Pengertian Speaker Komputer, Fungsi dan bagian-bagianya

Pengertian Speaker Komputer, Fungsi dan bagian-bagiannya-Perangkat komputer terdiri dari berbagai komponen utama didalam casing komputer itu sendiri dan juga terdiri dari berbagai komponen tambahan atau pelengkap seperti monitor, speaker komputer, printer,mouse, keyboard dan komponen-komponen pelengkap lainnya. Tanpa adanya komponen atau hardware tambahan mungkin sebuah perangkat komputer tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, contohnya tanpa adanya speaker, komputer yang sobat gunakan tidak bisa mengeluarkan bunyi.

Apa itu speaker komputer?, Fungsinya untuk apa dan apa saja bagian bagiannya?

Jika sobat ingin mencari tau tentang pengertian speaker komputer, fungsi dan bagian-bagiannya, pada artikel kali ini admin forum komputer akan membantu sobat dalam memahami lebih jauh tentang speaker komputer. Pada artikel kali ini admin akan menjelaskan secara terperinci, jelas, dan juga detail mengenai pengertian speaker komputer, fungsi dan bagian bagiannya, berikut penjelasan selengkapnya.
Pengertian Speaker Komputer, Fungsi dan bagian-bagianya

Pengertian speaker komputer.
Speaker komputer merupakan perangkat output atau keluaran yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses dari CPU berupa audio atau suara. Speaker akan mengeluarkan suara yang diputar dalam komputer baik itu dari musik player ataupun suara video.

Speaker komputer memiliki bentuk yang sangat beragam, ada yang memiliki ukuran yang kecil, sedang maupun speaker dengan ukuran yang besar. Kekuatan dalam mengeluarkan suarapun tentunya juga berbeda-beda tergantung dari besarnya tegangan yang digunakan.


Fungsi speaker komputer.
Seperti yang telah dijelaskan diatas mengenai fungsi speaker komputer. Secara garis besar, fungsi speaker komputer adalah sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanyadari perangkat penguat audio atau suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio atau suara kemudian dialirkan ke dalam kumpuaran, dalam kumpuaran tadi terjadilah pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik yang diperoleh, maka getaran yang dihasilkan yaitu membran akan mengikuti. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat sobat dengar.

Bagian-bagian speaker komputer.
Perangkat speaker komputer terdiri dari beberapa komponen-komponen atau bagian-bagian yang satu dengan lainnya saling berkaitan, berikut bagian-bagian yang ada pada speaker komputer.
  • Casing atau penutup dari speaker berfungsi untuk melindungi seluruh bagian dalam speaker. Model casing sendiri cukup beraneka ragam, seperti misalnya berbahan kertas, plastik, logam, ataupun bahan campuran yang disebut composite.
  • Sekat rongga (conus). komponen ini berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan oleh gerakan udara di sekitarnya dari pergerakan kumparan. Gelombang tekanan tersebutlah yang sehari-hari kita dengarkan sebagai suara. 
  • Magnet yang komponen speaker yang berfungsi melakukan induksi terhadap membran dan juga untuk menghasilkan medan magnet. 
  • Membran akan  menerima proses induksi dari magnet yang kemudian menghasilkan bunyi yang diakibatkan oleh getarannya (induksi). 
  • Kumparan. Berfungsi mengalirkan energi gerak menuju ke conus atau sekat rongga. Perubahan yang terjadi dalam medan magnet speaker menyebabkan geraknya kumparan yang diakibatkan oleh interaksi antara kumparan dengan medan konstan magnet. 
Demikian penjelasan mengenai pengertian speaker komputer, fungsi dan bagian-bagiannya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.






Related Posts

Pengertian Speaker Komputer, Fungsi dan bagian-bagianya
4/ 5
Oleh