Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD

Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD-Sebuah video memiliki bermacam-macam kualitas, mulai dari 3gp hingga video yang memiliki kualitas HD. Buat sobat yang sering nonton film atau video pasti merasa sangat tidak enak nonton film dengan kualitas video yang jelek dan memiliki resolusi yang kecil. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk meningkatkan kualitas video menjadi kualitas video yang terbaik agar enak saat ditonton.

Dari banyaknya cara untuk meningkatkan kualias video yang kita miliki, kali ini admin akan share satu cara atau tutorial meningkatkan kualitas video menjadi HD, dan buat sobat yang belum paham tentang istilah HD, admin akan menjelaskan sedikit mengenai video dengan kualitas HD.

HD merupakan singkatan dari High Definition, ini merupakan kategori dari kualitas suatu konten video ataupun foto. HD sendiri memiliki ukuran piksel mulai dari 1280 x 720 pixel. Yang artinya sudah cukup tajam untuk ditampilkan pada media monitor komputer, laptop ataupun smartphone. Semakin tinggi angka pixel tersebut, akan berpengaruh pada ketajaman konten yang ditampilkan, dan juga akan berpengaruh pada besarnya size pada file tersebut.

Bagaimana cara meningkatkan kualitas video menjadi HD?, Untuk meningkatkan kualitas video menjadi HD, kali ini admin menggunakan aplikasi gratisan yang cukup ampuh yaitu aplikasi Xilisoft Video Converter. Buat sobat yang belum memiliki aplikasi tersebut, sobat dapat mendapatkannya secara gratis Disini.

Cara meningkatkan kualitas video menjadi HD menggunakan aplikasi Xilisoft Video Converter.

Buka aplikasi yang telah didownload tadi.
Klik Add kemudian pilih Video yang akan diubah Kualitasnya.

Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD

Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD

Pada Menu Profile, sobat dapat mengganti Format Video tersebut, supaya lebih baik, admin rekomendasikan ubah menjadi H.264 atau mkv.

Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD
Lalu pada Tab Profile kanan atas, sobat bisa mengganti Kualitas yang sobat inginkan, bukan hanya Kualitas saja, tapi Size Video serta Audio dapat sobat ubah.

Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD

Klik Start untuk memulai merubah kualitas video dan tunggu sampai proses encodernya selesai!
Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD


Keterangan: Tidak semua Kualitas SD dapat diubah menjadi Super HD, Minimal sobat ubah menjadi Resolusi 720p!

Nah, itu dia sobat. Cara mengganti Kualitas Video menjadi HD. Tetapi tidak semua Video dapat dijadikan HD, itu tergantung dari bagaimana Kualitas sebelumnya. Maksudnya, jika awal Video tersebut hanya 360p, sobat hanya bisa menggantinya ke 480p - 720p. Jika lewat dari itu maka ditengah proses Encoder akan Fail! Meskipun berhasil pun ketika dijalankan maka Video tersebut akan Crash!. Jika ada pertanyaan silahkan sampikan dikolom komentar.

Related Posts

Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Video Menjadi HD
4/ 5
Oleh

2 komentar

Tulis komentar
avatar
July 22, 2019 at 10:48 PM

setelah file tersimpan, durasi awalnya 4.52 detik, terpotong jadi hanya 3 menit saja. kira2 masalahnya apa ya? saya juga udah mencoba fil yang berbeda, teapi hasilnya tetap hanya jadi 3 menit..

Reply
avatar
July 23, 2019 at 4:59 AM

video yang sebelum di rubah kualitasnya itu formatnya apa sob

Reply