asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

3 Jawara Website Builder-Banyak orang ingin memiliki website bagus, keren, tapi dengan biaya yang minim atau kalau bisa yang gratis. Hal ini dimungkinkan dengan adanya berbagai tool website builder gratis seperti Blogspot atau Wordpress, dua tool tersebut telah sangat banyak digunakan user namun tidak berarti tidak ada tool lain yang dapat diandalkan.

Sebenarnya tidak ada yang benar-benar gratis, termasuk juga jika sobat membuat website dengan tool gratis. Semuanya perlu dibayar, walaupun pengertian membayar tidak hanya diukur dengan uang akan tetapi juga waktu, dan juga usaha yang dikerahkan.

Membuat website tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak sekali hal yang harus dianalisis dan dipertimbangkan. Misalnya saja kebutuhan website, fitur, desain, template, database, dan juga pertimbangkan alasan mengapa sobat memilih sebuah tool tertentu dibandingkan tool lainnya. Semua waktu dan usaha ini tidak lah gratis namun juga tidak lah sia-sia karena akan menjadi sebuah investasi dalam bentuk keahlian dan pengetahuan.

Pada artikel kali ini admin akan membahas bagaimana membangun website dengan 3 tool website builder yang mungkin bukan pilihan sobat yang mainstream diindonesia. Ketiga tool tersebut adalah Weebly, Wix, dan Webnode. Jika sobat memerlukan website builder yang mudah digunakan dan tetap dapat menghasilkan website berkualitas, sobat perlu mempertimbangkan pilihan-pilihan berikut ini yang akan admin bahas pada artikel kali ini.

Weebly memungkinkan sobat membuat website dengan menggunakan drag and drop mouse sehingga mudah dalam penggunaannya. Hal ini dimungkinkan karena weebly dirancang berbasis widget. Weebly gratis digunakan, namun sobat dapat mengupgrade untuk mendapatkan fitur lebih. Fitur-fitur upgrade yang ditawarkan antara lain integrasi penuh eCommerce untuk bisnis dan toko online, email marketing dan lain-lain.

Untuk meulai membuat website dengan weebly, sobat dapat mengunjungi www.weebly.com dan lakukan registrasi dengan mengklik Sign Up. Sobat dapat melakukan registrasi menggunakan akun facebook atau akun google yang telah sobat miliki, ataupun registrasi melalui email.

Weebly, Wix dan Webnode, 3 Jawara Website Builder

Selanjutnya sobat akan diarahkan untuk memilih theme yang tersedia. Weebly memiliki cukup banyak theme yang menarik yang terbagi dari beberapa kategory yaitu :
  • Online store.
  • Business.
  • Portofolio.
  • Personal.
  • Event.
  • Blog.
  • Other.
Tampilan berbagai theme tersebut terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Weebly, Wix dan Webnode, 3 Jawara Website Builder

Pilih theme yang sobat inginkan, maka akan tampil template theme yang menampilkan contoh konten lengkap dengan menunya. Sobat dapat memodifikasi dengan mengklik tombol Start Editing.

Selanjutnya sobat dapat menentukan nama domain seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Terdapat 3 pilihan untuk domain :
  • Menggunakan sub domain Weebly.com.
  • Registrasi domain baru.
  • Menggunakan domain yang sudah dimiliki.
Jawara Website Builder

Jika telah selesai semua, sekarang saatnya membangun website sobat bersama weebly.



Wix.
Satu tool website builder lainnya yang juga mudah digunakan adalah Wix, mirip dengan weebly, Wix juga mengandalkan drag and drop untuk pengaturan weebsite dan juga didukung oleh aplikasi pihak ketiga.

Wix saat ini berbasis html5 menggantikan teknologi lama mereka yang menggunakan adobe flash. Bagi sobat yang ingin mencoba Weebly maka akan menemui banyak kesamaan. Dimulai dengan mengunjungi www.wix.com dan login dengan menggunakan akun facebook, google atau dengan menggunakan email.

Selanjutnya sobat akan diarahkan untuk menentukan jenis website yang ingin dibuat. Pilihan-pilihan yang tersedia adalah Business, Online Store, Photography, Music, Designer, Restaurant & Food, Accomodation, dan seterusnya.

Jawara Website Builder

Website builder terakhir yang akan dibahas adalah weebnode (www.weebnode.com). Dibandingan dengan Weebly dan Wix, jauh lebih sederhana namun oleh karena itu sobat dapat membuat sebuah website lebih cepat lagi, tetapi tidak sefleksibel Weebly dan Wix.

Weebnode hanya menyediakan 3 jenis website yaitu Personal, Business, dan eCommerce. Sobat harus mendaftar terlebih dahuku dengan menentukan nama subdomain yang diinginkan (Domain utamanya adalah weebnode.com), Email dan Password. Selanjutnya mirip dengan Weebly ataupun Wix, sobat dapat memilih theme yang tersedia (Lihat gambar dibawah ini).

Jawara Website Builder

Setelah memilih template, sobat dapat memodifikasinya lebih lanjut, Contohnya jika sobat ingin menambahkan halaman, pilih menu Pages dan pilih template halaman yang diinginkan. Weebnode menyediakan berbagai template halaman yang siap dipakai seperti Photo Galery, About Us, Product, Price List, dan seterusnya.

Mana yang lebih baik dan tepat untuk sobat pilih, semua tergantung individu masing-masing mau memilih yang mana, admin hanya memberikan referensi 3 website builder terbaik. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Referensi : Pc Media






Loading...