Pengertian Dan Sejarah Bahasa Pemrograman Python

Sejarah, dan Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Bahasa Pemrograman Python - Didalam dunia Programmer atau Pemrograman terdapat banyak bahasa - bahasa yang harus kita ketahui, contohnya seperti Bahasa pemrograman C++, C#, C, PHP, Javascript, Java, Ruby, Swift, Objective-C, Python dan masih banyak lagi. Dari berbagai bahasa pemrograman yang begitu banyaknya, rasanya sulit untuk mempelajari satu per satu. Apalagi bagi anda yang belajar bahasa pemrograman secara otodidak. Dari begitu banyak nya bahasa pemrograman tersebut tinggal kalian pilih bahasa pemrograman mana yang paling banyak dicari oleh perusahaan - perusahaan besar yang nantinya akan menentukan kalian harus belajar bahasa pemrograman apa untuk pertama kalinya.

Nah pada artikel kali ini, saya akan membahas bahasa pemrograman Python. Mengapa Python? Bahasa pemrograman Python ini banyak sekali di cari oleh perusahaan - perusahaan besar maupun kecil karena struktur data dan bahasa pemrograman dari Python ini lebih gampang untuk dipelajari dibandingkan bahasa pemrogramman lainnya. 

Kenapa Harus Memilih Belajar Bahasa Python?
Sejarah, dan Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Jika dari kalian banyak yang bertanya "Apa bahasa pemrograman yang sebaiknya dipelajari pertama kali untuk pemula? " bisa saya jawab dengan : Pascal. Namun, alasannya karena bahasa pascal terstruktur serta banyak menggunakan perintah dalam bahasa inggris sehari - hari seperti end, do, for, for down, begin, to do, dst. 

Namun penggunaan Pascal diluar bidang akademik sekarang sudah sangat jarang. Hanya ada 2 aplikasi modern yang sangat cukup populer berbasis dari bahasa Pascal, yakni Lazarus dan Delphi. bahasa keduanya dipakai untuk membuat aplikasi desktop yang harus bersaing dengan Visual Studio buatan dari Microsoft. Akibatnya tidak heran lagi sekarang sangat jarang lowongan - lowongan pekerjaan dalam bahasa Pascal tersebut.

Selain itu, pilihan bahasa pemrograman dasar lain adalah C atau C++. Dua sejoli bahasa pemrograman ini sudah sangat matang dan menjadi dasar dari mayoritas masyarakat bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan modern seperti Java, PHP, dan JavaScript. Bahasa C dan C++ juga sudah banyak dipakai dalam berbagai bidang, seperti sistem operasi hingga dalam pembuatan game. 

Namun perintah - perintah yang terdapat di dalam bahasa C atau C++ lumayan sangat rumit karena banyak melibatkan simbol - simbol atau syntax seperti tanda kurung kurawal {}, %d, %c, serta perintah - perintah dengan kata - kata yang abstrak seperti cin, cout, void, int.

Nah alternatif lain dari bahasa pemrograman tersebut yaitu muncul yaitu Python. Bahasa pemrograman Python ini bisa dibilang mengawinkan atau menggabungkan fitur terbaik yang ada di bahasa pemrograman C, C++ dan Pascal. Perintah - perintah bahasa pemrograman dari Python ini sangat mudah, rapi dan sederhana tidak seperti di bahasa pemrograman lainnya, bahkan ada beberapa aspek jauh lebih baik nih guys.

Iplementasi modern dari bahasa pemrograman Python ini juga sangat berkembang dan beragam. Kita bisa memakai bahasa pemrograman Pyrhon ini untuk membuat web (Django), data mining (Scikit-Learn), Deep learning (PyTorch), keperluan data science (Numpy), hingga ke machine learning (TensorFlow). Dalam bidang scientist atau sebuah penelitian, bahasa Python ini sangat menjanjikan untuk menjalankan bidang tersebut yang membantu memudahkan anda.

Pengertian Bahasa Pemrograman Python
Sejarah, dan Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Mengutip dari sebuah website Wikipedia, Bahasa Pemrograman Python ini adalah interpreted high-level programming languange for general-porpose programming. Yang artinya yaitu Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high-level programming languange), berjalan dengan sistem yang interpreted, dan bisa dipakai untuk berbagai jenis tujuan (general-purpose).

Sebutan bahasa pemrograman dari tingkat tinggi merujuk ke sebuah level kedekatan bahasa pemrograman ke kode - kode listrik yang dipakai oleh komputer. Sebuah bahasa pemrograman ini disebut sebagai bahasa pemrograman yang tingkat tingi yaitu (high-level programming language) karena perintah atau kode dari bahasa pemrograman yang dipakai Python ini sudah mirip dengan bahasa manusia (bahasa inggris).

Hampir semua dari berbagai bahasa pemrograman modern masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi, diataranya adalah C++, PHP, Java, Pascal, Javascript, dan juga Python. Bahasa C masih sering disebut bahasa pemrograman tingkat menengah karena dari sebagian perintahnya dari bahasa pemrograman bahasa C ini bisa langsung mengakses haradware komputer, namun karena hal ini juga bahasa C sedikit lebih rumit untuk kalian pelajari.

Python ini menggunakan metode - metode pemrosesan interpreted, dimana kode - kode program tersebut akan di proses secara baris per baris langsung dari kode program (tidak membutuhkan proses compile). Proses ini mirip seperti bahasa script seperti Javascript dan PHP.

Sejarah Singkat Python 

Bahasa pemrograman Python ini dirilis pertama kali oleh Guido van Rossum pada tahun 1991 , yang dikembangkan sejak tahun 1989.

Awal dari pemilihan nama Python ini secara tidak langsung mirip bernama dan berasal dari ular piton, tetapi dari sebuah acara humor di media BBC pada era 1980an lalu dengan judul "Monty Python's Flying Circus". Monty Python adalah sebuah kelompok lawak yang membawakan acara tersebut di BBC. Kebetukan Guido van Rossum ini adalah penggemar dari sebuah acara tersebut.

Lalu, pada tahun 1994, Python versi 1.0 ini dirilis, yang diikuti serta dengan Python 2.0 pada tahun 2000. Python 3.0 dirilis pada tahun 2008.

Apa Keunggulan dari Bahasa Pemrograman Python? 

Jika kita bandingkan bahasa pemrograman Python dengan bahasa lainnya, berikut keunggulan dari bahasa pemrograman Python dan alasan kenapa kalian harus belajar bahasa Python :

1. Mudah di baca. Python ini mengharuskan atau membolehkan penggunaan spasi untuk "menjorokkan" blok kode program (indentation), sehingga kode - kode program yang ditulis lebih rapih. Dalam bahasa pemrograman yang lainnya, identation ini tidak diwajibkan.

2. Mudah dipelajari. Ya seperti pada diatas yang sudah dijelaskan, bahasa pemrograman Python ini memiliki sedikit keyword dan struktur data yang sederhana sehingga lebih mudah dipelajari bagi pemula yang masih awam untuk mempelajari dari bahasa pemrograman tingkat lanjut.

3. Perintah yang lebih singkat. Kode - kode program yang dipakai oleh Python ini jauh lebih singkat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya untuk menyelesaikan sebuah masalah yang sama.

4. Cross-platform. Python ini juga bisa dipakai untuk berbagai dari sebuah sistem operasi, termasuk juga Windows, Linux, Mac OS, UNIX, dan masih banyak lagi. Dalam mayoritas penggunaannya, kode program yang telah ditulis tidak perlu diubah lagi agar bisa dijalankan di sistem operasi yang berbeda.

5. Memiliki banyak library. Library yaitu adalah sebutan dari untuk kode program tambahan untuk hal - hal khusus dari kebutuhan. Berdasarkan dari web pypi.org, Python ini memiliki lebih dari 140.000 library atau packages yang telah tersedia didalamnya.

6. Mendukung multi-paradigma. Python ini juga bisa ditulis dengan kode program yang prosedural maupun pemrograman object (OOP).

7. Gratis. Python ini dikembangkan dengan sebagai project yang open source dan bisa digunakan secara gratis untuk anda. Jadi tidak usah perlu khawatir untuk mempelajari bahasa pemrograman ini, karena Python ini dibagikan secara gratis.

Nah itulah beberapa pengertian, dan sejarah dari bahasa pemrograman Python. Setelah kalian mengerti dari sebuah bahasa pemrograman bahasa Python ini, selanjutnya nanti akan saya bagikan tutorial - tutorial bahasa pemrograman Python untuk pemula. Sekian terimakasih.

Related Posts

Pengertian Dan Sejarah Bahasa Pemrograman Python
4/ 5
Oleh