asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian HSF Komputer, Fungsi dan Jenis Jenisnya-Sebuah perangkat komputer terdiri dari berbagai komponen-komponen pendukung yang satu dengan lainnya saling berhubungan, salah satu dari komponen komputer yang akan dibahas kali ini adalah HSF (Heatsink Fan) komputer. apa itu HSF, fungsinya untuk apa dan apa saja jenis-jenisnya??? Simak pembahasan kali ini mengenai HSF komputer yang akan kami bahas secara detail, lengkap dan jelas agar sobat dapat meahami apa yang kami sampaikan pada artikel kali ini.
Pengertian HSF (Heatsink Fan)  Komputer, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Pengertian HSF (Heatsink Fan) komputer.
HSF adalah kependekan dari heatsink fan merupakan perpaduan antara dua perangkat keras komputer yang bernama heatsink dan fan, yang dimana heatsink adalah logam dengan desain yang khusus terbuat dari aluminium serta tembaga yang berfungsi sebagai penghantar panas dari prosessor dan juga berfungsi untuk memperluas proses pemindahaan suhu panas dari prosessor. Sedangkan Fan merupakan sebuah kipas kecil (Kipas pendingin) yang menghantarkan suhu dingin dan membuang suhu panas yang ada pada heatsink yang dihasilkan oleh proessor.

Heatsink dan Fan biasanya disebut juga sebagai HSF. Perpaduan antara kedua hardware ini baik Heatsing maupun Fan dapat menciptakan suhu dingin pada processor yang kemudian berdampak baik untuk kinerja dan kecepatan pada komputer. Tanpa adanya heatsink fan ini maka panas yang dihasilkan oleh prosessor saat bekerja tidak terbuang dengan sempurna sehingga bisa menyebabkan komputer tiba-tiba mati karena overheat atau prosessor terlalu panas.

Fungsi Heatsink fan komputer.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan fungsi heatsink fan adalah sebagai berikut.

  • Menghantarkan panas yang dihasilkan oleh prosessor ke hatsink.
  • Membuang panas yang ada pada heatsink dan mengalirkan udara dingin ke heatsink memalui kipas atau fan.
  • Memperlancar sirkulasi udara yang ada didalam komputer atau laptop.

Jenis jenis heatsink komputer.
Saat ini heatsink komputer memiliki berbagai jenis yang memiliki kemampuan dalam membuang panas yang berbeda-beda. Berikut penjelasan selengkapnya menganai jenis jenis heatsink  komputer.

1. Air Colling.
Pengertian HSF (Heatsink Fan)  Komputer, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Cooler jenis ini mungkin tidak asing bagi kita karena sebagian besar komputer pribadi/Personal computer menggunakan cooler jenis ini. Pilihan menggunakan pendingin jenis ini adalah pilihan yang paling mudah dan sederhana pada komputer pribadi karena hanya menggunakan heatsink sebagai penyalur panas dari processor dan kipas untuk menyedot udara panas pada processor tersebut. 

2. Liquid Colling.
Pengertian HSF (Heatsink Fan)  Komputer, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Cooler jenis ini adalah cooler yang bekerja dengan menggunakan komponen zat cair sebagai penyalur panas dari processor, biasa nya cooler ini menggunakan air sebagai penyalur panas tapi ada juga yang menggunakan nitrogen sebagai penyalur panas yang lebih ekstrem karena nitrogen memiliki kemampuan pendinginan hingga mencapai angka di bawah 0 derajat ceslcius, ini biasa nya di gunakan dalam lomba overclock karena memiliki kemampuan pendingin yang sangat efektif.

3. Phase Change Cooling/Thermo Electric Cooling (TEC).
Pengertian HSF (Heatsink Fan)  Komputer, Fungsi dan Jenis Jenisnya


penggunaan cooler jenis ini adalah solusi pendinginan dengan tegangan listrik langsung kepada unit cooler tersebut, listrik ini akan di gunakan untuk mengubah suhu dari setiap sisi unit peltier sehingga akan diperoleh 2 sisi yang memiliki suhu panas dan dingin. Pada sisi dingin akan di gunakan sebagai pendingin processor, efektifitas pendingin ini bisa diatur sesuai dengan tingkatan energi listrik yang di salurkan kepada unit pendingin ini.

4. Dry Ice Cooling (Pendingin menggunakan ES kering).
Prinsip pendinginan tipe ini sangat simpel, prosesor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga (bonk) yang nantinya bonk tersebut akan diisi dengan Dry Ice.
Pengertian HSF (Heatsink Fan)  Komputer, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Penjelasan selengkapnya mengenai macam macam pendingin prosessor bisa dibaca pada artikel berikut ini : Macam-Macam atau Jenis Sistem Pendingin Prosessor.

Demikan penjelasan mengenai pengertian heatsink fan komputer, fungsi serta jenis jenisnya, jika ada pertanyaan silahkan smapikan pada kolom komentar, terima kasih.














Loading...