asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

5 Perbedaan VGA Card dengan VGA Onboard Komputer- Video Graphich Adapter atau yang biasa disingkat dengan VGA merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berperan memproses informasi grafis pada komputer sehingga mampu menampilkan hasil atau tampilan [ada layar monitor. Biasanya sebuah komputer memiliki VGA yang sudah tertanam didalam motherboard atau yang biasa disebut dengan VGA onboard, dan untuk beberapa jenis motherboard yang tidak memiliki VGA onboard maka menggunakan VGA tambahan atau VGa eksternal atau sering juga disebut dengan VGA card.

Antara kedua jenis VGA tersebut (VGA card dan VGA onboard) memiliki beberapa perbedaan tapi memiliki fungsi yang sama yaitu berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Pada artikel klai ini, admin forum komputer akan membahas perbedaan mendasar antara VGA card dengan VGA onboard, berikut penjelasan selengkapnya.

5 Perbedaan VGA Card dengan VGA Onboard Komputer.
1. Dilihat dari sisi memory.
Jika dilihat dari sisi memory yang digunakan oleh VGA card dan VGA onboard, ada perbedaan yang terlihat dari kedua VGA tersebut yaitu :
  • VGA onboard memiliki memory sendiri yang terdapat pada GPU. Meskipun begitu, ada juga VGA yang sangat bergantung pada memory RAM dikomputer. Oleh sebab itu ketika ada aplikasi, software maupun game didalam komputer akan berjalan lambat, itu disebabkan karena memory pada RAM tidak mencukupi atau pas-pasan karena sudah digunakan "Dimakan" oleh beberapa memory di VGA onboard.
  • VGA card memiliki memory sendiri dan dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan VGA onboard. VGA card lebih fokus untuk memaksimalkan kinerja komputer saat membuka aplikasi, software, maupun game yang memerlukan kualitas grafis yang terbaik. Oleh sebab itu, ketika aplikasi, game dan software menggunakan VGA card maka kinerjanya akan jauh lebih maksimal sebab semua memory sudah dipindahkan ke VGA card dan tidak mengganggu VGA onboard.


2. Dilihat dari sisi kinerja.
Jika kita melihat dari sisi kinerja yang dibebankan pada kedua VGA tersebut ternyata memiliki perbedaan yang cukup singnifikan, antara lain :
  • Pada VGA onboard dapat berjalan untuk aktifitas yang terbilang ringan seperti ketik-mengetik, membuka aplikasi-aplikasi yang berukuran kecil, dan berbagai aktifitas yang umum dilakukan didepan layar komputer.
  • Pada VGA card, fungsinya adalah dapat memaksimalkan komputer saat membuka aplikasi, game maupun software yang sangat memerlukan kinerja grafis yang tinggi. Contohnya seperti software edit video, foto dan juga untuk bermain game dengan kualitas grafis yang berkualitas tinggi.

3. Dilihat sisi Fitur tambahan.
Dari sisi fitur tambahan, sangat jelas kalau VGA Card dan VGA Onboard memiliki keunggulannya masing-masing. Pada VGA Onboard, tidak memiliki fitur tambahan karena fungsinya sendiri sebagai alat untuk dapat mengoperasikan kebutuhan standar yang ada di komputer. 
Sedangkan pada VGA card memiliki sistem pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan komponen-komponen yang ada pada board VGA card tersebut. Kenapa VGA card memerlukan sistem pendingin khusus?, jawabannya adalah VGA card memang dikhususkan untuk menjalankan software, aplikasi dan game yang terbilang berat yang sangat menguras kinerja VGA card tersebut sehingga VGA card tersebut menghasilkan panas yang berlebih dibandingkan VGA onboard, oleh karena itulah VGA card memerlukan sistem pendingin.

4. Dilihat dari sisi ukuran.
Perbedaan berikutnya adalah pada bagian ukurannya sendiri. Pada VGA Onboard, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan VGA Card. Salah satu alasannya adalah VGA Onboard sudah “Menyatu” dengan motherboard sehingga ukurannya perlu disesuaikan agar dapat masuk ke dalam slot motherboard yang sudah disediakan.

Sedangkan pada VGA Card, bentuknya lebih mirip dengan motherboard tapi versi yang lebih ramping. Karena VGA Card ini terpisah dari motherboard, maka socket yang dibutuhkan pun tertentu bahkan, VGA card ini dapat bekerja sendiri tanpa harus bergantung dengan RAM komputer lagi.

5. Dilihat dari pemakaian arus listrik.
Jika dilihat dari pemakaian arus listrik, VGA onboard memang lebih irit listrik karena VGA onoard sendiri sudah menyatu dengan motherboard, sedangkan VGA card membutuhkan listrik atau arus listrik tambahan, biasanya arus listrik tambahan untuk VGA card menggunakan pin dengan jumlah 6 atau biasa disebut dengan 6 pin. Untuk produk-produk power supply saat ini sudah menyediakan kabel 6 pin untuk kebutuhan arus listrik pada VGA card.

Demikian penjelasan mengenai 5 perbedaan antara VGA card dengan VGA onboard, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Referensi dosenit.com





Loading...