asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian VGA card komputer dan fungsinya-VGA (Video Graphics Array) atau biasa disebut dengan vga card, kartu grafis, video card, graphic card, display adapter atau graphic adapter merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berperan memproses informasi grafis pada komputer sehingga mampu menampilkan hasil atau tampilan pada layar monitor. Biasanya sebuah komputer memiliki VGA card yang telah tertanam atau terintegrasi pada motherboard, dan untuk teknologi terbaru yang ada saat ini, chip VGA telah tertanam pada CPU/prosessor.
Pengertian VGA card komputer dan fungsinya

VGA yang tertanam pada motherboard biasanya disebut "VGA onboard", sedangkan untuk VGA card yang tertanam pada CPU/prosessor disebut "Accelerated Processing Unit" (APUs).

Meski biasanya sebuah motherboard telah terbundle dengan sebuah VGA didalamnya akan tetapi banyak pengguna komputer/PC tidak cukup puas dengan performa dari add on VGA tersebut terlebih lagi buat pengguna komputer untuk kepentingan desain grafis dan gammers yang memang membutuhkan spesifikasi komputer yang high end atau biasa disebut spek dewa.
Untuk menambahkan VGA tambahan pada sebuah PC atau komputer membutuhkan VGA card yang biasa disebut dengan VGA offboard atau VGA add on.

Pengertian VGA Card.
Setelah mengulas sedikit tentang apa itu VGA, maka secar agaris besar pengertian VGA card ialah  suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA card ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memory. Pada umumnya kartu grafis atau VGA card ini bisa dianggap sebagai komponen yang penting, dan juga bisa dianggap komponen yang tidak penting. Hal ini tergantung dari kebutuhan pengguna komputer masing-masing.

Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan langsung di motherboard (VGA card onboard), sehingga jika pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing, maka tidak perlu menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi. Namun, jika pengguna komputer menggunakannya untuk keperluan gaming dan grafis yang memerlukan tampilan grafis yang tinggi, maka wajib hukumnya menggunakan VGA Card ini, bisa pakai model ATI atau Nvidia.

VGA juga bisa dikatakan sebagai standart tampilan komputer analog yang pertama kali dipasarkan IBM sekitaran tahun 1987. Walaupun saat ini standar VGA tidak lagi digunakan karena sudah diganti dengan standar yang lebih baru, namun VGA masuh diterapkan di Pocket pada PC.

VGA juga merupakan standar grafis trakhir yang sebenarnya sering diikuti oleh mayoritas pabrik yang membuat kartu grafis pada komputer. Untuk tampilan windows hingga saat ini masih menggunakan modul dengan VGA karena masih mendapatkan dukungan oleh banyak sekali produsen monitoring dan juga kartu grafis.

Dan biasanya istilah dari VGA juga sangat sering kali digunakan untuk bisa mengacu pada sebuah resolusi layar yang berukuran sekitar 640 x 480. Kartu Vga sendiri juga sering digunakan untuk menerjemahkan keluaran komputer menuju ke monitor. Untuk proses desain grafis sendiri memang diperlukan oleh grafis yang berdaya lebih tinggi.

VGA card sendiri terdiri dari beberapa komponen komponen yang saling berkaitan satu dengan lainnya, untuk penjelasan mengenai bagian-bagian pada VGA card komputer dapat dibaca pada artikel berikut ini Bagian-bagian VGA card komputer beserta fungsinya.

Fungsi VGA card.
Fungsi utama dari VGA ialah untuk menterjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Dalam bidang desain grafis dan game, VGA umumnya disebut sebagai card display dan VGA ini terletak didalam komputer yang biasa disebut expansion card atau expansion slot. Didalam VGA juga terdapat sebuah chipset atau prosessor yang memiliki spesifikasi beragam tergantung dari jenis dan produsen VGA itu sendiri.

demikian penjelasan mengenai pengertian VGA card komputer dan fungsinya, pada artikel selanjutnya akan dibahas mengenai jenis jenis input dan output vga serta jenis jenis memori VGA. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.








Loading...