Pengertian RAM, Fungsi, dan Jenis Jenisnya

Pengertian RAM, Fungsi, dan Jenis Jenisnya-Sebuah perangkat komputer atau laptop terdiri dari berbagai komponen yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Setiap komponen komputer memiliki fungsi dan tugas masing masing yang saling berkaitan, salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi cukup vital adalah RAM. RAM merupakan kependekan dari Random Access Memory adalah komponen komputer yang memiliki fisik kotak panjang, dan RAM untuk laptop cenderung lebih pendek daripada RAM komputer.
Pengertian RAM, Fungsi, dan Jenis Jenisnya
Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas secara jelas dan lengkap mengenai komponen RAM. Admin akan menjelaskan secara jelas, lengkap dan detail agar apa yang admin bahas dapat dipahami oleh pembaca blog forum komputer ini, berikut penjelasan mengenai komponen RAM.

Pengertian RAM.
RAM atau Random Access Memory merupakan suatu memory tempat penyimpanan data sementara ketika atau saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Dari segi proses, ram dibedakan antara ram fisik dan ram virtual. Ram fisik yaitu ram yang secara fisik sudah dibenamkan pada PC atau laptop, sedangkan ram virtual merupakan ram yang dibuat oleh user untuk membantu kinerja ram fisik. Ram viirtual memerlukan kapasitas dari hardsik dan dapat diatur besar kecil kapasitasnya sedangkan ram fisik memiliki kapasitas tersendiridan untuk memperbesar kapasitasnya adalah dengan cara mengganti ram yang sudah ada dengan kapasitas yang lebih besar atau menambahkan risik ram yang baru.

RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (Main memory), memori primer (Primary memory), memori internal (Internal memory), penyimpanan utama (Primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.

RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer.



Fungsi RAM.
Fungsi ram secara keseluruhan, kami simpulkan menjadi beberapa fungsi yaitu :

Input Area.
Pertama ram memiliki fungsi sebagai input area, ialah tempat dimana data yang masuk akan ditampung untuk kemudian diolah. Input area merupakan area yang menerima input yang sobat masukkan, misalnya sobat mengetikkan huruf tertentu pada keyboard komputer atau laptop, ataupun juga smartphone, semuanya akan diinput oleh memory RAM.

Program Area.
RAM juga berfungsi sebagai program area. Artinya adalah setiap program yang sobat jalankan akan ditampung oleh ram untuk kemudian digunakan memproses data yang masuk. Ini semacam kelanjutan dari fungsi input area.

Working Area.
Begitu program dibuka dan perintah diiput, maka berikutnya ram akan bekerja sebagai working area atau tempat dimana pengolahan data akan dikerjakan. Jadi semacam gabungan antara input area dan program area.

Output Area.
Setelah input sobat masukkan, program sobat jalankan dan program telah mengolah data yang masuk, maka berikutnya RAM akan menampung hasil pengolahan data. Artinya, RAM itu memiliki fungsi yang saling berurutan meski bisa diakses secara acak.

Fungsi di atas adalah fungsi secara teori. Untuk lebih gampangnya, RAM itu berfungsi sebagai tempat dimana data dan program yang kamu buka akan disimpan. Begitu sobat buka program tertentu atau aplikasi tertentu, saat itulah RAM bekerja untuk membuat input yang sobat lakukan segera terproses dengan cepat.

Jenis jenis RAM.
Hingga sampai saat ini, perkembangan teknologi ram sudah sangat pesat sekali, Ram komputer akan laptop memiliki berbagai jenis yang berdesa-beda secara fisik namun sama dalam hal fungsi, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis ram komputer.

  • RAM ( Random Acces Memory).
  • DRAM , Tahun 1971.
  • FP RAM (FAST PAGE MODE DRAM) tahun 1987.
  • EDO RAM pada tahun 1995.
  • SD RAM PC66 pada tahun 1996 hingga 1997.
  • SDRAM PC100.
  • DRDRAM pada tahun 1999.
  • RD RAM PC 800 pada tahun 1999.
  • SDRAM PC133 pada tahun 1999.
  • SDRAM PC150.
  • DDR SDRAM pada tahun 2000.
  • DDR RAM.
  • DDR2 RAM.
  • DDR3 RAM.
  • DDR 4 SDRAM.
Penjelasan selengkapnya mengenai jenis jneis ram dapat dibaca pada artikel berikut ini : Sejarah Perkembangan Ram Komputer. Demikian penjelasan mengenai pengertian ram, fungsi dan jenis jenisnya, jika ada pertanyaan silahkan sampikan dikolom komentar.








Related Posts

Pengertian RAM, Fungsi, dan Jenis Jenisnya
4/ 5
Oleh