Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Mau booting dan Tampil di Layar Monitor

Cara Mengatasi Komputer Mau Hidup Tapi Tidak Mau booting-Masalah Masalah yang ada pada perangkat komputer atau laptop memang sangat beragam, satu masalah pada komputer bisa disebabkan oleh banyak faktor, oleh karena itu sebagai calon teknisi komputer atau buat sobat yang ingin bergelut dalam dunia komputer perlu memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengidentifikasi sebuah kerusakan pada komputer atau laptop.

Salah satu masalah yang ada pada komputer atau laptop yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah komputer yang mau menyala akan tetapi tidak mau booting ke sistem operasi, dengan kondisi masalah seperti itu banyak faktor yang menyebabkan kerusakan tersebut. Faktor-faktor tersebut akan admin bahas satu-per-satu secara detail agar sobat dapat mempraktekkannya langsung, berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab dan cara mengatasi komputer yang mau hidup tapi tidak mau booting ke sistem operasi.

1. Permasalahan Pada Momory RAM.
Penyebab pertama dari permasalah komputer yang menyala tapi tidak tampil dilayar monitor adalah pada komponen RAM, komponen ram sangat sensitif sekali dengan debu, korosi, ataupun cacat fisik.
Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Mau booting dan Tampil di Layar Monitor
Selain debu atau korosi, pemasangan ram yang tidak benar atau belum benar juga menyebabkan komputer mau menyala tapi tidak mau booting, pastikan juga slot ram atau tempat dudukan ram tidak bemasalah seperti kotor karena debu atau memang sudah rusak, untuk penjelasan selengkapnya mengenai kerusakan pada ram silahkan baca artikel berikut ini.
Ciri-ciri RAM komputer atau laptop Rusak.
Penyebab dan cara mengatasi ram komputer atau laptop yang rusak.

2. Permasalahan pada Power supply/PSU.
Power supply komputer merupakan jantungnya sebuah komputer, maka jika power supply bermasalah pasti akan berakibat pada komponen lainnya, salah satu ciri ciri dari power supply yang bermasalah adalah komputer yang mau menyala akan tetapi tidak mau booting dan tidak tampil dilayar monitor.
Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Mau booting dan Tampil di Layar Monitor

Masalah pada power supply biasanya karena arus yang keluar dari power supply tidak stabil sehingga distribusi arus listrik ke komponen komputer lainnya menjadi terganggu. Tidak stabilnya arus listrik yang keluar pada power supply bisa disebabkan oleh bocornya elco atau kapasitor (dalam istilah saya kapasitor hamil). Selain elco atau kapasitor yang bocor, kurangnya atau tidak stabilnya arus listrik dari PLN bisa menjadi penyebabnya juga. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai keruskan pada power supply silahkan baca artikel berikut ini.
Ciri ciri power supply komputer rusak.
Cara cek kerusakan power supply komputer.

3. Kerusakan pada kabel VGA.
VGA adalah komponen yang bertanggung jawab dalam visualisasi komputer. Jadi, kalau VGA pada PC bermasalah, maka dampaknya akan terasa hingga monitor hingga tak mau menyala. Hal pertama yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor ialah mengganti kabel VGA, sebab bisa saja kabel VGA sudah rusak. Cara kedua yang dapat diambil adalah memakai VGA onboard untuk memastikan kondisi VGA di PC sobat. Metode ketiga adalah mengganti VGA lama dengan yang baru atau pasang ke VGA card lain. Pasalnya, slot AGP pada motherboard yang bermasalah bisa memicu kerusakan.

4. Suhu atau panas.
Komputer yang memiliki temperatur suhu yang cukup tinggi saat beberap menit komputer dinyalakan dapat menyebabkan komputer bermasalah, mungkin awalnya komputer atau lapto psobat akan terlihat baik-baik saja, masih bisa booting dan tampil dilayar monitor tapi setelah beberapa menit digunakan maka komputer akan mati sendiri dan saat dinyalakan kembali akan susah meski mkomputer mau menyala tapi tidak mau tampil atau booting, bahkan kondisi yang paling parah adalah komputer tidak mau menyala sama sekali.

Suhu atau temperatur yang cukup tinggi pada komputer disebabkan oleh debu yang menempel terutama pada HSF atau kipas prosessor. Selain debu, keringnya thermal pasta pada prosessor juga menyebabkan panas yang berlebih pada prosessor itu sendiri. Dan faktor yang menyebabkan temperatur udara atau suhu pada komputer tinggi adalah sirkulasi udara didalam komputer tidak baik, untuk cara cek suhu komputer silahkan baca artikel berikut ini : 2 Cara cek suhu komputer dengan akurat.

5. Kerusakan pada motherboard.
Motherboard atau mainboard merupakan papan induk komputer, tempat dimana komponen-komponen komputer lainnya tersambung, jika motherbaord bermaslah atau rusak maka berakibat pada komputer itu sendiri, salah satu masalah dari motherboard yang rusak adalah komputer mau menyala tetapi tidak bisa booting ke layar monitor.

Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Mau booting dan Tampil di Layar Monitor

Jika sobat belum menguasai ilmu pada komponen motherboard, sebaiknya bawa ke teknisi komputer yang handal jika memang terdapat masalah pada motherboard tapi berdasar pengalaman yang admin miliki jika ada kerusakan pada motherboard sebaiknya ganti motherboard sobat dengan yang baru.

6. Kembalikan settingan BIOS ke Default.
Langkah terakhir yang dapat sobat ambil kalau cara-cara mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor sebelumnya tidak berhasil adalah kembalikan pengaturan atau setting BIOS ke default. Pasalnya, BIOS yang salah dapat memicu gangguan, termasuk monitor komputer yang tidak bisa menampilkan apa pun. Bagaimana caranya?

Untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke default, lepaskan baterai CMOS dan pasang lagi ke PC. Dengan begitu, pengaturan BIOS pada PC sobat akan menjadi default. Namun, sobat harus hati-hati melakukannya supaya komponen PC yang lain tidak mengalami kerusakan.

Demikian penjelasan mengenai Cara mengatasi komputer yang nyala tetapi tidak mau booting dan tampil dilayar monitor, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar.

















Related Posts

Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Mau booting dan Tampil di Layar Monitor
4/ 5
Oleh