Belajar Python Part 2 : Cara Menjalankan Kode Program Python

Pada artikel tutorial belajar bahasa pemrograman Python sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana cara menginstall aplikasi Python Interpreter, silahkan klik link berikut ini untuk membacanya Cara Download dan Menginstal Python. Nah pada artikel selanjutnya yaitu kita akan mengetest dengan menjalankan kode program python untuk menguji apakah python sudah benar - benar terinstall secara sempurna atau belum.

Cara Menjalankan Kode - Kode Program Python melalui CMD Windows 

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menguji kode - kode program yang ada di Python dan menjalankannya yaitu bisa melalui Cmd Windows, yakni aplikasi command prompt bawaan dari sistem operasi Windows. Dalam sistem operasi lainnya seperti Linux ini bisa dikenal atau dengan sebutan shell atau terminal.

Untuk membuka aplikasi cmd di Windows 10 atau Windows 7, kita bisa membuka atau mencari menu Run, lalu ketik dengan cmd.exe . Untuk pengguna Windows 8 atau Windows 10, kita bisa melakukan dengan mengklik icon kaca pembesar disebelah logo Windows lalu ketik cmd dan tekan Enter.

Belajar Python Part 3 : Cara Menjalankan Kode Program Python
Lalu akan muncul jendela cmd Windows. Setelah itu untuk uji coba python, kita bisa mengetikkan python pada cmd tersebut tanpa tanda kutip. Jika python sudah benar - benar terinstall, maka akan muncul tampilan teks sebagai berikut atau gambar dibawah ini :

Belajar Python Part 3 : Cara Menjalankan Kode Program Python
Nah setelah muncul seperti gambar diatas, itu artinya python sudah sukses berjalan dan benar - benar sudah terinstall di komputer kalian.

Nah jika sudah seperti diatas, mari saat nya untuk kita test mengetik beberapa perintah contoh dibawah ini :

print("hello Sahabat Forum Komputer") 

Ketikan perintah diatas lalu tekan enter, maka akan muncul output atau tampilan teks "Hello Sahabat Forum Komputer".

Belajar Python Part 3 : Cara Menjalankan Kode Program Python


Perintah lainnya yang bisa kalian lakukan yaitu dengan mengetikkan :

5**3 

Ketikan perintah diatas, lalu tekan enter, maka hasil dari output tersebut yaitu akan tampil angka 125. Seperti gambar dibawah ini :

Belajar Python Part 3 : Cara Menjalankan Kode Program Python

Dua perintah - perintah diatas adalah kode program dari Python yang mendasar. Begitu selesai mengetikkan kode dan menekan tombol enter, python interpreter akan langsung memproses baris tersebuut dan menampilkan hasil outputnya yang telah kalian ketik.

Ohiya catatan untuk kalian, selama di sisi kiri dalam cmd Windows terdapat tanda lebih besar tiga kali (>>>), maka itu artinya kita sedang berada di dalam python interpreter sob. Apapun yang akan kalian ketik maka akan di proses oleh Python Interpreter tersebut.

Untuk keluar dari python interpreter tersebut, kalian bisa mengetikkan perintah quit() atau exit().

Belajar Python Part 3 : Cara Menjalankan Kode Program Python

Jika anda mengalami kendala disaat membuka python interpreter tersebut dengan menampil kan error "python' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file". Maka itu bisa jadi Python anda gagal diinstal atau anda tidak mencentang pilihan "Add Python 3.7 to PATH" pas pada saat proses instalasi Python pada awalnya. Silahkan lakukan install ulang software tersebut dan mengikuti step by step yang telah di tentukan pada artikel sebelumnya cara menginstall aplikasi Python di Windows.

Cara Menjalankan Python dari Menu Windows 

Alternatif lainnya untuk menjalankan aplikasi Python adalah dari menu yang terdapat di Windows. Caranya yaitu dengan cari Python 3.7 (32 Bit) dari Menu Windows. atau klik ikon kaca pembesar pada Windows di sebelah logo Windows lalu ketik dengan "python".

Belajar Python Part 3 : Cara Menjalankan Kode Program Python

Setelah mengklik aplikasi Python Interpreter tersebut, maka akan muncul tampilan yang mirip seperti sebelumnya yaitu CMD Windows, namun hanya saja kali ini sudah langsung berada di dalam Python Interpreter tersebut.

Nah itulah beberapa dasar menjalankan perintah kode program yang ada di python. Cara tersebut hanya untuk secara singkat saja karena hanya terdiri dari 1 baris. Unutk kamu yang ingin menulis kode program python lainnya dengan langsung banyak baris, bisa menggunakan PyCharms dari JetBrains. Nanti akan kami share ya di artikel selanjutnya.

Related Posts

Belajar Python Part 2 : Cara Menjalankan Kode Program Python
4/ 5
Oleh