Pengertian Format PDF, Fungsi, dan Kelebihannya (Lengkap)

Pengertian Format PDF, Fungsi, Contoh dan Kegunaannya-Format sebuah file sangat beragam sekali, dan salah satu yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah format PDF. Apa itu format PDF?, apa fungsinya, kegunaanya serta kelebihannya?. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, admin telah merangkum dari berbagai sumber mengenai pengertian PDF, fungsi, kegunaan dan kelebihannya, berikut penjelasan selengkapnya.
Pengertian Format PDF, Fungsi, dan Kelebihannya (Lengkap)

Pengertian PDF.
Menurut wikipedia PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumentasi digital. Format PDF digunakan untuk mereprentasikan dokument dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokument tiga dimensi.

Penggunaan file berformat PDF biaanya identik dalam dunia kerja yang mengarah pada pengolahan data. Data yang sudah dibuat dalam bentuk microsoft office (Word, Excel, Power Point dan lain lain) biasanya disimpan dalam ekstensi aslinya atau dalam ekstensi lain, salah satunya adalah PDF. Buat sobat yang sudah mengenal tentang format file, tentunya lebih memilih menggunakan format PDF karena sangat praktis dan tidak memakan waktu lama untuk membukanya.

Fungsi PDF.
Setiap program atau aplikasi pastinya memiliki fungsi tertentu, begitu juga dengan format PDF. Memahami alasan utama dibalik penciptaan PDF, sama artinya dengan memahami fungsi PDF yang sebenarnya. Kita bisa memahami alasan penciptaan PDF yang sebenarnya dari:


  • Dilihat dari arti katanya, PDF itu dari kata Portable Document Format atau sebuah format dokumen yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai bentuk dokumen, mulai dari teks atau font, gambar dan lainya. Dari sini bisa kita pahami, bahwa fungsi PDF adalah menyimpan file dokumen dalam format PDF. Tetapi mungkin kamu akan bertanya, kenapa harus disimpan dalam bentuk PDF?.
  • File dokumen yang disimpan dalam bentuk PDF bisa digunakan secara fleksibel di komputer manapun. Inilah fungsi utama PDF. Masalah yang kerap ditemui user ketika membuka file dokumen dari satu komputer ke komputer lain adalah perbedaan versi Microsoft Office. Perbedaan versi ini bisa menyebabkan file dokumen menjadi berantakan. Tetapi hal demikian tidak terjadi bila file dokumen tersebut kita simpan dalam bentuk PDF.
  • File dokumen yang sudah tersimpan dalam bentuk PDF tidak bisa diubah. Kecuali menggunakan software khusus. Hal ini akan membuat data aman dari perubahan yang tidak kita inginkan.
  • PDF juga memudahkan kita dalam pengiriman data melalui email, khususnya data yang akan kita kirim. Kita tidak perlu lagi mempertimbangkan jenis OS apa yang dipakai oleh penerima, sebab dengan PDF, jenis OS apapun bisa membuka file dokumenya.

Kelebihan format PDF dibandingkan format lainnya.
File format PDF memiliki banyak sekali kelebihan, oleh karena itu banyak dari kita yang lebih memilih menggunakan format PDF sebagai media untuk menyimpan berkas dan sebagainya ketimbang format lainnya. Berikut kelebihan-kelebihan format file PDF.



  • Kelebihan utama dari file PDF adalah sifatnya yang fleksibel. Kenapa fleksibel? karena file dengan format PDF dapat dibuka pada perangkat apapun dan memiliki tampilan yang sama (Dengan syarat pada terangkat tersebut telah terinstal aplikasi atau software PDF reader).
  • Format PDF tidak hanya menyimpan data dalam bentuk teks namun juga gambar (image) ataupun foto juga bisa.
  • Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa file PDF tidak dapat diedit karena dengan mengconvert ke dokumen lain kemungkinan datanya akan kacau. Namun jangan salah karena saat ini terdapat software PDF reader yang juga dilengkapi fitur editor.
  • Dapat diberi keamanan dengan mensetting password sehingga tidak dapat diedit sembarangan atau bahkan dibuka sekalipun. Gunakan software PDF locker jika tidak dapat dibuka.
  • Tersedia banyak sekali software PDF reader, software untuk melakukan konversi dari teks ataupun gambar dan software untuk melakukan editor (baik secara aplikasi ataupun online). Ketersediaan software yang sangat beragam ini menjadi indikasi ketenaran format PDF hingga saat ini.
Demikian penjelasan mengenai pengertian format PDF, fungsi dan kelebihannya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.
(Diambil dari berbagai sumber).









Related Posts

Pengertian Format PDF, Fungsi, dan Kelebihannya (Lengkap)
4/ 5
Oleh