Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya-Motherboard merupakan komponen utama yang menghubungkan semua komponen pada komputer, motherboard bertugas menghubungkan semua komponen seperti prosessor, RAM, DVD ROM, kipas, VGA, Port Usb dan lainnya menjadikan motherboard sebagai komponen paling penting dalam mengaktifkan kerja komputer.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Tak serta merta terbentuk dengan sempurna, motherboard mengalami banyak perkembangan dari awal kelahirannya, bermula pada tahun 1977 dimana komponen-komponen komputer ditempatkan terpisah dan dihubungkan menggunakan kabel-kabel sehingga terlihat sangat rumit dan tidak rapi.

Para pengembang produk komputer kemudian mencari ide untuk membuat satu papan elektronik yang dapat menampung seluruh komponen dalam satu tempat, dari situlah tercipta sebuah papan lebar yang berisi banyak slot penghubung yang kemudian disebut dengan motherboard atau mainboard.

Secara khusus, masing-masing komponen pada motherboard juga mengalami pertumbuhan dari masa ke masa, berikut beberapa perkembangan yang terjadi pada tiap bagian : 

1. Power Connector.
Power connector adalah pin penghubung antara motherboard dengan power supply yang ada pada casing komputer. Pin inilah yang nantinya akan menyalurkan listrik arus lemah untuk menghidupkan komputer.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Motherboard tipe AT harus menggunakan casing tipe AT juga, sama halnya tipe ATX. Perbedaan antara AT dan ATX terletak pada soket yang dihubungkan ke motherboard. Soket tipe AT dibagi menjadi 2 bagian header, sedangkan ATX hanya memiliki satu header, namun ada juga motherboard yang menyediakan dua tipe konektor AT dan ATX sekaligus.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

2. Soket Processor.
Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, ada dua tipe soket processor yang digunakan pada motherboard, yakni Intel dan AMD. Intel sendiri sempat mengalami banyak perkembangan model, mulai dari ZIF atau biasa disebut soket 7, dilanjutkan dengan soket 370 yang biasa digunakan pada pentium 2 dan pentium 3 atau setara dengan soket A pada AMD, kemudian soket 478, lalu soket LGA yang terus berkembang hingga saat ini.

3. Slot Memory.
Slot memory berfungsi sebagai tempat pemasangan kepingan memory. Ada beberapa jenis slot diantaranya SIMM (Single In Line Memory Module) untuk memory berjenis SRAM dan EDORAM.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

DIMM (Double In Line Memory Module) untuk pemasangan modul memory berjenis SDRAM dan DDRAM, serta RIMM (Rambus In line Module Memory) untuk memory berjenis RDRAM.

4. North Bridge Controller.
Microchip yang dirancang khusus untuk bekerja dengan komponen tertentu, seperti processor atau GPU dan berhubungan dengan Graphic Controller.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Peripheral Controller terintegrasi VIA VT8235 yang men-support berbagai I/O termasuk 2-chanel ATA/133 bus master IDE controller, hingga 6 port usb 2.0, interface LCP super I/O, interface AC'97 dan PCI 2.2.

5. Connector SATA.
Bermula dari teknologi ATA (Advan Technologi Attachment) ang merupakan interface perangkat penyimpanan dalam PC seperti hardisk dan CD-ROM. ATA kemudian berkembang menjadi PATA (Paralel-ATA) yang selanjutnya cikal bakal menjadi SATA (Serial-ATA).

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Secara garis besar ketiganya memiliki fungsi yang sama, hanya saja SATA bekerja secara serial sehingga menghasilkan kecepatan data yang lebih tinggi dengan bentuk yanglebih kecil. Teknologi SATA terus mengalami perbaikan, terbukti dengan hadirnya beragam jenis SATA, diantaranya SATA 1.5Gb/s hingga SATA 6 Gb/s.

6. Port Grafis.
Untuk menghubungkan PC ke monitor, proyektor atau HDV sobat dapat menggunakan koneksi DVI ng akan memberikan kualitas gambar terbaik.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Jika proyektor atau HDTV sudah memiliki konektor HDMI, maka cukup menggunakankabel HDMI saja. Konversi konektor DVI dengan VGA menggunakan sinyal analog sehingga monitor yang menampilkan input DVI membutuhkan sinyal digital serta konektor HDMI.

7. Slot Grafis.
Slot ini berfungsi untuk menghubungkan card grafis pada motherboard. Selama lebih dari satu dekade, PCI (Periheral Component Interconnect) mengalami banyak perbaikan. Julah badwith yang dulu hanya sebatas 133MB/s, kemudian digantikan dengan kehaidran slot AGP (Accelerator Graphic Peripheral), yang sat itu hadir dengan bandwith khusus untuk mendukung kinerja grafis dan dipasang berdampingan dengan slot PCI. PCI dan AGP kemudian mengalami perkembangan lagi hingga dihasilkanlah slot PCI-X atau PCI-Express.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

PCI Express hadir dengan banyak keunggulan, tidak hanya digunakan untuk menampilkan visual saja, teapi juga sebagai input/output peripheral tambahan. PCI Express terdiri dari beberapa generasi yaitu PCI Express x1 hingga x16, yang mana slot PCI Express x16 merupakan slot VGA Card yang menggantikan AGP. Sedangkan slot x1 digunakan untuk perangkat lain seperti sound card.

8. Port PS/2.
Port yang menghubungkan mouse atau keyboard ke PC dan berfunsi sebagai controller atau penggerak dalam melakukan sebuah pekerjaan sesuai keinginan.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Port USB mouse dan keyboard memiliki  latency yang rendah yakni 100 hertz. Sedangkan port PS/2 mouse dan keyboard pada tingkat standart memiliki latency 125 hertz.

9. LAN Port.
Gigabit Ethernet memungkinkan transer jaringan hingga 1.000 Mbps menggunakan standart kabel Cat 5 UTP (Unshielded Twisted Pair) yang memiliki delapan (empat pasang) kabel dengan warna yang berbeda. Satu pasang digunakan untuk transmisi data, sedangkan pasangan lainnya digunakan untuk menerima data.

10. USB Port.
Universal Serial Bus atau disebut juga dengan USB berfungsi menghubungkan piranti seperti printer, scanner, mouse, keyboard, console game, dan piranti portabel. Berawal dari Usb 1.0, Usb 2.0, Usb 3.0, Usb 3.1 gen1, hingga Usb 3.1 gen2. USB 1.0 memiliki transfer rate 1.5 Mbit hingga 12Mbit, USB 2.0 memiliki transfer rate 480 Mbit. Sedangkan USB 3.0 merpakan versi ketiga Universal Bus untuk interfacing komputer dan berbagai perangkat elektronik.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

USB 3.0 disertai dengan tingkat transfer SuperSpeed USB sehingga dapat mentransfer data hingga 5Gb/s (625 MB/s) sekitar sepuluh kali lebih cepat dari USB 2.0 standat. Dilanjutkan dengan USB 3.1 yang merpakan pengganti USB 3.0. USB 3.1 mempertahankan kecepatan transfer super speed usb yang ada, yang juga disebut sebagai UBS 3.1 Gen1. Selanjutnya muncul USB 3.1 Gen2 yang memiliki tranfer rate SuperSpeed USB yang dapat mentransfer data hingga 10Gb/s.

11. Audio Port.
Motherboard dilengkapi dengan konektor analog yang terdiri atas port audio out dan audio in. Audio out berfungsi untuk menghubungkan speaker, headset atau mini home theater. Sedangkan audio in berfungsi untuk menghubungkan mike sebagai peng-input suara. Codec memproses data audio dengan sampling rate kHz bitrate 24-bit sehingga pengguna dapat menilai kualitas audio yang dihasilkan oleh PC-nya.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

12. Bateray CMOS.
Bateray CMOS berfungsi untuk mendukung motherboad mengenai konigurasi sistem yang terpasang. Apabila bateray CMOS sudah tidak menyimpan energi, maka akan terjadi error pada sistem yang sudah terkonfigurasi pada motherboard.

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya

Tak berhenti sampai disini, teknologi motherboard akan terus mengalami perkembangan dengan cepat. Para produsen akan terus bersaing keras dalam menambahkan banyak fitur baik dari segisistem hinga perangkat yang ada. Sebagai konsumen, sobat pun dituntut untuk makin cermat dalam memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sumber Majalah PC Media





























Related Posts

Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Penjelasannya
4/ 5
Oleh