Pengertian Joystick, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Jenisnya

Pengertian Joystick, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Jenisnya-Buat sobat yang suka bermain game atau malah hobi bermain game tentunya sudah paham atau sudah mengerti apa itu joystick. Joystick merupakan perangkat keras tambahan untuk bermain game baik itu untuk game-game komputer ataupun game dismartphone android dan Os lainnya yang bisa menggunakan joystick.

Dan buat sobat yang belum paham mengenai pengertian joystick, fungsinya, cara kerjanya dan jenis-jenisnya, pada artikel kali ini admin forum komputer akan membahas mengenai pengertian joystick, fungsi, cara kerjanya serta jenis jenisnya secara jelas dan lengkap, jadi sobat tidak salah membaca di blog ini sebagai media informasi dan juga sebagai media ilmu pengetahuan tambahan yang belum atau tidak diajarkan disekolah-sekolah formal.

Pengertian Joystick.
Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Fungsi Joystick.
Sesuai dengan pengertiannya untuk masalah fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu :

  • Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
  • Untuk megontrol permainan video.
  • Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.


Cara kerja joystick.
Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbandingan K/T yang berubah-ubah.

Jenis jenis joystick.

Joystick Logitech Rumble.
Pengertian Joystick, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Jenisnya

Jenis joystick diatas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.

Joystick Logitech Racing Wheel.
Pengertian Joystick, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Jenisnya
Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.

Joystick Logitech Extreme 3D Pro.
Pengertian Joystick, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Jenisnya

Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.

Demikian penjelasan mengenai pengertian joystick, jenis jenisnya serta cara kerjanya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Pengertian Joystick, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Jenisnya
4/ 5
Oleh