Beginilah Cara Memperbaiki RAM Laptop Yang Tidak Terbaca

Forumkomputer.com | Beginilah Cara Memperbaiki RAM Laptop Yang Tidak Terbaca - RAM adalah salah satu komponen penting dalam rangkaian sistem kerja pada komputer ataupun Laptop. Tanpa adanya RAM, aplikasi maupun software pada komputer/Laptop akan sulit dijalankan. Selain itu juga, suatu komputer akan sulit dijalankan karena ada komponen yang tidak lengkap.

Random Access Memory ataupun bisa kita sebut RAM berfungsi sebagai penyimpan sementara saat ada sebuah aplikasi maupun software sedang dijalankan oleh komputer/Laptop, Maka dari itu ketika kalain menghidupkan Komputer/Laptop sampai tampilanya muncul pengaruh RAM terhadap komputer/laptop kalian dapat terlihat.

Beginilah Cara Memperbaiki RAM Laptop Yang Tidak Terbaca

Berbicara masalah RAM ada beberapa kendala pada saat kalian sedang menjalankan komputer/Laptop, Ketika aplikasi yang kalian gunakan ternyata sering nge-Lag ataupun komputer kalian hang pada saat memakai aplikasinya berarti RAM kalian tidak kuat untuk menjalankan aplikasi tersebut, dan solusinya adalah kalian harus memperbarui Kapasitas RAM ataupun menambahkan RAM di komputer/Laaptop kalian.

Nah bagaimana ketika RAM kalian tidak bisa terbaca? permasalahan ini bisa terjadi pada komputer/Laptop. Masalah RAM tidak bisa terbaca pada umumnya lebih ke sisi hardware atau perangkat keras komputer, Nah untuk mengatasi Masalah tersebut ikuti lah cara memperbaiki RAM dibawah sini.

1. Membersihkan Bagian PIN

Salah satu penyebab RAM tidak terbaca oleh Laptop ataupun penyebab kerusakan RAM pada Laptop adalah debu maupun kotoran, apalagi jika laptop kalian sering disimpan dalam meja dan tidak pernah disimpan di dalam tas, hal ini memungkinkan Laptop terkena debu atau kotoran sangatlah besar.

Oleh sebab itu, Cara mengecek RAM laptop yang pertama adalah kalian harus membongkar dulu bagian laptop menggunakan obeng, lalu keluarkan RAM pada bagian slotnya, setelah itu bersihkan bagian PIN pada RAM menggunakan penghapus karet atau bisa menggunakan tissue kering bersihkan sampai PIN terlihat mengkilat lagi.

2, Membersihkan Bagian Slot

Setelah kalian membersihkan PIN RAM namu tidak berhasil juga maka kalian bisa beralih ke solusi kedua yakni membersihkan bagian slot, Bisa jadi bagian slot RAM juga kotor karena debu atau kotoran lainnya. 

Cara untuk membersihkan bagian slot RAM ini adalah dengan menggunakan KUAS, jika kalian tidak puas juga jika menggunakan kuas kalian bisa menggunakan vacum cleaner yang dikhususkan menyedot Debu atau kotoran.

3. Ganti Sistem Operasi

Sistem operasi juga sangat berpengaruh pada RAM apabila kapasitas RAM tidak sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, maka RAM akan kesulitan dibaca oleh sistem, Contohnya apabila kalian memperbarui RAM hingga mencapai 8GB, Akan tetapi sistem operasi pada laptop kalian masih menggunakan versi 32 Bit.

Dengan begitu sistem operasi kesulitan dalam membaca kapasitas RAM yang usdah diperbarui, oleh karena itu solusi untuk masalh ini adalah kalian harus memperbarui sistem operasi laptop kalian menjadin versi 64 Bit, sebab jika kalian sudah upgrade pada RAM maka bagian software juga harus dilakukan pembaruan.

Nah itu dia 3 cara memperbaiki RAM Laptop yang tidak bisa kalian baca, jika cara yang di atas lancar kalian bsia share artikel ini ketemen temen kalian. Terimakasih

Related Posts

Beginilah Cara Memperbaiki RAM Laptop Yang Tidak Terbaca
4/ 5
Oleh