2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru

2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru-BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  kesehatan merupakan badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada presiden dan bertugas penyelenggara jaminan kesehatan nasional (JKN) bagi seluruh rakyat indonesia.

Bagi perserta BPJS diwajibkan membayar iuran setiap bulan mulai dari Rp 25.500+- tergantung kelas yang dipilih saat pertama mendaftar sebagai anggota BPJS, dan untuk membayar iuran bpjs setiap bulannya, sobat bisa membayarnya ke bank-bank yang bekerja sama dengan bpjs atau bisa lewat toko modern seperti alfamart, indomart, alfamidi dan lain sebagainya. Selain membayar ke tempat yang sudah admin sebutkan diatas, sobat juga bisa membayar iuran bpjs ke konter-konter pulsa atau usaha-usaha micro lainnya yang sudah bekerja sama dengan bpjs.

2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru

Jadi untuk saat ini, sobat forum komputer tak perlu binggung mau kemana saat akan membayar tagihan bpjs. Berbicara mengenai tagihan bpjs tentunya sobat-sobat banyak yang ingin mengetahui cara melihat tagihan bpjs kita setiap bulannya.

Waktu pertama admin mendaftar bpjs juga penasaran bagaimana caranya melihat tagihan bpjs kita, apakah memang sudah membayar rutin setiap bulan atau pernah menunggak tapi kita tidak menyadarinya.

Untuk mengecek tagihan tagihan iuran bpjs kita setiap bulannya, sobat bisa mengeceknya secara online yaitu melalui situs resmi bpjs atau bisa lewat aplikasi bpjs yang tersedia diplaystore. Nah pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan langkah langkah cara cek tagihan bpjs secara online melalui situs resmi bpjs dan cara cek tagihan bpjs melalui aplikasi pada smartphone android.

Untuk mengecek tagihan bpjs secara online, sobat bukan hanya bisa melihat tagihan setiap bulannya, akan tetapi sobat juda bisa melihat apakah peserta bpjs aktif atau tidak, contohnya jika baru mendaftar dan belum membayar maka akan mucul keterangan penangguhan pembayaran, sedangkan jika sudah dibayar maka statusnya akan berubah menjadi aktif. Berikut 2 cara cek tagihan bpjs secara online terbaru dan termudah.

1. Cek tagihan iuran bpjs kesehatan secara online.

2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru

  • Kemudian masukkan 13 digit nomor kartu bpjs kesehatan yang akn dicek.
  • Masukkan juga tanggal lahir perserta bpjs dengan benar sesuai dengan ktp.
  • Selanjutnya masukkan angka validasi sesuai dengan angka yang terlihat pada halaman situs tersebut, jika sudah terisi semuanya, klik tombol "Cek". (Lihat gambar dibawah ini).

2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru
  • Jika sobat memasukkan data dengan benar maka akan muncul informasi berupa nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran dan juga saldo (Lihat gambar dibawah ini).

2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru
Langkah diatas juda dapat dilakukan untuk mengetahui apakah pembayaran tagihan bpjs kesehatan sudah tercatat atau belum, karena jika sudah dibayar maka akan muncul nominal pembayaran dan juga tanggal seperti yang terlihat pada gambar diatas.

2. Cek tagihan bpjs kesehatan lewat smartphone android.
  • Instal aplikasi MOBILE JKN dari google playstore atau klik link berikut ini untuk mengunduhnya langsung Download.
  • Setelah berhasil mendaftar kemudian login ke aplikasi tersebut, kemudian pilih menu Tagihan lalu pilih menu Premi.
  • Nanti akan muncul jumlah tagihan dari semua peserta yang tergabung dan total yang harus dibayar kan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru
Jika sobat lupa nomor peserta pbjs, sobat bisa tanyakan langsung via telp di nomor 1500400 atau bisa jika lewat akun twiter resmi bpjs yaitu @BPJSKesehatanRI, sobat bisa DM atau mengirim pesan untuk menanyakan no.peserta bpjs dengan menyebutkan Nik KTP, tanggal lahir, dan atas nama. Nanti pihak bpjs akan mengecek data dan kemudian menginformasikan nomor bpjs yang lupa tersebut. Cukup mudah bukan?, jika masih ada yang belum paham silahkan tanyakan dikolom komentar.


Related Posts

2 Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru
4/ 5
Oleh