asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Aplikasi Screenshot Layar Komputer Terbaik dan Gratis-Bagi pengguna komputer, tool capture atau screenshot layar wajib ada, bahkan keyboard standart memiliki tombol Print Screen. Salah satu fungsinya memang untuk bukti, misalnya screenshot hasil transaksi. Pada smartphone pun tidak lepas dari fitur ini, mengingat semakin banyak aktifitas yang dilakukan melalui smartphone.

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer

Selain sebagai bukti transaksi, masih banyak lagi fungsi lain saat melakukan capture layar komputer atau smartphone misalnya untuk tutorial/step by step, mengambil gambar/tulisan dilayar untuk dibagikan kepada teman dan sederet keperluan lainnya.

Pada artikel kali ini, admin akan membahas mengenai aplikasi dan tool capture terbaik untuk komputer, berikut penjelasan selengkapnya.

Tool bawaan windows.
Tombol print screen pada keyboard tidak bekerja sendirian, sobat harus memiliki image editor untuk menampung hasil screenshot lalu menyimpannya pada sebuah file gambar. Sistem operasi windows (Semua versi) menyediakan aplikasi microsoft paint yang dapat digunakan untuk hal ini. Contohnya, sobat memainkan sebuah game, menekan tombol print screen untuk meng-capture sebuah adegan, membuka aplikasi paint dan melakukan paste (Ctrl+V). Maka hasil dari capture akan terlihat pada paint.

Walaupun merupakan aplikasi sederhana, paint memiliki fitur-fitur dasar editing gambar seperti crop, resize, mendukung format populer (.jpeg, .png, .bmp, dan lain-lain), dan memiliki galery gambar seperti bentuk panah, kotak, oval, dan masih banyak lagi. Contoh tampilan seperti gambar dibawah ini.

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer


Snipping Tool.
Snipping tool merupakan aplikasi bawaan windows yang memang dirancang khusus untuk mempermudah sobat melakukan screenshot. Snipping tool tersedia pada windows vista ke atas. Untuk menjalankan aplikasi snipping tool, ketik "snipping tool" pada kotak pencarian (lihat gambar dibawah ini).

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer

Menggunakan snipping tool sangat mudah. Klik tombol "New" dan sorot area layar yang ingin di capture. Hasil capture akan otomatis tampil pada jendela snipping tool (Lihat gambar dibawah ini).

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer

Gambar yang sobat capture melalui snipping tool tersimpan dalam clipboard sehingga sobat dapat langsung melakukan paste ke jendela lain misalnya ke chat messenger seperti whatsapp versi web atau telegram versi dekstop.

Dibandingkan dengan menggunakan tombol print screen dan aplikasi paint untuk keperluan yang sama, menggunakan aplikasi snipping tool jauh lebih efektif.

Jing.
Salah satu tool capture layar yang powerfull adalah Jing dari techsmith yang dapat didownload di https://www.techsmith.com/download/jing. Berukuran relatif kecil, hanya sekitar 6Mb, Jing merupakan freeware dan mendukung sistem operasi windows dan Mac Os. Techsmith sebagai pembuat jing juga memiliki tool sejenis yaitu Snagit. Namun Snagit merupakan software berbayar dan hanya dapat digunakan gratis selama 15 hari.

Jing juga bisa disebut versi ringan Snagit yang walaupun tidak memiliki beberapa fitur Snagit, namun fungsi utama dan fitur-fitur yang dimilikinya cukup powerfull untuk keperluan capture layar.

Setelah mendownload dan menginstal jing pada komputer sobat, sobat perlu membuat account screencast.com melalui aplikasi Jing. Dengan account ini, sobat akan dapat meng-upload gambar screenshot sobat ke screencast.com, dan sebuah link unik akan otomatis tercipta saat proses upload selesai, sobat tinggal membagikan link tersebut pada orang yang sobat inginkan.

Jing dapat diaktifkan agar terus berada dilayar dekstop pada bagian atas layar, dalam bentuk bulatan yang disebut dengan Jing sun yang menampilkan menu utama yaitu Capture, History, dan More (Untuk melakukan konfigurasi).

Cara penggunaan Jing cukup mudah, jika sobat telah mencoba Snipping tool, maka proses capture Jing tidak jauh berbeda. Sobat cukup memilih capture, lalu sorot area yang ingin dicapture. Secara otomatis area yang sobat capture akan tampil pada jendela aplikasi Jing.

Terdapat menu disebelah kiri yang memudahkan sobat untuk menambahkan tanda panah, teks, frame, highlight, dan pengaturan warna (lihat contoh dibawah ini).

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer

Setelah gambar siap, sobat dapat memilih tombol share via Screencast.com, maka otomatis gambar tersebut akan diupload ke screencast.com yang dapat sobat bagikan ke siapa saja.

Adds-On FireShot.
Terkadang mungkin sobat memerlukan screenshot sebuah website. Masalahnya, seringkali halaman website terlalu panjang secara vertikal sehingga tidak muat ditampilkan seluruhnya pada layar monitor. Sobat perlu scrool down mouse kebawah untuk melihatnya. Ini tentu menyulitkan proses capture, bisa saja sobat melakukan beberapa kali screenshot dengan setiap kali menggeser layar kebawah, namun membayangkan prosesnya saja sudah sangat melelahkan.

Beruntung bahwa browser-browser populer saat ini memiliki plugin untuk mengatasi hal tersebut. Untuk browser Firefox, sobat dapat menggunakan adds-on FireShot (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/fireshot/) Lihat gambar dibawah ini.

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer

Sedangkan untuk pengguna browser google chrome, sobat dapat mencari "Full page Screen Capture" pada shrome web store (lihat gambar dibawah ini.

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer


Mengambil keseluruhan halaman website juga dapat dilakukan dengan bantuan tool online, misalnya https://screenshot.net/. Cukup input URL website, halaman tersebut akan di capture dan hasilnya akan ditampilkan. Selanjutnya sobat dapat menyimpan gambar tersebut ke komputer atau menyimpannya di screenshot.net, Lihat hasil screen capture secara online dibawah ini.

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer

Apowersoft Screen Capture Pro.
Tool capture lainnya adalah Apowersoft Screen Capture di https://www.apowersoft.com/screen-capture-pro. Berukuran sekitar 18.5Mb. Tool ini juga dapat merekam video, namun untuk versi trial dibatasi hanya dapat merekam video selama 3 menit dan memiliki watermark.

Sedikit berbeda dengan tampilan tool capture lain yang rata-rata minimalis, Apowersoft screen capture Pro memiliki jendela interface yang luas yang menampilkan menu-menu utama dan beberapa opsi seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer

Beberapa fitur unik yang tersedia antara lain :

  • Dapat mengatur delay sekian detik sebelum melakukan capture.
  • Memiliki fungsi scheduler sehingga sobat dapat menjadwalkan waktu capture.
  • Capture layar dengan area berbentuk polygon dan free hand.
  • Dapat melakukan capture pada scrool window.
  • Memiliki image editor.
Demikian penjelasan mengenai aplikasi screenshot layar komputer terbaik untuk komputer atau laptop, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.


Sumber majalah PC Media Tahun 2016.

















Loading...