Dampak Positif Internet Bagi Anak Usia di Bawah Umur

Dampak Positif Internet Bagi Anak Usia di Bawah Umur-Perkembangan dunia maya atau dunia internet sungguh sangat pesat sekali. Dengan adanya internet, kita bisa mengakses informasi yang kita butuhkan lewat dunia maya tanpa perlu lagi membuka-buka buku atau kamus dan sebagainya.

Dampak Positif Internet Bagi Anak Usia di Bawah Umur

Perkembangan internet tentunya membawa dampak positif maupun negatif buat kita, mungkin kita orang dewasa yang mengkases internet bisa memilah antara hal yang postif ataupun hal yang negatifnya, tapi jika anak-anak dibawah umur yang mengakses internet tanpa sepengathuan atau pengawasan orang tua bisa mempengaruhi psikologis dari si anak tersebut, pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai dampak negatif internet bagi anak usia dibawah umur, buat sobat yang ingin membacanya silahkan klik Disini.

Selain dampak negatif yang membahayakan anak-anak usia dibawah umur, tentunya pengaruh internet bagi anak dibawah umur juga membawa dampak positif bagi anak jika para orang tua mampu mengawasi dan mengarahkan anak kita saat bermain atau berselancar didunia maya. Apa saja dampak positif internet bagi anak usia dini ?, Berikut penjelasan selengkapnya.

Dampak Positif Internet Bagi Anak Usia di Bawah Umur.
  • Menumbuhkan Daya Kreativitas Anak.

Ketika anak mengakses internet, anak tersebut akan melihat banyak hal yang menabjukan dan luar biasa. kondisi tersebut akan memunculkan kemampuan berpikir kritis sehingga muncul daya kreativitas dalam dari anak. juga dengan banyak duduk untuk mengakses internet, maka anak akan memiliki koordinasi yang baik antara mata, otak, dan tangan.
  • Mengasah Kemampuan Non Verbal Anak

Dampak positif internet bagi anak juga akan membantu dalam mengasah kemampuan non verbal anak karena dalam mengakses internet kebanyakan menggunakan simbol-simbol dalam pengopersiaanya. jadi anak akan banyak belajar bahasa-bahasa non verbal ketika sedang mengakses internet.
  • Sumber Belajar Bagi Anak.

Salah satu dampak positif bagi anak adalah sebagai sumber belajar, kemudahan mendapatkan informasi dan pelajaran melalui internet membuat anak lebih mudah dalam belajar. selain itu untuk mengakses internet tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, jadi seorang kapan saja bisa mengakses internet jika mau mencari informasi dan refrensi dalam mengerjakan tugas.
  • Anak Lebih Peka terhadap Kemajuan Teknlogi.

Internet adalah salah satu hasil dari kemajuan teknologi, anak yang sudah bisa mengakses internet secara tidak langsung merasakan kecanggihan teknologi dampak positifnya anak akan memiliki pola pikir yang terbuka tentang manfaat-manfaat teknologi bagi manusia khusunya internet.
  • Media Bersosialisasi Anak.

selain orang dewasa tak jarang juga telah memiliki jejaring sosial seperti fb, twitter, instagram, dan lain-lain melalui keaktifan dimedia sosial anak-anak akan belajar bagaimana bersosialisasi yang baik melalui dunia maya.
  • Sebagai Sarana Hiburan Bagi Anak.

Dampak positif lain internet bagi anak adalah sebagai sarana hiburan, karena seperti yang kita ketahui ada banyak fitur atau item dalam internet yang bisa diakses oleh anak seperti main games, tebak-tebakan dll.

Buat para orang tua yang merasa resah dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, jangan perlu khawatir jika anak-anak bapak atau ibu yang dibawah umur mengakses dunia internet. Memang tak dapat dipungkiri, dunia internet juga membawa sisi negatif yang berbahaya bagi anak usia dini, tapi jika para orang tua mengawasi, mengontrol dan mengarahkan dengan benar tentang dunia maya, bukan hal yang mustahil jika dari internetlah bisa tercipta sesuatu yang berguna buat anak-anak bapak dan ibu sekalian. 

Demikian penjelasan mengenai dampak positif internet bagi anak usia dibawah umur, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.















Related Posts

Dampak Positif Internet Bagi Anak Usia di Bawah Umur
4/ 5
Oleh