asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites-Mendengar kata kata website mungkin yang terbayang adalah kode-kode pemrograman rumit atau setidaknya script/bahasa pada sisi front-end seperti java script, html, css atau sql untuk database, intinya membuat sebuah website tidaklah mudah. Namun dengan google sites, sobat dapat membuat sebuah website dengan sangat mudah dan cepat tanpa memerlukan ketrampilan teknis yang disebutkan diatas.

Apa itu Google Sites?. 
Google sites adalah salah satu produk Alphabet Inc(Anak perusahaan Google), walaupun tidak sepopuler produk google lainnya seperti Gmail, Search engine Google dan juga Google Docs. Google sites sendiri bukannya produk baru karena telah dirilis pada tahun 2008, selama itu tidak ada perubahan pada google sites sampai november 2016 saat Google memperkenalkan hasil rebuild google sites. Beberapa perubahan yang signifikan adalah sebagai berikut.
  • User Interface, mendukung tampilan website yang responsif sehingga terlilhat lebih bersahabat diberbagai perangkat komputer (PC, laptop, smartphone, dll) yang memiliki ukuran yang berbeda-beda.
  • Google Analitics, Google sites kini mendukung google analistics sehingga memudahkan sobat dalam mengalistic website.
  • Setiap user dapat mengedit secara bersamaan untuk memudahkan kolaborasi.

Langkah langkah membuat website melalui Google Sites.
Setelah memahami apa itu  Google sites, kini saatnya membuat website pertama sobat menggunakan Google Sites, berikut penjelasan selengkapnya.

Pertama buka browser sobat, kemudian akses https://sites.google.com/new, dan sobat akan diminta untuk memasukkan username dan password jika belum tercatat login, tampilan awal google sites terlihat seperti gambar dibawah ini.

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites

Klik tombol (+) yang ada dipojok kanan bawah untuk memulai membuat website baru.

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites


Terlihat halaman website disebelah kiri dan panel menu disebelah kanan yang berisi tab Insert, Pages, dan Theme. Insert memungkinkan sobat menambahkan element-element ke website, yang tersedia antara lain :
  • Text Box.
  • Images.
  • Embed URL.
  • File Upload.
  • Youtube.
  • Map, dan lain lain.
Sobat dapat bereksperimen dengan menggnati teks, menambahkan berbagai elemen, mengganti theme dan tool lainnya yang terdapat disebelah kanan.

Publish.
Setelah website sobat siap, sobat dapat mem-publish website tersebut dengan mengklik tombol Publish (Sebelah kanan icon Add Editors). Sobat akan diminta menuliskan nama website dengan format site.google.com/view/nama-website-sobat.

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites

Sebagai contoh, jika nama website adalah forum-komputer, maka URL lengkapnya adalah https://sites.google.com/view/forum-komputer.

Pages.
Sejauh ini halaman utama telah dibuat tanpa kesulitan. Berikutnya bagaimana membuat sub-page atau halaman-halaman lainnya? Lazimnya, sebuah website memiliki menu-menu yang mewakili halaman tertentu seperti menu Contact Us, About Us, Product, dan seterusnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Pilih tab pages pada panel kanan, klik icon Add Pages pada bagian bawah dan tambahkan halaman-halaman yang sobat inginkan.

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites


Masing-masing halaman yang telah dibuat akan tampil sebagai menu pada halaman website, owner maupun editor dapat menambahkan konten pada tiap halaman tersebut. Contoh halaman Know How seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites


Theme.
Terdapat satu tab lagi pada panel kanan yaitu Theme. Sesuai namanya, theme digunakan untuk menentukan tema halaman, mencakup background, jenis front, dan layout secara keseluruhan. Terdapat beberapa nama theme yang dapat dipilih antara lain Simple, Aristotle, Diplomat, Vision dan seterusnya (Lihat gambar dibawah ini).

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites


Menambahkan Elemen.
Secara keseluruhan, interface google sites sangat interaktif dan user friendly. Apa yang sobat ubah langsung terlihat hasilnya, contohnya saat mengubah theme. Demikian juga saat menambahkan elemen-elemen seperti gambar dan teks, semua dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Contohnya untuk menambahkan gambar tertentu pada sebuah halaman, sobat cukup memilih tab Insert pada panel kanan, lalu pilih icon images.

Sobat dapat meng-upload gambar dari komputer, memasukkan URL gambar, atau mengambil dari album gambar maupun google drive, bahkan sobat dapat mencari gambar melalui search engine google yang terintegrasi dengan google sites.

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites

Jika sobat telah memiliki konten dalam bentuk google docs, sheets, slides, dan seterusnya, maka konten tersebut pun dapat di-drag and drop ke halaman website. Pada gambar dibawah ini memperilhatkan konten google docs dimasukkan ke dalam  halaman website.

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis Di Google Sites

Untuk mendapatkan trafik dari search engine tentunya website sobat perlu diindex atau didaftarkan ke google webmaster tool dan juga google analistik, untuk penjelasan mengenai apa itu web master tools dan google analistik bisa dibaca pada blog-blog yang membahas nice blogger, dan pembahasan mengenai cara membuat website di google sites hanya sampai pada mempublish nya saja.

 Demikian penjelasan mengenai cara membuat website gratis di google sites, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Sumber majalah PC media.








Loading...