Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan, Serta Kekurangnya

Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan serta kekurangnya-Jika kita menengok spesifikasi media penyimpanan sebuah PC dekstop atau pun laptop tentunya kita sering mendengar kata-kata HDD maupun SSD. HDD merupakan singkatan dari Hard Disk Drive adalah media penyimpanan data yang telah berusia puluhan tahun, sedangkan SSD atau Solid State Drive merupakan teknologi baru media penyimpanan data pengganti dari HDD.
Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan, Serta Kekurangnya
Buat sobat yang masih belum mengenal apa itu SSD, kali ini admin forum komputer akan menjelasankan secara jelas, lengkap, terperinci mengenai Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan dan kekuranganya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian SSD.
SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memoryyang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Perangkat SSD menanamkan chip memory berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten

SSD juga dikenal sebagai kartu flash drive atau kartu flash, dimasukkan ke dalam slot di komputer server disebut sebagai penyimpanan flash server-side atau sebagai bagian dari sistem penyimpanan berbagai perusahaan flash.

SSD adalah perangkat keras penyimpanan data yang menggunakan non-volatile memory sebagai media penyimpanannya dan tidak menggunakan piringan magnet seperti hardisk konvensional, dan berbeda dengan volatile memory pada RAM, data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun tidak menggunakan daya listrik.
Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan, Serta Kekurangnya

Fungsi SSD (Solid State Drive).
Dari penjelsan diatas dapat disimpulkan fungsi dari SSD sama saja seperti HDD yaitu media penyimpanan data, namun SSD merupakan teknologi terbaru dati media penyimpanan data yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan HDD. Berikut penjelasan mengenai kelebihan-kelebihan dari SSD.

Kelebihan SSD.
  • Performa menjadi keuntungan yang paling utama dari sebuah SSD, dalam SSD tidak ada satupun komponen yang berputar ataupun mengalami perpindahan. Jadi, perangkat ini sepenuhnya elektronik. Dengan tidak adanya pergerakan manual, kecepatan untuk menulis serta membaca data naik secara drastis.
  • Transfer File Lebih Cepat: Menyalin dan mem-paste file dengan SSD ternyata hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat 50 persen dari HDD.
  • SSD lebih cepat dalam hal kecepatan read and write, misalnya saat membuka program berat, saat transfer file maupun pencarian file.
  • Waktu booting windows SSD lebih cepat dibandingkan HDD.
  • Saat digunakan, SSD tidak mengeluarkan suara karena materi komponenya hanya terdiri dari sekumpulan memori.
  • Ringan: Bobot SSD jauh lebih ringan ketimbang HDD. Hal itu membuat laptop tidak berat ketika dibawa bepergian.
  • Hemat Listrik: SSD hanya membutuhkan 10 persen daya listrik dari HDD.
  • Lebih hemat daya listrik.
  • Lebih tahan terhadap guncangan


Kekurangan SSD.
  • Harganya jauh lebih mahal dibandingkan HDD. Saat artikel ini ditulis, SSD berukuran 120GB saja bisa dijual dengan harga dikisaran 600 – 800 ribuan. Sedangkan dengan uang segitu Anda bisa mendapatkan HDD 1TB.
  • Umur pakai SSD jauh lebih pendek dibandingkan HDD karena siklus read and write SSD lebih pendek dibandingkan HDD.
Demikian penjelasan mengenai SSD atau Solid State Drive, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.



















Related Posts

Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan, Serta Kekurangnya
4/ 5
Oleh