asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Apakah suatu bisnis anda memiliki bantuan untuk penyimpanan akan kebutuhan hosting? atau bisnis yang anda jalankan bergerak dalam bidang Teknologi Inforrmasi? Nah, pada dunia TI anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya istilah - istilah seperti hosting, data center, server, cloud computing, serta colocation. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa pengertian, keuntungan, kekurangan serta manfaat dari Colocation Server.


Pengertian Colocation Server dan Manfaatnya pada Jaringan

Mungkin colocation server data center ini terdengar asing untuk anda yang masih belajar dalam dunia Jaringan atau Tehnik Jaringan. Jadi apa sih colocation server hosting itu? yuk kita simak beberapa pembahasan apa itu colocation server dan tempat penyewaan server colocation terbaik di indonesia.

Pengertian Colocation Server
Colocation server adalah merupakan suatu jenis layanan yang akan memberikan tempat khusus untuk menyimpan atau menitipkan (sewa) server bermacam data center. Jadi colocation ini sangat memudahkan untuk anda yang tidak mau ribet membangun server sendiri selain dari membutuhkan biaya yang sangat besar untuk cara membangun server sendiri juga membutuhkan keamanan yang sangat bagus dan butuh ruangan khusus yang sangat dingin agar komponen - komponen server tersebut terawat dan tidak rusak.

Jadi dengan menyewa colocation server anda tidak perlu repot - repot lagi untuk memikirkan hal itu. Karena dengan menyewa colocation server terbaik di jakarta dimana penyimpanan dilakukan secara infrastruktur dan mempunyai keamanan yang sangat memadai.

Apa itu Colocation?
Setelah memahami pengertian colocation server diatas, lalu apa sih maksud dan tujuan dari sistem yang ada colocation? dan apa yang akan didapatkan jika menyewa colocation? lalu colocation itu artinya apa?

Jika anda menyewa Colocation server tentunya anda tinggal membayar sesuai paket apa yang kalian pilih, lalu pihak penyedia layanan colocation tersebut akan menempatkan mesin server anda di dalam rak ruangan khusus dengan memiliki berbagai bandwidth.

Untuk harga sewa colocation sendiri beragam macam, tergantung paket yang anda pilih dan masing - masing penyedia layanannya. Tentunya banyak juga penyedia layanan colocation server terbaik dan murah.

Keuntungan Memakai dan Menyewa Colocation Server
Keuntungan terbesar dari menyewa colocation server adalah biaya pada sewa bandwidth sekitar  kurang lebih $150-$200. Server tunggal yang harganya sama dapat ditempatkan di fasilitas colocation yang menyediakan kecepatan bandwidth tinggi dan redudansi yang baik untuk koneksi jaringan yang memadai. Kamu bisa menyimpan dengan jumlah yang sangat besar, jika menjadi satu-satunya akses jaringan.
Fasilitas colocation memiliki perlindungan pemadaman yang baik. Generator cadangan tersebut masih belum cukup untuk menjaga dan mengamankan server sepanjang waktu selama 24 jam. Untuk itu situs web akan diturunkan selama pemadaman. Penyedia colocation akan membayar pembangkit listrik dan listrik cadangan agar server tetap terlindungi dan tetap nyala tidak ada kendala.
Mesin yang berjalan terlalu lambat atau memori yang sangat sedikit hanya akan memerlukan di upgrade servernya. Jadi, kami tidak perlu menunggu penyedia untuk mengupgrade.
Perangkat lunak server tidak harus bergantung pada penyedia layanan hosting untuk menginstal software atau alat yang digunakan dan dibutuhkan, karena itu bisa dilakukan secara sendiri. Jika kamu memutuskan menngunakan ASP atau ColdFusion kamu perlu membeli dan menginstal perangkat lunak tersebut.
Kita bisa meninggalkan server tersebut dan berjalan sepanjang waktu selama 24 jam, kita bisa meng-host domain secara sendiri. Kita pun harus membayar 2 garis untuk memindahkan domain lama ke lokasi baru atau dengan berurusan dengan pemadaman sementara server untuk dipindahkan ke lokasi baru.
Penyedia colocation akan memberikan keamanan tambahan pada mesinmu dan server maupun hosting. Servermu akan disimpan dan dipelihara dalam lingkungan yang sangat aman sesuai standar.
Kebanyakan server colocation akan menawarkan pengelolaan dan pemeliharaan server tapi dengan tambahan biaya yang sangat mahal. Tentu ini menjadi sangat berguna ketika kamu tidak memiliki anggota tim IT atau kantor yang jauh dari provider lain.

Kekurangan Memakai dan Menyewa Colocation Server
Selain mempunyai kelebihan dan keuntungan, tentunya colocation sendiri mempunyai kekurangan yaitu Penyedia colocation sulit ditemukan (jarang). Kamu perlu menemukannya di dekat kantor atau rumahmu yang berada di kota - kota besar, sehingga akan memudahkanmu mengupgrade dan menjaga server kamu. Kecuali kamu tinggal di daerah kota yang besar untuk mungkinkamu akan terhubung dengan jaringan utama dan pilihan colocation tidak terlalu banyak.
Colocation sendiri harganya bisa lebih mahal dibandingkan dari layanan web hosting. Ini berlaku ketika kamu menyewa dan mejaga dan mengelola servermu sendiri. Ketika kamu meningkatkan server, kamu perlu membeli perangkat keras kemudian menginstallnya.
Mengakses server fisik akan sulit, karena kamu harus melakukan perjalanan ke lokasi ke penyediaan colocationmu.
Jika kamu pindah ke daerah penyediaan colocationmu, pindahkan servermu ke penyedia baru atau meninggalkan mereka atau membayar kontrak pemeliharaan.
Adanya fluktuasi harga. Salah satu faktor tingkatan bulanan collocating server adalah yaitu jumlah data yang ditransfer melalui server per bulan, maka traffic yang terlalu besar dapat menyebabkan tagihan atau layanan melonjak (mahal/naik).

Lalu, Manfaat apa yang akan didapat dari Colocation?

  1. Mengingat adanya banyak server yang harus dipersiapkan dan sejumlah infrastruktur yang tidak mudah ditata, maka tidak ada salahnya memanfaatkan salah satu layanan colocation server yang ditawarkan oleh para penyedia layanan colocation di daerah kamu. Setelah mengenal apa itu colocation server, maka berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:
  2. Seperti yang kita ketahui, bahwa membangun colocation sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Demikian pula dengan biaya bulanan yang harus dibayar seperti pembayaran bandwidth. Namun, bila kita memanfaatkan layanan colocation pada data center Anda tidak perlu khawatir dengan kwitansi bulanan yang harus dibayar.
  3. Manfaat lainnya yaitu memberi tingkat keamanan yang sangat mumpuni. Hal ini karena semua colocation pada umumnya menyediakan tempat terbaik untuk servermu. Sehingga data perusahaan Anda pun akan aman kerahasiaannya dari para kejahatan yang ada didunia maya.
  4. Dengan menggunakan jasa layanan colocation, Anda tidak membutuhkan konstruksi dalam memilih colocation. Pasalnya sejumlah perusahaan besar senantiasa menggunakan colocation server yang dapat menambah rak dan bandwidth secara cepat dan mudah nan efektif. Sehingga kebutuhan perusahaan bisa segera dipenuhi dengan cepat.
Nah itulah beberapa pengertian dari colocation server. Di Indonesia sendiri sudah banyak jasa layanan penyimpanan colocation. Seperti colocation biznet, dan masih banyak lagi. Sekian artikel pengertian dan fungsi colocation, jika ada kata yang kurang dimengerti silahkan berikomentar dibawah ini. Jika artikel ini sangat bermanfaat jangan lupa klik tombol share dibawah ini, Terimakasih.
Biasanya Colocation server itu kebanyakan paketan ya gan? apa gimna?
Loading...