang lemot.Ada banyak cara untuk mengatasi smartphone yang lemot karena beberapa faktor yang telah admin sebutkan diatas. Dari banyaknya cara tersebut, admin forkom telah merangkum beberapa cara jitu mengatasi hp android yang lemot, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Bersihkan memori internal.
Membersihkan memori internal merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi hp android yang lemot karena dari kebanyak kasus, hp android yang lemot sering disebabkan memori internal yang sudah penuh.

Sobat bisa membersihkan file cache atau file sampah menggunakan aplikasi khusus pembersih samah yang banyak tersedia di play store, atau bersihkan secara manual.

Selain membersihkan file sampah, sobat juga perlu memindahkan file atau foto atau dokumen hasil download ke memori eksternal atau ke media lainya, hal tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kosong yang besar pada memori internal. Jik aperlu, pindahkan file sistem dari aplikasi atau game ke penyimpanan eksternal lewat pengaturan aplikasi di menu setting pada hp android sobat.

2. Kelola aplikasi dengan bijak.
Banyaknya aplikasi yang terinstal di ponsel juga dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kita gunakan. Semakin banyak aplikasi, maka semakin banyak data yang dapat menyebabkan penyimpanan ponsel semakin penuh.

Selain itu, dengan banyak aplikasi yang terinstal, maka kapasitas RAM yang tersedia dapat berkurang. Hal tersebut dapat terjadi diakibatkan karena beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat dengan sistem operasi dapat berjalan di belakang layar tanpa kita sadari.

Untuk mengatasi penurunan kinerja yang diakibatkan oleh permasalahan ini, pengguna dapat menyaring aplikasi-aplikasi tersebut, dan meng-uninstal aplikasi yang dirasa kurang berguna. Pengguna juga dapat mengisntal aplikasi yang memiliki fungsi ganda, seperti memilih menginstal browser dibandingkan harus menginstal aplikasi terpisah Facebook, Twitter, dan lainnya.

3. Hapus virus.
Jika hp android sobat lemot karena terserang virus maka silahkan haus virus tersebut menggunakan aplikasi anti virus yang cocok bagi sobat, dan tidak begitu memakan banyak memori RAM. Untuk jenis antivirus yang diunakan tidak ada ketentuan bagi admin, tapi yang wajib adalah antivirus yang sobat gunakan sudah update sehingga mampu mendeteksi berbagai varian virus baru.

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang lemot

4. Perbarui sistem dan aplikasi.
Dikutip dari gadgetren.com, penggunaan sistem usang juga dapat menjadi permasalahan yang cukup signifikan. Hal ini dapat terjadi karena perlunya kesesuaian antara aplikasi dengan sistem yang digunakan. Biasanya, aplikasi baru dapat berjalan dengan baik di sistem yang baru.

Hal ini berlaku juga sebaliknya. Software atau sistem yang baru biasanya juga menuntut penggunaan aplikasi baru. Masalah lain juga bisa saja terjadi, seperti versi aplikasi yang kita gunakan memiliki beberapa bug yang menyebabkan kinerja aplikasi menurun dan berimbas ke kinerja ponsel.

Oleh karena itu, pengguna harus sering megecek ketersediaan software terbaru perangkat ponsel miliknya. Pengguna juga harus memperbarui aplikasi-aplikasi ke versi baru, yang biasanya menawarkan perbaikan bug di dalamnya.

5. Melakukan factory reset.
Jika hp android sobat sudah terlalu banyak masalah, bukan hanya lemot melainkan banyak masalah yang terjadi, ada baiknya sobat perlu melakukan factory reset, dan bahkan banyak user atau pemakai h android memilih untuk memformat atau melakukan flashing pada hp mereka. Langkah tersebut dapat menyelesaikan beberapa masalah seperti lemot, error pada sistem operasi dan masalah lainnya.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi hp android yang lemot, lambat atau lola, jika adal pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.








Related Posts

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang lemot
4/ 5
Oleh