asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Jenis Jenis Socket Motherboard Intel-Motherboard atau mainboard merupakan papan sircuit tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung satu komponen dengan komponen lainnya. Didalam motherboard inilah semua komponen-komponen komputer terpasang seperti socket CPU, Slot RAM, Slot PCI, Chipset, Elco, Port Usb, dan masih banyak lagi. Selain sebagai papan induk komponen, motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, Keyboard dan juga mouse.

Jenis Jenis Socket CPU Motherboard Intel

Motherboard sendiri pada dasarnya memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat disusunnya seluruh rangkaian sistem komputer, salah satu komponen yang terdapat pada motherboard adalah soket CPU.  Socket adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.

Istilah socket (nama lengkapnya adalah soket CPU atau soket prosesor) telah digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor yang menghubungkan motherboard dengan prosesor, khususnya untuk tipe komputer desktop dan server. 

Seiring dengan perkembangan prosessor yang terus meningat dan berganti-ganti teknologi, terutama teknologi pin pada prosessor, maka soket CPU pada motherboard pun mengalami perubahan baik itu pada prosessor intel maupun prosessor AMD. 

Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas mengenai jenis jenis socket CPU motherboard intel serta penjelasannya, berikut pembahasan selengkapnya.

Jenis jenis socket CPU motherboard intel.

  • Socket 423.
Socket 423 adalah jenis socket processor yang memiliki jumlah pin count sebanyak 423 pin dan digunakan pada generasi pertama processor Intel Pentium, berbasis pada teknologi Willamette Core.

Socket jenis ini memiliki umur yang pendek dan tidak berlangsung lama, sebagai bukti Intel hanya menggunakan dan memproduksi socket ini hanya selama kurang dari 1 tahun, yang kemudian digantikan oleh socket 478.  Socket 423 memiliki banyak kelemahan pada desain elektrik yang tidak memadai untuk meningkatkan kecepatan clock-speed hingga 2.0 GHz.

Pada socket 478 setelah gagalnya socket 423, Intel mengembangkan chip yang tertanam pada socket 478 yaitu “PowerLeap PL-P4/N”, chip ini dikembangkan untuk memungkinkan penggunakan processor socket 478 pada socket 423.


  • Socket 478.
Socket 478 adalah perbaikan dari socket 423, socket ini juga dikenal sebagai mPGA478 dan mPGA478B), socket ini memiliki pin count sebanyak 478 pin, dan digunakan untuk seri Intel Pentium 4 dan seri Intel CPU Celeron. Socket 478 diluncurkan menggunakan teknologi Northwood Core, dan khusus dirancang untuk menyaingi AMD 462-pin Socket A dan seri Athlon XP pada masanya. Socket 478 ini kemudian digantikan oleh peluncuran socket yang baru, yaitu LGA 775.


  • Socket LGA 775.
Socket LGA 775 dikenal sebagai socket T,  socket ini didesain untuk computer desktop. Tidak seperti seri sebelumnya, seri yang ini menggunakan nama tambahan yang tersemat didepan nomor seri, yaitu LGA atau singkatan dari “Land Grid Array”, maksud dari kata-kata tersebut yaitu bahwa seri LGA 775 tidak mempunyai lubang socket, dan sebagai gantinya LGA 775 memiliki 775 pin yang berbentuk menonjol, hal ini berlaku untuk seri LGA lainnya.

Socket ini kemudian digantikan oleh LGA 1156 dan socket LGA 1366 setelah sebelumnya pernah menjadi raja dalam pasar teknologi perangkat computer desktop.


  • Socket LGA 1156.
Socket LGA 1156 juga dikenal sebagai Socket H, socket ini memang dirancang untuk menggantikan socket sebelumnya yaitu LGA 775. Perbedaan pada socket sebelumnya, pada LGA 775 teknologi processor terhubung langsung pada chipset Northbridge yang menggunakan Front Side Bus (FSB), sedangkan LGA 1156 justru mengintegrasikan fitur sedrhana yang tersemat di Northbridge ke dalam processor itu sendiri.


  • Socket LGA 1155.
Socket LGA 1155 juga dikenal sebagai socket H2, socket LGA 1155 dirancang untuk keluarga processor chipset Intel Sandy Bridge dan Ivy Bridge.  Perbedaan paling mendasar dari keduanya adalah pada dukungan memori, pada processor Sandy Bridge telah mendukung hingga memori DDR3-1333. Sedangkan pada Ivy Bridge mendukung hingga DDR3-1600.


  • Socket LGA 2011.
Ini soket untuk prosesor sandy bridge E, dengan chipset X79. skrg baru ada 2 prosesor; Core i7 3930K dan Core i7 3960X.. keduanya pakai 6 core dan 12 thread. platform ini harus pakai 4 keping DDR3. Saat ini, LGA 2011 adalah soket utk platform desktop paling kencang yg ditawarkan Intel.


  • Socket LGA 1150.
Socket LGA 1150 dikenal sebagai socket H3, socket ini mendukung seri processor Hasswell dan seri processor Broadwell.  Processor Hasswell dan Broadwell merupakan masih keluaran baru untuk processor seri desktop sejak diluncurkan pada pertengahan tahun 2015.


  • Socket LGA 1151.
Socket ini adalah socket prosessor intel untuk keluarga intel pentium G5400, G4600, G4400, G4560. Selain untuk keluarga intel pentium series, pada socket ini juga diperuntukkan prosessor intel dengan code name coffelake series, kabylake series dan skylake series.


  • Socket LGA 2066.
Socket intel LGA 2066 merupakan socket untuk prosessor intel terbaru yaitu intel core i9. Code mane untuk socket intel core i9 adalah Skylake X-series.

Demikian penjelasan mengenai jenis jensi socket CPU motherboard intel, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.








gan kalo lga 775 support ssd gk ?
support sob tp tidak dalam keceptan maksimal, tapi tetep saja lebih cepat dari hdd
Loading...