asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Tips Membeli Laptop Second-Laptop merupakan komputer jinjing yang keberadaannya semakin dicari dibandingkan PC dekstop. Apalagi untuk anak-anak kuliahan, mereka lebih memilih membeli laptop sebagai media untuk belajar ketimbang PC dekstop.

Selain praktis untuk dibawa-bawa, keberadaan laptop juga tidak memakan tempat karena bentuknya yang lebih kecil dan ringkas dibandingkan PC dekstop, tapi untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang high end atau kelas atas, kita harus merogoh saku dalam-dalam atas harganya yang sangat mahal. Nah untuk mengakali hal tersebut tentunya sobat akan memilih laptop second yang harganya jauh lebih murah dibandingkan harga barunya.

7 Tips Jitu Membeli Laptop Second Tapi Berkualitas

Tapi sebaiknya jangan asal murah saat membeli laptop second alias bekas, sobat juga harus memperhatikan kondisi laptop second tersebut sebelum sobat memutuskan untuk membelinya.

Ada beberapa tips dari kami buat sobat forkom saat akan membeli laptop second, agar setelah sobat membeli laptop tersebut tidak menyesal dikemudian hari karena memiliki spesifikasi yang rendah atau malah banyak masalah dari laptop yang sobat beli.

Apa saja tips-tipsnya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai tips jitu membeli laptop second tapi berkualitas.

7 Tips saat akan membeli laptop second atau bekas
  • Pastikan spesifikasi laptop sebelum membeli.
Sebelum sobat membeli sebuah laptop, pastikan terlebih dahulu seperti apa spesifikasi laptop yang akan sobat beli. kenapa admin menyarankan untuk menentukan spesifikasi dari laptop yang sobat beli, karena sobat nantinya bisa mengira-ngira atau menerka berapa harga pasaran dari laptop second dengan spesifikasi tersebut.

Jika sobat sudah memantau harga pasaran dari laptop yang akan beli, bisa memperkecil kemungkin sobat ditipu oleh penjual yang menjual laptop dengan spesifikasi yang rendah namun memiliki harga second yang diatas rata-rata harga pasaran.
  • Jangan membeli laptop second secara online.
Jual beli online untuk saat ini memang sangat digandrungi, barang apa saja kini sudah tersedia atau dijual secara online, termasuk juga laptop bekas atau second, tapi admin menyarankan untuk tidak membeli laptop second secara online karena sobat tidak bisa melihatnya secara langsung kondisi dari laptop bekas tersebut.

Kalaupun sobat membelinya lewat internet, sebaiknya beli lah laptop bekas lewat internet yang disekitar daerah sobat saja, sehingga saat sobat sudah memilih laptop mana yang akan sobat beli, sobat bisa COD (Cost On Delivery), dan menentukan deal atau tidaknya bisa ditentukan saat sobat bertemu langsung dengan si penjual sehingga sobat bisa melihat secara langsung kondisi dari laptop bekas tersebut.
  • Ketahuilah lama penggunaan laptop bekas yang akan sobat beli.
Laptop dengan pemakaian yang lama pasti memiliki performa yang berbeda dengan laptop yang baru saja digunakan. Selain itu spesifikasi untuk laptop yang sangat lama biasanya tertinggal dengan laptop keluaran baru. Namun biasanya untuk kualitas komponen, laptop lama memang lebih baik daripada laptop terbaru. Masalah pada laptop yang lama digunakan adalah pada RAM dan Hardisknya yang sudah tidak maksimal. Lemot misalnya.

Oleh karena itu, sebelum sobat membeli laptop yang diinginkan, sobat jangan segan-segan untuk menanyakan lamanya penggunaan laptop bekas tersebut dan tanyakan jugta masalah-masalah lain yang berkaitan dengan laptop yang akan sobat beli, misalnya hardware apa saja yang pernah mengalami kerusakan.
  • Periksa kondisi segel.
Segel dari barang elektronik dan lainnya menandakan barang tersebut belum pernah dibongkar atau belum pernah ganti spart part karena mengalami kerusakan.

Laptop dengan segel yang utuh menawarkan harga yang lebih tinggi daripada laptop dengan segel yang telah terbuka. Jika segel telah terbuka, pastikan sobat mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut.
  • Periksa kondisi case.
Kondisi case atau tampilan laptop bisa menandakan lama pemakaian sebuah laptop. Selain itu, ini juga bisa menggambarkan bagaimana laptop dipakai sebelumnya. Jika memungkinkan, pilihlah laptop yang masih mulus karena pemakaiannya pasti lebih hati-hati sebelumnya.
  • Periksa kondisi hardware laptop yang akan sobat beli.
Memeriksa kondisi hardware dari laptop yang akan sobat beli cukup penting untuk diterapkan, karena dengan memeriksa kondisi hardware laptop tersebut, sobat bisa memastikan apakah laptop yang akan sobat beli masih bagus atau cacat. Hardware yang wajib sobat periksa antara lain :

7 Tips Jitu Membeli Laptop Second Tapi Berkualitas

1. Periksa Kondisi Charger dan Baterai LaptopCek kondisi baterai dan chargernya. Laptop lawas biasanya memiliki baterai portable. sobat bisa mengeceknya dengan mengisi penuh baterai dan memakainya hingga baterai habis. Pelajarilah kenormalan baterai pada laptop bekas tersebut.

2. Periksa Layar LaptopLayar laptop asli dan layar laptop tidak asli sangat berbeda. Pastikan laptop memiliki layar laptop yang masih asli. Artinya laptop tersebut belum pernah mengalami kerusakan pada layar hingga menggantinya. LCD laptop bukan aslinya mengurangi kenyamanan pemakaian karena biasanya tidak memancarkan visual dengan maksimal.

3. Periksa keyboard laptopKetika sobat memeriksa keyboard, periksalah juga touchpadnya. Jangan membeli laptop jika touchpadnya sudah tidak nyaman digunakan. Karena touchpad bisa diumpamakan sepasang tangan manusia yang memiliki fungsi yang sangat vital.

4. Periksa kondisi hardisk : Sobat akan menyimpan semua data pada komponen bernama hardisk. Jika hardisk sebuah laptop bermasalah, sobat terancam kehilangan semua data. Untuk tidak terjadi hal ini, pastika hardisk laptop masih normal. Ini bisa sobat rasakan apakah laptop lemot atau tidak, kemungkinan berasal dari performa hardisk laptop tersebut.

5. Periksa RAM Laptop : RAM adalah komponen terpenting sebuah laptop. Sayangnya, laptop lawas biasanya memiliki RAM yang kecil daripada laptop yang terbaru. Sobat harus mengerti bagaimana cara cek RAM pada laptop. Tapi beda ceritanya jika yang sobat beli adalah laptop gaming. Semakin besar RAM, semakin maksimal kerja sebuah laptop. Bahkan ini yang pertama kali harus dilihat ketika sobat memutuskan membeli laptop.

6. Periksa speaker laptop : Ini mungkin memang bukan komponen terpenting sebuah laptop. Tapi memiliki laptop berspeaker kurang maksimal akan mengganggu kegiatan sobat berlaptop. Jika speaker tidak normal, pastikan sobat mendapat potongan harga dari si penjual.

7. Periksa kondisi CD/DVD drive : Bagi sebagian orang mungkin ini tidak terlalu penting. Jarang sekali orang menaruh data di kepingan CD atau DVD sekarang ini. Namun jika sobat memutuskan membeli laptop dengan CD/DVD drive, periksalah kenormalan komponen ini. Walaupun jarang digunakan, Drive ini membantu instalasi hardware pada laptop sobat, misalnya printer yang drivernya masih berupa kepingan CD.

8. Periksa keadaan port Port-port pada laptop umumnya berupa port untuk HDMI, port VGA, beberapa port USB, port untuk koneksi kabel internet, dan kadang disertai port MMC. Periksalah kenormalan semua port yang ada. Semakin banyak atau jika semua port masih normal, sobat akan lebih lega memilikinya.

9. Periksa WiFi/WLANLaptop tanpa koneksi internet bisa sangat membuat sobat frustasi. Karena itu periksalah dengan baik keadaan WiFi atau WLAN laptop second tersebut. Pastikan laptop bisa WiFi dengan normal. Karena sekarang semunya bisa tidak berarti tanpa koneksi internet yang lancar.
  • Bawa teman yang paham atau ahli dalam bidang komputer.
Jika sobat termasuk awam atau tidak tau apa-apa dalam bidang komputer, sobat wajib membawa teman saat akan membeli laptop bekas karena jika sobat membeli sendiri, sobat bisa kena tipu (Berdasar pengelaman admin sendiri yang pernah membeli laptop bekas waktu belum paham apa-apa mengenai laptop). Selain soal penipuan, membawa teman yang ahli dalam bidang komputer atau minimal paham mengenai komputer atau laptop tentunya bisa memberikan referensi laptop mana yang akan dibeli setelah mengeceknya.

Demikan penjelasan mengenai 7 tips jitu membeli laptop second yang berkualitas, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Referensi dosenit.com
Loading...