asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

4 Tips Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer-Mengetahui atau melihat spesifikasi dari komputer atau laptop yang kita pakai merupakan perkara yang cukup penting, apalagi jika sobat akan mengunakan komputer atau laptop untuk keperluan gaming atau desain grafik.

Meski melihat spesifikasi dari laptop atau komputer yang kita pakai merupakan perkara yang cukup mudah namun ada saja sobat forum komputer yang belum begitu paham cara mengeceknya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini admin forkom akan menjelaskan 4 tips cara melihat atau mengetahui spesifkasi komputer atau laptop. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Menggunakan dxdiag.
Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur dxdiag yang ada di sistem operasi windows, caranya pun cukup mudah sekali yaitu :
  • Buka menu "Run" atau dengan mengekan kombinasi tombol "WIndows+R".
  • Kemudian ketikkan "dxdiag" tanpa tanda kutip pada kolom yang tersedia, kemudian klik "Ok".

4 Tips Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer
  • Kemudian akan tampil informasi spesifikasi hardware dan informasi lainnya yang ada pada komputer atau laptop sobat (Lihat contoh dibawah ini).

4 Tips Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

2. Memanfaatkan sistem informasi di windows.
Sobat dapat memanfaatkan sistem informasi untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop sobat, caranya adalah sebagai berikut.
  • Silahkan buka Windows Explorer dengan cara biasa atau dengan menekan “Windows+E” pada keyboard. 
  • Klik kanan pada pilihan "My Computer" atau pada pilihan "This PC", Kemudian silahkan pilih "Properties".
  • Setelah itu sobat pun dapat melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer sobat seperti tipe, kecepatan, besar RAM, dll.

4 Tips Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

3. Menggunakan software CPU Z.
Kedua cara diatas adalah cara yang memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh sistem operasi windows, jika sobat ingin melihat spesifikasi dari komputer atau laptop sobat lebih detail maka sobat dapat menggunakan aplikasi pihak ke tiga yaitu menggunakan software CPU Z, berikut penjelasan selengkapnya.
  • Pertama, silahkan sobat unduh aplikasi CPUZ Disini, kemudian instal aplikasi CPU Z pada komputer atau laptop sobat.
  • Setelah berhasil melakukan instalasi, sobat hanya perlu untuk membukanya dan sobat dapat melihat secara rinci spesifikasi pada komputer atau laptop sobat.
  • Sobat dapat melihat dengan detail mengenai CPU mulai dari nama processor hingga core speed pada kolom CPU.
  • Untuk dapat melihat informasi dari mainboard komputer atau laptop sobat, sobat dapat membuka kolom main board yang tersedia pada CPU-Z.

4 Tips Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Pada kolom type memory, anda dapat melihat tipe dari memory sobat. sedangkan pada kolom tab SPD, sobat dapat melihat slot RAM anda serta beragam informasi mengenai RAM komputer atau laptop sobat.

4. Menggunakan aplikasi SPECCY.
Selain menggunakan aplikasi CPU Z, sobat juga bisa menggunakan aplikasi speccy untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop sobat secara detail, berikut penjelasan selengkapnya.
  • Silahkan download software speccy Disini.
  • Setelah selesai mengunduh, silahkan instal aplikasi tersebut.
  • Setelah sobat selesai melakukan installasi, silahkan buka dan sobat sudah dapat melihat secara rinci informasi mengenai spesifikasi CPU sobat.
  • Pada tab summary, sobat dapat melihat secarar detail mengenai spesifikasi dari PC sobat.

4 Tips Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Demikian penjelasan mengenai 4 cara melihat atau mengetahui spesifikasi komputer atau laptop kita, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.







Loading...