Cara Mudah Memotong Video Menggunakan VLC Media Player

Memotong Video Menggunakan VLC Media Player-Sobat pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi  vlc media player bukan? Ya, vlc Player merupakan salah satu aplikasi pemutar video yang cukup terkenal dikalangan pengguna sistem operasi Windows, Linux atau Mac Os.

Tapi apakah sobat tau bahwa aplikasi vlc media player bisa digunakan untuk memotong video? Sebagian dari kita mungkin hanya mengetahui fungsi dari vlc player adalah hanya untuk memutar video saja. Padahal aplikasi vlc media player memiliki banyak sekali fitur dan fungsi, salah satunya adalah untuk memotong video.

Cara Mudah Memotong Video Menggunakan VLC Media Player

Nah pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan cara memotong video menggunakan vlc media player, memotong video menggunakan aplikasi vlc media player tidak kalah bagus hasilnya dengan aplikasi-aplikasi yang memang diperuntukkan memotong atau trim video seperti windows movie maker. Jadi buat sobat yang menggunakan sistem operasi linux atau Mac Os yang tidak bisa menggunakan aplikasi windows movie maker sebagai aplikasi untuk memotong video, mungkin menggunakan aplikasi vlc media player adalah salah satu alternatif. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara mudah memotong video menggunakan aplikasi vlc media player.

Memotong Video Menggunakan VLC Media Player.
1. Unduh dan instal aplikasi vlc media player lewat google drive Disini.
2. Setelah terinstal, buka video yang akan sobat potong menggunakan vlc media player, sobat bisa menggunakan cara Open Filemaupun Drag And Drop. Setelah video terbuka, klik "View" kemudian pilih "Advanced Controls".

Cara Mudah Memotong Video Menggunakan VLC Media Player

3. Setelah sobat mengaktifkan Advanced Controls, sobat akan menemukan 4 button atau tombol tambahan yang berada diatas Play/Pause button. Keempat tombol inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk memotong video di vlc media player.

Cara Mudah Memotong Video Menggunakan VLC Media Player



Keterangan mengenai 4 button beserta fungsinya, dari yang paling kiri :
  • Record : Berfungsi untuk mulai merekam video dari klip yang sedang dibuka VLC. Klik pertama untuk memulai proses rekaman dan klik kedua untuk mengakhiri rekaman.
  • Take a Snapshot : Berfungsi untuk mengambil screenshot dari video yang sedang dimainkan menggunakan VLC. Screenshot secara otomatis akan disimpan di folder Pictures.
  • Loop : Digunakan untuk melakukkan looping dari point A ke B, pengguna harus memilih sendiri point yang akan digunakan sebagai A dan B.
  • Frame by Frame : Menghentikan video dan mulai menampilkannya per frame. Klik pada tombol frame by frame untuk melanjutkan ke frame berikutnya dan klik pada Play untuk melanjutkan video secara normal.

4. Dari keterangan 4 tombol diatas, sebenarnya lebih tepatnya melakukan perekaman video atau kita akan merekam bagian video daripada memotongnya. Untuk memulai proses ini, silahkan menuju frame atau titik tempat sobat akan memulai merekam video. Sobat bisa memanfaatkan frame by frame button untuk menuju ke titik yang spesifik. Tak lupa juga, sobat harus menentukan titik untuk menghentikan proses rekaman.

5. Setelah menemukan titik yang tepat, saatnya untuk mulai memainkan video sobat kemudian klik "Record" (Tombol dengan titik berwarna merah).

6. Dengan begitu, proses perekaman akan segera dimulai, tungu hingga video tiba dititik akhir dan untuk mengakhiri proses perekaman silahkan klik kembali tombol "Record".

7. Video hasil Record akan otomatis tersimpan pada folder "Videos"pada windows sobat.

Trik memotong video menggunakan aplikasi vlc media player sangat cocok sekali buat para pemain adbreak fanspage facebook karena biasanya para pemain adbreake lebih memilih video yang berdurasi pendek. Dan trik ini sangat tidak cocok untuk memotong vdeo dalam durasi panjang karena kita harus menunggunya sampai titik dimana video tersebut diakhiri.






Related Posts

Cara Mudah Memotong Video Menggunakan VLC Media Player
4/ 5
Oleh