Pengertian Hardisk Komputer, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Hardisk Komputer, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya-Sebuah perangkat komputer atau laptop terdiri dari beberapa komponen atau hardware yang satu dengan lainnya saling berkaitan, jika ada salah satu komponen dari komputer tersebut yang bermasalah tentunya menyebabkan komponen lain ikut terganggu, bahkan yang lebih fatal adalah komputer atau laptop tidak bisa menyala sama sekali.

Salah satu komponen yang jika bermasalah maka akan menyebabkan komputer atau laptop yang kita miliki tidak bisa digunakan adalah hardisk. fungsi atau kegunaan hardisk dalam sebuah perangkat komputer sangat vital sekali karena didalam hardisk lah file sistem operasi disimpan. Selain letmpat dimana menyimpan file dari sistem operasi, hardisk juga sebagai tempat media penyimpanan file-file atau data-data kita.
Pengertian Hardisk Komputer, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Pada artikel kali ini admin forum komputer akan mengupas tuntas pengertian hardisk komputer, fungsi dan juga jenis jenisnya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian hardisk komputer.
Hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras atau hardware pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh user. Hradisk biasanya berbentuk kotak dan didalamnya terdapat piringan tempat data-data tersimpan. Penjelasan mengenai komponen komponen hardisk silahkan baca artikel berikut ini Bagian-Bagian Hardisk Komputer.

Harddisk adalah salah satu perangkat keras yang menyediakan ruang penyimpanan pada komputer, perangkat ini digunakan sebagai alat penyimpanan data atau alat untuk membaca data-data yang ada di komputer. Harddisk dapat juga disebut sebagai memori komputer. Perangkat ini memiliki sifat yang non-volative memory yang artinya data pada memori tersebut tidak akan hilang walaupun perangkat komputer dimatikan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan perangkat penyimpanan RAM, dimana media tersebut hanya menyimpanan data yang sifatnya sementara saja, yaitu ketika perangkat dinyalakan ataupun memiliki daya.

Hardisk menjadi salah satu alat penyimpan data yang terbilang memiliki muatan memori cukup besar. Biasanya, banyak orang menggunakan hardisk untuk melakukan duplikasi data yang tersimpan di sebuah sistem komputer miliknya. Kita tau sendiri bahwa perangkat komputer sering sekali mengalami eror karena virus sistem yang merusaknya, nah agar data – data penting dalam komputer tersebut tidak hilang maka digunakanlah perangkat hardisk untuk hal tersebut. Seiring perkembangan sistem teknologi, perangkat hardisk saat ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan data – data penting pada komputer namun juga digunakan sebagai memory eksternal untuk perangkat PS (Playstation).

Fungsi Hardisk komputer.
Hardisk komputer memiliki  fungsi sebagai berikut :
  • Tempat menyimpan sistem operasi.

Fungsi dari hardisk yang pertama adalah tempat untuk menyimpan file dari sistem operasi. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan, sistem operasi windows dan juga lainny amembutukan hardisk untuk dapat terinstal dan juga mengoperasikan suatu komputer, meski tanpa adanya hardisk pun sistem operasi masih bisa dijalankan menggunakan teknologi live cd yaitu menjalankan sistem operasi langsung lewat piringan CD, tapi biasanya teknik seperti ini digunakan hanya pada saat memperbaiki kerusakan pada hardisk atau saat menyelamatkan atau membackup data yang ada didalam hardsik saat sistem operasi dalam hardisk tersebut mengalami kerusakan.
  • Untuk Menyimpan Berbagai File.

Secara umum, harddisk bagi user memiliki fungsi yang sangat vital untuk menyimpan segala macam data, file, dokumen virtual, seperti .doc .mp3 .mkv dan masih banyak lagi jenis file penting yang dimiliki oleh user yang harus disimpan dalam hardisk. Karena itu, terkadang harddisk merupakan “Nyawa” bagi para user, karena banyak sekali file – file penting milik user yang disimpan di dalam hardisk.
  • Lokasi Penyimpanan Data dari Software.

Aplikasi dan juga software juga membutuhkan space dari hardisk agar bisa terinstal di dalam komputer. Karena itu bagi sobat yang membutuhkan banyak sekali aplikasi di dalam komputer, penggunaan hardisk memegang peranan dan juga fungsi yang sangat vital, karena apabila hardisk terlalu penuh, akan berpengaruh terahadap kinerja dari aplikasi tersebut.
  • Untuk Media Back-up.

Media backup atau bantuan penyimpanan file juga merupakan salah satu fungsi dari hardisk. Bagi sobat yang khawatir akan kehilangan data – data penting, maka sobat dapat memanfaatkan hardisk untuk melakukan backup data sobat dan mengamankan file – file penting sobat.
  • Tempat Menyimpan Database.

Database merupakan salah satu elemen terpenting dalam suatu sistem komputer, yang dapat membantu program ataupun suatu aplikasi dapat berjalan dengan baik. Biasanya databse disimpan dalam hardisk pada komputer yang menjadi server, sehingga informasi dari database yang disimpan pada hardisk server tersebut nantinya dapat diakses dengan mudah oleh client – client. Karena itu, penggunaan hardisk sebagai database juga membutuhkan hardisk dengan kemampuan membaca yang tinggi agar tidak menjadi masalah saat melakukan pengambilan data.

Jenis jenis hardisk komputer.
Hingga saat ini, hardisk komputer memiliki beberapa jenis tetapi memiliki fungsi yang sama, berikut penjelasan mengenai jenis jenis hardisk.
  1. Hardisk ATA/IDE.
  2. Hardisk SCSI.
  3. Hardisk RAID.
  4. Hardisk SATA.
  5. Hardisk SSD.
  6. Hardisk External.
Penjelasan selengkapnya mengenai jenis jenis hardisk komputer akan dibahas pada artikel selanjutnya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Pengertian Hardisk Komputer, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya
4/ 5
Oleh