14 Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Drone Bagi Kehidupan Manusia

14 Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Drone Bagi Kehidupan Manusia-Dalam perkembangan teknologi saat ini banyak perangkat yang tercipta untuk memudahkan segala sesuatu yang menguntungkan manusia, salah satunya adalah Drone. Pastinya sobat sudah mengeahui seperti apa Drone.

Drone adalah pesawat tanpa awak dengan berbagai macam bentuk dan fungsi, pada awalnya Drone dibuat pada 22 Agustus 1848 Austria membuat balon-balon untuk membom musuhnya melalui udara, lalu pada 8 November 1898, Nicolas Tesla, Penemu As keturunan Serbia mematenkan remote control atau pengendali jarak jauh temuannya. Dan Drone digunakan untuk menyerang atau memata-matai musuh. Kini denan berkembangnya zaman, Drone banyak diciptakan dengan berbagai fungsi yang dapat menguntungkan dan memudahkan manusia dalam berbisnis. Ada beberapa fungsi daripada Drone saat ini, Seperti :

1. Membantu memantau perubahan Global Warming.
Awal tahun 2013 NASA menggunakan teknologi Drone untuk mengukur ketebalan dan ketipisan lapisan ozone antara stratosphere dan troposphere. Untuk melihat tingkat kepadatan air dan ozone yang dapat memberikan perubahan pada iklim cuaca dibumi.

2. Melihat sudut pandang beeda dari sektor media coverage.
Pada saat ini, melihat kejadian seperti huru-hara, teroris, bahkan kecelakaan dan kemacetan dipantau melalui udara untuk mendapatkan jangkauan gambar secara menyeluruh dan aman karena jauh dari lokasi kejadian. Gambaran seperti ini akan sangat membantu dari pengambil berita, penikmat berita, hingga otoritas kenegaraan untuk mengambil tindakan.

3. Membuat agrikultul lebih efektif.

14 Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Drone Bagi Kehidupan Manusia

Bayangkan saja banyaknya petani yang menjaga lahan mereka dari gangguan, atau waktu yang harus mereka habiskan hanya untuk menyiram atau memberi pupuk lahan tersebut, dengan adanya teknologi tersebut dapat membuat mereka lebih mudah untuk mengurus lahan-lahan yang besar, dan petani juga dapat memanfaatkannya untuk menabur biji-biji benih dilahan mereka.

4. Mengirim obat-obatan ke daerah yang sulit ditempuh.
bayankan hingga sampai saat ini ada 1 juta orang yang hidup tanpa adanya akses yang layak untuk jalur pengiriman. Artiya ada 1 juta orang yang memiliki potensi untuk mendapatkan pertolongan pertama pengobaan. Dengan adanya drones seperti Matternet semua menjadi lebih mudah.

5. Memadamkan kebakaran.

14 Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Drone Bagi Kehidupan Manusia

Tidak heran lagi bahwa diindonesia sendiri sering sekali terjadi kebakaran hutan yang pada akhirnya idak dapat dipadamkan dikarenakan tidak bisa atau tidak adanya akses untuk memadamkan api tersebut. Maka dari itu, teknologi drone kedepannya akan memberikan kemudahan untuk memadamkan api. Seperti salah satu produk DJI yang disebut dengan Argas dapa menampung air. Tidak banyak, tetapi sudah memberikan perkembangan teknologi yang signifikan.

6. Tim medis yang cepat.
Sering mendengan bahwa polisi selalu terlambat sampai lokasi kejadian? Dengan ini menjadi salah sau solusi kegunaan drone yang akan mempercepat memberikan gambaran serta bantuan tim medis yang lebih cepat. 

14 Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Drone Bagi Kehidupan Manusia

Drone yang dibawa juga memiliki kecanggihan layaknya perawat seperti membawa EMS, Defibrillator dan juga microphone dan speaker untuk langsung berinteraksi dengan dokter yang akan membantu melalui video suara.

7. Pengiriman.
Sudah umum hal ini dibicarakan berbagai pihak. Jalur distribusi yang sulit terjangkau hingga cepatnya pengiriman akan menjadi tanpa batas dengan adanya drones yang mengirim barang sampai depan rumah kita.

8. Menghijaukan bumi.
15,3 juta pohon rusak setiap tahunya. Bayangkan dengan lahan kosong tersebut bila ditabur benih dengan cepat oleh droe. Pastinya akan sangat membantu untuk memulihkan dunia. Dan penaburan benih dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

9. Melindungi hewan terancam punah.
Banyak sekali hingga saat ini hewan diluar sana terancam punah karena tidak dapat menjangkau mereka untuk melihat tingkah lakunya. Dengan adanya drone dapat dipantau di habitat aslinya tanpa haus masuk ke penangkaran kebun binatang.

10. Entertain dan Hobby.
Tidak ada yang lebih menyenangkan menggunakan drone untuk menyalurkan hobby atau bakat aerial kita di udara lepas. Tidak hanya hobby saja, tetapi dapat menghasilkan uangdnegan menyewakan drone kita untuk mendapatkan aerial video maupun foto.

14 Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Drone Bagi Kehidupan Manusia

Misalnya sobat gunakan untuk bisnis WO (Weding Organizer) atau EO (Event Organizer) sehingga memudahkan sobat dalam mengambil gambar keseluruhan tanpa harus melibatkan banyak kameramen.

11. Drone untuk filmaker.
Pembuatan film dikenal dengan perangkat-serba mahal, termasuk penggunaan helicopter untuk mengambil gambar cantik dari udara, dengan keberadaan teknologi drone ini telah menggantikan posisi helikopter, secara otomatis biaya produksi film jadi terjangkau.

12. Drone untuk pemetaan.
Sudah umum dibicarakan berbagai pihak bagaiman drone bisa membantu melakukan kerja pemetaan, biaya drone bisa lebih murah dan kerja pemetaan bisa lebih ringan saat bertemu dengan medan suit dijangkau, hal ini saya resakan sendiri ketika melakukan pemetaan di wilayah pedalaman Kalimantan Barat, yang notabene wilayah hutan hujan tropis dan berbukit.

Dengan menggunakan drone, hasil peta yang di buat bisa menjadi 3 Dimensi, dan sebagainya, lebih canggih lagi, pemetaan menggunakan drone juga bisa untuk mendeteksi kesetahatan vegetasi dengan sensor lidar, Dulunya gambar dengan LIDAR ini harus di peroleh dengan dana yang tidak sedikit.
Pemetaan Menggunakan Drone kemudian dimanfaatkan oleh banyak kalangan, mulai dari para LSM, Perseroan sampai pemirintahdan Instansi terkait seperti BPN dan ATR. dengan teknologi drone proses pemetaan menjadi lebih mudah, dan tentu saja jika harus dibandingkan dengan membeli citra satelite resolusi tinggi , menggunakan drone lebih murah.

13. Untuk kebutuhan militer.
Dalam bidang militer Drone atau pesawat tanpa awak memiliki kegunaan, diatantaranya :
  • Pesawat penyerang kamp-kamp musuh.
  • Pesawat pengintai atau mata-mata.
  • Pesawat kamikaze (untuk ditabrakkan ke musuh).
  • Pesawat patroli perbatasan.

Drone atau pesawat tanpa awak dapat digunakan untuk menyerang kamp-kamp musuh karena ada Drone yang mampu membawa berbagai roket dan rudal, selain itu dapat mengurangi kerugian dibanding menggunakan pesawat konvensional ataupun helikopter. Terutama kerugian sumber daya manusianya. Dimana nyawa merupakan harta yang tak ternilai harganya. Bahkan Drone pun digunakan untuk menyerang kamp teroris ditimur tengah yang menewaskan pimpinan Al-Qaeda yaitu Osama Bin Laden.

Pesawat tanpa awak biasanya disematkan juga kamera dan sensor-sensor lainnya sehingga dengan indra tersebut maka pesawat tanpa awak atau Drone dapat digunakan untuk pengintaian dan patroli perbatasan selain itu juga dapat digunakan sebagai pesawat kamikaze, yaitu untuk menyerang musuh dengan cara ditabrakkan kekapal atau pesawat musuh.

14. Untuk penelitian situs kuno.
Untuk mendapatkan pemandangan secara luas dari situs kuno, arkeolog sering beralih ke pesawat, helikopter dan balon udara. Namun para peneliti saat ini memiliki akses ke teknologi yang lebih lincah dan lebih murah untuk memetakan, mengeksplorasi dan melindungi harta arkeologi yaitu dengan memanfaatkan teknologi Drone.

Di Peru – situs purbakala Machu Picchu dan reruntuhan menakjubkan lainnya, pemerintah berencana untuk membeli beberapa drone untuk melakukan survei arkeologi di daerah yang ditargetkan untuk membangun atau pengembangan, dan menjaga situs arkeologi tersebut dilansir dari Reuters.

Arkeolog yang bekerja di negara itu telah menggunakan Drone kecil untuk mempelajari situs kuno, termasuk kota Andean kolonial Machu Llacta, dan kuburan San José de Moro, yang berisi makam pendeta Moche. Beberapa peneliti bahkan telah membangun drone mereka sendiri dengan biaya kurang dari $ 2.000,untuk mempermudah menjaga warisan dunia tersebut.






















Related Posts

14 Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Drone Bagi Kehidupan Manusia
4/ 5
Oleh