Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Kegunaannya

Pengertian Driver, Fungsi dan Kegunaannya-Perangkat komputer terdiri dari hardware dan juga software. Agar antara hardware komputer dan juga software bisa saling terhubung maka dibutuhkan driver, driver inilah yang menjadi perantara atau penghubung antara software dan juga hardware. 

Lantas apa saja sih fungsi dari driver dan juga pengertian driver komputer secara lengkap?, Sobat forum komputer tak perlu binggung karena pada artikel kali ini admin akan menjelaskan mengenai Pengertian driver, fungsi dan juga kegunaannya, berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Kegunaannya

Pengertian Driver Komputer.
Menurut Wikipedia adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Jadi driver merupakan sebuah software yang memiliki fungsi yang berbeda pada umumnya.

Penjelasan mudahnya : karena setiap alat digunakan dengan cara yang berbeda, driver didunia nyata sama seperti buku manual yang berisi panduan bagaimana suatu alat digunakan dan harus dipelajari oleh otak manusia agar bisa menggunakan alat tersebut. Sekali lagi manusia bisa belajar sendiri, sedangkan komputer tidak, jadi agar sistem operasi bisa mengontrol alat yang baru dipasang ke komputer (Seperti printer, scanner, VGA, mouse, keyboard) harus diinstall driver-driver terlebih dahulu. Untuk perangkat umum seperti mouse dan keyboard telah disertakan driver di dalam sistem operasi sehingga kita tidak perlu menginstall secara manual, dan untuk perangkat khusus seperti VGA printer dll, biasanya kita harus menginstal manual driver tersebut yang bisa kita download di website resmi vendor.

Fungsi Driver Komputer.
Meskipun driver adalah software tapi driver memiliki fungsi khusus atau tersendiri yang berkaitan dnegan hardware komputer dan juga sistem operasi, Fungsi driver adalah sebagai panduan atau pengendali agar komputer dapat mengenali serta menjalankan perangkat hardware yang sudah terpasang sebelumnya.

Jadi bila kita instal driver audio, maka sama artinya kita memasukkan buku panduan penggunaan audio ke komputer. Sehingga komputer bisa menjalankan audio yang terpasang. Begitu juga bila sobat instal Driver VGA, itu sama artinya kamu memasukkan buku panduan penggunaan VGA ke komputer. Dari situ bisa kita kelompokkan, bahwa fungsi driver terdiri dari dua hal :
  • Pertama adalah untuk menghubungkan Hardware dengan komputer.
  • Kedua adalah untuk mengenalkan hardware yang terpasang di komputer agar komputer bisa menjalankan hardware yang baru terpasang.

Software untuk menginstal driver.
Saat sobat membeli sebuah laptop atau perangkat hardware komputer tentunya telah disediakan juga driver dari laptop atau hardware tersebut, namun jika driver yang sobat miliki hilang atau sudah tidak bisa digunakan lagi maka diciptakanlah software untuk menginstal driver.

Software untuk menginstal driver sangat berguna sekali, apalagi bagi seorang teknisi komputer, tentunya software untuk menginstal driver adalah sebuah software yang wajib dimiliki. Saat ini ada berbagai software untuk menginstal driver, antara lain :

1. DriverPack Solution.
Yang pertama adalah suatu software bernama Driver Pack Solution. Sesuai namanya software buatan Artur Kuzyakov beserta timnya ini menjadi solusi terbaik untuk anda yang menginginkan adanya software driver pack terbaik.

Setelah terpasang software ini akan langsung menganalisa komputer anda dan langsung memberi opsi driver terbaik sesuai kebutuhan. Dengan adanya database driver yang unik serta kemampuan Machine Learning yang mampu menginstall driver secara otomatis, tentunya menjadi alasan yang kuat untuk memilih software Driver Pack Solution ini.

2. 3DChip.
3Dchip merupakan sebuah software untuk menginstal driver komputer maupun laptop, software ini memiliki ukuran atau kapasitas yang cukup kecil. Tapi untuk bisa menggunakan software 3DChip ini, komputer atau laptop sobat harus terhubung keinternet karena software 3DChip akan secara otomatis mendeteksi driver mana yang belum terinstal dan akan secara otomatis pula memberikan list download driver yang tidak ada atau tidak terdeteksi oleh software 3DChip. Penjelasan selengkapnya mengenai cara instal driver menggunakan software 3DChip silahkan baca artikel berikut ini : Cara UPdate dan Instal Driver menggunakan Aplikasi 3DChip.

3. Driver Booster.
Software berikutnya selain mampu mengupdate driver juga dapat lebih meningkatkan performa hardware pada komputer anda. Nama software ini adalah Driver Booster dan menjadi solusi terbaik bagi anda khususnya pecinta game karena performa spesialnya. Dengan Driver Booster ini anda dapat melakukan Tweaking untuk keperluan game anda, selain itu kemampuan updater-nya juga cukup aman karena secara otomatis menginstall driver terbaru dan uninstall driver lama.

4. DriverMax.
Software driver pack yang satu ini memang tergolong sederhana namun mampu memberikan performa maksimal dengan selalu mengupgrade driver – driver yang ada pada komputer anda. Dengan menggunakan DriverMax anda tidak perlu repot – repot mencari driver satu persatu karena hal itu sudah menjadi bagian tugasnya untuk kemudian diinstall.

5. Driver Easy.
Sesuai dengan namanya, Driver Easy ini mampu memberikan kemudahan bagi anda untuk mengelola serta mengupdate driver – driver yang ada di komputer. Dengan kemampuan Scan and Update layaknya antivirus namun pada Driver Easy ini Scan dilakukan untuk menampilkan driver – driver yang perlu update.

Demikian penjelasan mengenai pengertian driver dan fungsinya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.




Related Posts

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Kegunaannya
4/ 5
Oleh