Cara Membedakan PSU Pure Watt Dan PSU Palsu Atau Fake Watt

Cara Membedakan PSU Pure Watt Dan PSU Palsu Atau Fake Watt-Sebuah perangkat komputer memiliki banyak sekali komponen komponen didalamnya yang satu dengan lainnya saling berkaitan, salah satu perangkat atau komponen komputer yang cukup penting adalah Power Supply Unit atau yang biasa dikenal dengan PSU.

Kenapa power supply sangat penting fungsinya?, Karena power supply komputer merupakan jantung komputer, dari power supply lah arus listrik dari PLN didistribusikan atau dibagi-bagi keseluruh komponen yang ada didalam perangkat komputer. Selain itu, power supply komputer juga berfungsi untuk mengubah arus AC ke DC, umumnya voltase yang dikeluarkan power supply adalah +3,3Volt, +5 Volt, +12 Volt, -5 Volt, -12 Volt, dan + 5 Volt Stand-By. Penjelasan mengenai komponen-komponen komputer bisa dibaca pada artikel berikut ini : Komponen-Komponen Power Supply Komputer.

Jika komponen power supply mengalami masalah maka akan bermasalah juga untuk komponen-komponen komputer lainnya. Berdasarkan pengalaman saya, komputer yang tidak mau menyala sama sekali, komputer yang menyala terus mati lagi, atau menyala hanya pada CPU tapi tidak menampilkan apa-apa pada layar monitor sering disebabkan oleh komponen yang bernama power supply.

Sering kali kita mengabaikan komponen PSU ini karena setiap kita membeli casing komputer yang baru pun sudah terbundle dengan komponen power supply didalamnya serta dengan daya yang macam-macam misalnya 350 Watt, 450 Watt, 500 Watt. Tapi apakah power supply yang sudah terbundle dengan casing komputer yang umumnya memiliki harga yang murah itu layak untuk digunakan?.

Untuk sobat yang menggunakan komputer untuk kebutuhan gaming atau desain grafis yang membutuhkan arus listrik yang stabil, sebaiknya ganti komponen power supply sobat dengan power supply yang berkualitas atau biasa disebut dengan PSU Pure Watt, karena jika sobat masih menggunakan power supply bawaan dari casing komputer untuk mensupply arus listrik untuk komputer dengan  spesifikasi high end  maka akan berakibat fatal pada komponen-komponen komputer seperti mainboard, VGA, Hardisk dan lainnya. Untuk cara cek kerusakan power supply bisa dibaca pada artikel berikut ini : Cara Cek Kerusakan Komponen Power Supply Komputer.

Lantas bagaimana cara membedakan power supply yang pure watt dan fake watt atau PSU abal-abal?, Untuk membedakannya, sobat bisa baca ulasan berikut mengenai cara membedakan PSU Pure watt dan PSU Fake Watt.

Cara Mengetahui PSU Pure Watt dengan PSU Fake Watt.

Memiliki Teknologi Kelistrikan.
Power supply dengan kualiats baik akan memiliki teknologi kelistrikan terkini, diantaranya sebagai berikut : 
  •  Active PFC (Power Factor Correction), yaitu rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien komsumsi daya listrik.
  • Over Voltage Protection, yaitu kemampuan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik yang tiba-tiba.
  • Continuous Output, yaitu kemampuan power supply untuk memberikan daya setiap saat dibutuhkan.
  • Sertifikasi 80 Plus, dimana setiap power yang memiliki tingkat efisiensi mengkonversi listrik AC ke power DC lebih besar dari 80%.
  • 90% plus, yaitu PSU yang mampu melewati efisiensi 90% lebih, dalam mengkonversi energi AC ke DC.
  • SLI ready/ATi cross fireX, berarti power supply ini sudah siap untuk teknologi Multi GPU. Jangan tertipu tulisan dalam kemasan PSU yang memasang logo ini, karena PSU yang memakai teknologi ini hanya PSU kelas atas seperti, Corsair, Silverstone, Tagan, Enlight, yang memiliki daya diatas 500watt.
  • ROHS(reduction of hazardous substances), yaitu teknologi ramah lingkungan yang meminimalisir panas berlebih atau material berbahaya.
Memiliki harga yang mahal.
Istilah jawa "Ono rega ono rupa" atau ada harga ada rupa ini berlaku untuk power supply karena rata-rata untuk power supply yang Pure Watt memiliki harga yang cukup mahal, tapi sangat berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan oleh power supply tersebut, jadi sobat jangan ragu untuk membeli power supply yang mahal demi menjaga kelangsungan hidup komponen-komponen komputer lainnya.

Memiliki UL Number.

UL number merupakan tanda produsen sebuah power supply. Dengan mengetahui identitas produsen/pabrik power supply tersebut kita dapat mengetahui apakah kualifikasi produknya telah bersertifikasi internasional. UL Number ini dapat di cek secara online lewat situs : http://www.ul.com/database/

Cara Membedakan PSU Pure Watt Dan PSU Palsu Atau Fake Watt


Memiliki label spesifikasi voltase dan ampere yang digunakan, melekat di body power supply.

Cara Membedakan PSU Pure Watt Dan PSU Palsu Atau Fake Watt


Jika kita mengukur dengan Voltmeter atau Ampere meter, spesifikasi yang ada pada label tersebut sama persis atau beda tipis dengan yang hasil pengukuran yang tertera dari pabrik.

Ukuran Berat PSU.
Berat power supply pure lebih dari power supply fake. Bobot komponen pada PSU pure watt memiliki kualitas yang bagus seperti pada casing, kapasitor, transistor, bahkan kabel-kabelnya yang menyebabkan bobotnya bertambah.

Cara Membedakan PSU Pure Watt Dan PSU Palsu Atau Fake Watt

Secara fisik, bobot power supply yang baik lebih berat dari yang biaa saja. Hal ini disebabkan karena power supply yang bagus menggunakan bahan – bahan terpilih, misalnya kabel-kabelnya memiliki serat tembaga yang lebih tebal, kapasitor yang ada didalamnya menggunakan kapasitor yang lebih banyak jumlahnya, dan lilitan kabel pada kumparan-kumparannya pun lebih banyak. Selain itu, power supply yang bagus, biasanya menggunakan kabel berlapis yang sering disebut dengan cable sleeving (seperti jaring).


Demikian penjelasan mengenai cara membedakan power supply pure watt dengan power supply fake watt atau palsu, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Cara Membedakan PSU Pure Watt Dan PSU Palsu Atau Fake Watt
4/ 5
Oleh