asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian HDD Docking Station, Fungsi dan Penjelasannya-Perkembangan teknologi komputer memang sangat pesat sekali, banyak inovasi-inovasi terbaru yang menghasilkan manfaat bagi penggunanya. Termasuk juga pada teknologi hardisk, adanya teknologi HDD Docking Station membuat kita semakin mudah mengakses penyimpanan data (Dalam hal ini hardisk) tanpa perlu memiliki sebuah komputer atau laptop.

Pengertian HDD Docking Station, Fungsi dan Penjelasannya

Apa itu HDD docking station?, pada artikel kali ini admin forum komputer akan menjelaskan secara lengkap pengertian hardisk docking station, dan fungsinya, berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian HDD Docking Station.
HDD Docking Station adalah sebuah alat untuk menempatkan sebuah hardisk internal. Sehingga tanpa perlu memiliki sebuah PC, sobat dapat menggunakan hardisk tersebut agar terhubung dengan perangkat lainnya yang membutuhkan akses atau pembacaan file yang tersimpan didalam hardisk internal tersebut.

Fungsi HDD Docking Station.
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan fungsi dari HDD docking station adalah alat untuk menampatkan hadisk internat agar dapat terhubung dengan perangkat lainnya.

Docking Station ini mendukung hardisk SATA konvensional maupun SSD, baik yang berukuran 3.5 inch ataupun 2.5 inch. Untuk menggunakannya sobat tinggal tancapkan saja hardisk / SSD di slot yang tersedia. Lalu di bagian belakang, atur mode ke PC untuk akses sebagai hardisk eksternal, pastikan kabel USB sudah terhubung ke PC, dan setelah itu sobat tinggal nyalakan saja. Kedua hardisk akan langsung terdeteksi dan bisa diakses layaknya hardisk eksternal. sobat bisa menggunakannya di Mac, Windows, ataupun Linux tanpa memerlukan instalasi driver tambahan.

Fitur HDD Docking memberikan kemudahan dalam melakukan file-sharing dengan menggunakan hard disk internal. Sobat dapat mengaktifkan fitur HOT-SWAP dengan cara mengubah settingan SATA port dari IDE menjadi AHCI. Dengan aktifnya fitur HOT-SWAP ini, sobat dapat memasang dan melepaskan harddisk seperti layaknya USB flash drive/harddisk eksternal biasanya.

Keistimewaan HDD Docking ialah  hot plugin (Boleh digunakan tanpa direstart atau setting) dimana apabila  sudah berada di dalam sistem operasi (OS) seperti Windows,  hanya perlu pasang Hard Disk tersebut pada docking. Dapat juga digunakan untuk menghubungkan komputer/HTPC/high-definition dll pemain untuk menikmati film definisi tinggi, sobat juga bisa meletakkannya di samping komputer untuk menikmati transfer data yang cepat / backup.

Demikian penjelasan mengenai pengertian HDD docking station, fungsi dan penjelasannya. Jika ada pertanyaan silahkan sampikan dikolom komentar.

Loading...