asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Menyelami Dunia Darknet, Sisi Gelap Dunia Internet-Pada artikel sebelumnya, admin forkom telah membahas mengenai deepweb dan sedikit penjebaran mengenai darknet, buat sobat yang ingin membacanya silahkan klik link berikut ini Mengenal Deepweb, Sisi Gelap Dunia Internet.

Pada artikel kali ini, admin akan menjelaskan lebih spesifik dan jelas lagi mengenai apa itu darknet, bahaya dan nilai positif yang didapat darknet.

Apa itu deepweb, darknet dan apa saja yang dapat ditemukan disana? Istilah deepweb sering kali disamakan dengan darknet. Meskipun keduanya memiliki kesamaan namun kedua istilah tersebut tidaklah memiliki pengertian yang sama, terdapat perbedaan yang jelas antara deepweb dan darknet.

Menyelami Dunia Darknet, Sisi Gelap Dunia Internet

Perbedaan antara deepweb dan darknet.
Istilah deepweb pada dasarnya menggambarkan semua halaman web, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak terakses oleh mesin pencari seperti google dan bing. Deepweb menggunakan protokol standart seperti http/https sehingga sobat dapat menemukan deepweb dengan menggunakan browser umum seperti chrome, mozilla dan edge.

Mirip dengan deepweb, darknet juga meliputi semua halaman web, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak terakses oleh mesin pencari. Berbeda dengan deepweb, sobat memerlukan aplikasi khusus seperti TOR browser untuk mengakses darknet.

Baik deepweb maupun darknet sering kali disalahgunakan untuk aktifitas ilegal seperti mendistribusikan barang dan jasa terlarang. Sobat dapat membeli obat-obatan terlarang, sejata api, dan malware di deepweb maupun di darknet, bahkan layanan perusak pun tersedia.

Kelebihan yang ditawarkan oleh darknet yaitu memberikan anonimitas yang lebih dibandingkan deepweb sehingga darkweb lebih populer diantara para penjehat cyber. darknet sendiri dilindungi oleh jaringan Tor yang terhubung melalui banyak simpul dan enkripsi, namun informasi yang bocor mengidentifikasikan badan intelejen Amerika yaitu NSA mungkin memiliki metode untuk melacak pengguna Tor.

Mengeksplorasi Darknet.
Kesan pertama yang sobat dapatkan ketika mengunjungi darknet untuk pertama kalinya adalah susahnya menelusuri website seperti pada umumnya karena website tidak terindeks serta alamatnya lebih susah untuk diingat.

Di Darknet, sobat tidak dapat cukup mengetikkan alamat website seperti "forumkomputer.com", melainkan sobat harus mengingat dan mengetikkan alamat url yang lebih panjang dan kompleks untuk mengakses website yang ingin sobat kunjungi. Sebagai contoh, jika sobat ingin mengakses "Hidden Wiki" pada darknet maka harus mengetikkan secara manual "kpvz7ki2v5agwt35.onion" untuk membuka website tersebut. Bila sobat mengingat awal hadirnya internet sebelum halaman website terindeks maka inilah pengalaman serupa tersebut.

Menyelami Dunia Darknet, Sisi Gelap Dunia Internet

Sobat dapat menemukan beberapa mesin pencari  pada darknet yang akan memberikan hasil pencarian yang mungkin relevan dengan apa yang dicari meskipun hasil pencarian tidak akan seperti yang sobat cari menggunakan google atau bing. Layanan "Hidden Wiki" sendiri dapat membantu karena menyediakan daftar layanan tersedia yang  terdapat didarknet disusun berdasarkan kategory.

Legal atau Ilegal ?.
Meskipun sobat dapat menemukan hal ilegal didarknet seperti senjata api, porno, aplikasi bajakan, dan obat-obatan terlarang namun tidak semua yang terdapat di darknet bersifat ilegal. Ide dibalik pembuatan darknet adalah menyediakan akses untuk mendapatkan informasi dengan menjaga privasi serta menghindari penyensoran.

Sobat dapat menemukan kontel legal seperti karya seni, buku, foto, dan video dimana mungkin disensor atau diblok oleh kebijakan pemerintah tertentu. Darknet juga menyediakan jalur komunikasi yang aman saat orang melakukan aksi protes, pelapr pelanggaran atau wartawan yang sedang menginvestigasi sesuatu.

Menyelami Dunia Darknet, Sisi Gelap Dunia Internet

Ketika mengeksplorasi darknet, perlu diingat kembali jika darknet merupakan suatu tempat tanpa aturan. Tidak ada jaminan keamanan atau terkirim mengenai apa yang sobat beli atau download. Tingkat penipuan sangatlah tinggi, sobat juga dapat mendownload konten atau membeli barang dengan mudah yang mungkin terlarang dan melanggar hukum dinegara kita, malware juga terdapat pada darknet sehingga pastikan sobat menggunakan antivirus untuk dapat melindungi diri dari ancaman malware.

darknet dapat diibaratkan seperti lingkungan yang buruk didunia nyata dimana cenderung terdapat para penjahat. Mungkin sajaada orang baik didalam lingkungan yang buruk namun kemungkinan sobat terlibat aktifitas berbahaya akan lebih tinggi saat menjelajahi darknet, jadi jik asobat memutuskan untuk menyelami darknet, mohon berhati-hatilah.

Kesimpulan.
darknet dapat dibilang sebagai sisi baru internet yang lebih bebas namun mayoritas pengguna internet belum menyadari akan adanya hal tersebut.

Mungkin saat ini darknet hanya menjadi dinikmati oleh komunitas kecil untuk tujuan tertentu, bisa saja itu cenderung ke jual beli barang ilegal. Yang pasti, konsep website yang memiliki url panjang dan belum ada mesin pencari seperti google yang melakukan crawling membuat kesan darknet sebagai sesuatu yang penuh dengan misteri.

Jika sobat melihat pembuatan ransomware yang umumnya selalu menyediakan halaman pembayaran kepad akorban yang terinveksi ransomware, maka url halaman tersebut berupa bagian dari darknet. Seiring perkembangan teknologi, penjahat cyber berinovsi dalam melakukan bisnis kriminal, salah satunya yaitu dengan menggunakan darknet, bahkan tidak mungkin jika konsep darknet memang ditujukan untuk mempermudah proses kejahatan cyber.

darknet dapat diibaratkan seperti bitcoin, yaitu sama-sama tidak dapat diketahui oleh pihak umum. Oleh sebab itu, keduanya cenderung dimanfaatkan untuk hal yang bersifat ilegal. Tentu saja tidak ada yang 100% aman, termasuk penjahat cyber yang bersembunyi dibalik darknet ataupun bitcoin.

Hal teraman dalam beraktifitas internet baik di deepweb maupun darknet yaitu tidak melakukan kegiatan ilegal atau paling tidak jangan mengekspos identitas asli jika sobat berbuat nakal.

Sumber gambar dan informasi  Majalah Pc Media tahun 2017























































Loading...