asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian dan Fungsi Refresh Dekstop Komputer Yang Wajib Sobat Ketahui-Refresh merupakan salah satu fitur dari sistem operasi windows yang sudah ada sejak pertama windows diciptakan, cara mudah melakukan refresh pada komputer adalah dengan mengklik kanan mouse pada area kosong dekstop kemudian pilih "Refresh" atau cara yang paling mudah untuk merefresh dekstop komputer adalah dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Bukan hanya dekstop, fitur refresh juga dapat digunakan pada perangkat lainnya seperti browser, dan lain-lain.

Pengertian dan Fungsi Refresh Dekstop Komputer Yang Wajib Sobat Ketahui

Dari sedikit penjelasan mengenai refresh diatas banyak yang beranggapan bahwa jika kita merefresh dekstop komputer maka akan mengembalikan performa komputer baik itu RAM ataupun lainnya menjadi seperti semula sehingga performa komputer kita menjadi stabil atau lancar kembali setelah digunakan. Pemahaman seperti itu tentang me-refresh dekstop komputer tidaklah benar.

Perlu diketahui refresh pada desktop berbeda dengan refresh page atau reload page pada browser. Kadangkala karena lalu lintas internet yang padat, ada halaman internet yang tidak dapat dimuat secara sempurna. Fungsi refresh pada browser ini adalah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser. Kebanyakan pengguna komputer baru atau awam, seperti admin sendiri, pada awalnya meyakini bahwa tombol refresh berfungsi untuk meng-update atau memperbaharui kondisi siaga (idle) komputer setelah terjadi perubahan dan menghapus perintah sebelumnya dari RAM, sehingga komputer yang kita gunakan akan berjalan dengan lebih lancar dan lebih cepat. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, ternyata merupakan mitos semata.

Fungsi Tombol Refresh Desktop yang Sebenarnya Refresh desktop sebenarnya digunakan untuk memperbaharui tampilan atau memuat kembali tampilan yang ada di desktop setelah terjadi suatu perubahan. Refresh desktop tidak berfungsi untuk memperbaharui kembali kondisi RAM, dan tidak membersihkan komputer anda atau menyegarkan komputer anda. Oleh karena itu refresh desktop juga tidak menyumbangkan peningkatan performa apapun pada kinerja komputer.

Pengertian Refresh.
'Refresh' menurut Google translate  berarti 'menyegarkan' sedangkan 'reload' menurut Google translate berarti 'mengisi kembali'. Refresh dan reload sama-sama mempunyai arti 'muat ulang'. Fungsi refresh atau reload adalah memanggil kembali halaman Web atau memuat ulang halaman Web yang sedang kita buka. Ini membantu kita apabila halaman Web belum terbuka sempurna, atau terjadi kesalahan dalam memuat halaman Web tersebut. Untuk menggunakan fungsi ini, selain meng-klik tobol tersebut, kita juga bisa menekan tombol 'F5' pada keyboard . 

Fungsi refresh.
Secara sederhana, fungsi refresh dapat berguna dalam situasi sebagai berikut:
  • Desktop tidak menampilkan berkas yang telah kamu buat, ubah, pindahkan, atau simpan.
  • Sobat perlu menyelaraskan ikon di desktop.
  • Berkas yang telah dibuat aplikasi pihak ketiga tidak muncul.
  • Dan situasi serupa lainnya di mana konten pada desktop atau folder tidak menerima perubahan seperti yang kita harapkan.

Kendati demikian, kondisi-kondisi di atas sangat jarang terjadi karena mekanismenya Windows telah dirancang untuk melakukan penyegaran secara otomatis (auto-refresh) ketika terdapat suatu perubahan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian refresh dan fungsi refresh dekstop komputer, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Loading...