asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Cara Ampuh Mengatasi Tanda Silang Merah Pada Audio Laptop Atau PC-Masalah pada hardware laptop maupun komputer memang sangat beragam jenis dan penyebabnya, mulai dari masalah yang cukup ringan seperti terserang virus hingga masalah yang cukup fatal yang disebabkan oleh kerusakan hardware. Di blog forum komputer ini telah banyak dibahas permasalahan-permasalhan pada komputer ataupun laptop, silahkan sobat searching lebih jauh diartikel-artikel lama kami, mungkin saja permasalahan yang ada pada komputer atau laptop sobat ada penjelasannya diblog forum komputer ini.
Mengatasi Tanda Silang Merah Pada Audio Laptop Atau Komputer

Beberapa hari yang lalu ada teman admin yang memiliki permasalahan pada laptopnya yaitu adanya tanda silang merah pada sound, tanda silang itu mengakibatkan suara pada laptop tidak mau keluar alias tidak ada suaranya meski telah memutar musik ataupun video.

Masalah tanda silang merah pada sound memang sulit untuk menentukan dimana letak kerusakannya, oleh sebab itu sobat perlu mengidentifikasi kerusakan agar dapat memastikan dimana letak kerusakan pada komputer atau laptop sobat, dan pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi tanda silang merah pada sound laptop atau komputer. Admin akan menjelaskan secara lengkap, rinci atau detail agar sobat dapat memahami dan dapat mempraktekkannya secara langsung.

Penyebab tanda silang merah pada laptop atau komputer.
Ada banyak penyebab yang menyebabkan icon audio yang ada ditaksbar menjadi meliki tanda silang merah, diantaranya ialah :

  • Kerusakan pada hardware audio laptop atau komputer.
  • Driver sound card tidak cocok.
  • Crash driver audio dengan windows atau dengan driver audio lainnya jika pernah memasang sound card eksternal.
  • Driver sound card tidak terupdate.
  • Permasalahan pada audio service windows.
  • Windows terkena virus yang dapat menyebabkan audio tidak bunyi.

Dari penyebab-penyebab diatas, admin akan menjelaskan cara mengatasi tanda silang merah pada audio laptop atau komputer sesuai dengan penyebab-penyebab yang telah dijelaskan diatas, berikut penjelasannya.

1. Cek hardware audio laptop atau komputer.
Sebelum admin bilang ada kerusakan atau masalah pada driver audio laptop atau komputer, cek terlebih dahulu hardware audio, apakah belum terpasang dengan benar kabel yang menghubungkan antara hardware audio pada laptop atau komputer ke speaker, bisa saja kabel mengalami putus atau pemasangan yang tidak benar seperti kendor atau salah mencolokan port atau ada kemungkinan lain yaitu hardware audio pada komputer atau laptop memang sudah rusak.

2. Update driver audio.
Karena penyebab yang paling sering munculnya tanda silang merah pada audio laptop atau komputer adalah pada driver, maka admin memiliki 2 opsi yaitu menginstal ulang driver audio atau mengupdate driver audio tersebut ke versi terbaru.

Yang jadi pertanyaan bagaimana cara mengupdatenya???, yang perlu sobat lakukan adalah :
  • Berkunjung ke situs resmi dari produsen laptop yang sobat gunakan, disana pasti ada driver audio untuk merk dan tipe dari laptop sobat, jika ada versi yang berbaru silahkan unduh kemudian instal driver tersebut secara manual.
  • Untuk PC, silahkan sobat berkunjung ke situs resmi dari produsen motherboard yang sobat gunakan dan lakukan langkah seperti yang telah dijelaskan untuk laptop.

3. Mengecek kembali audio service.
Audio service adalah sebuah proses yang berjalan dilatar belakang atau background dan memiliki fungsi untuk menjalankan suara diwindows. Service ini kurang lebih mirip dengan driver, namun auio service sudah tidak perlu diinstal.
Menjalankan audio service adalah cara yang direkomendasikan oleh beberapa situs, termasuk dari dalam maupun situs luar negeri. Karena audio service kadang berhenti sendiri dan tanpa sepengetahuan kita. Cara mengatasinya ialah :
  • Tekan Windows+R, Kemudian ketikkan "services.msc" (tanpa tanda petik).


  • Cari pilihan Windows Audio, Klik Kanan kemudian pilih Properties.

Mengatasi Tanda Silang Merah Pada Audio Laptop Atau Komputer

  • Pada Startup Type ganti ke Automatic => tekan tombol Start => setekah itu klik Apply.

Mengatasi Tanda Silang Merah Pada Audio Laptop Atau Komputer

Sekarang coba cek kembali audio laptop atau komputer sobat.

4. Uninstal driver di device manager.
Selain tanda silang merh pada audio, kadang muncul juga pesan No Audio Output Device is Installed dimana penyebabnya masih seputar driver. Silahkan sobat uninstal driver audio, caranya adalah sebagai berikut :

  • Klik Start kemudian ketikkan Device Manager, setelah itu buka.

Mengatasi Tanda Silang Merah Pada Audio Laptop Atau Komputer

  • Cari driver audio yang sobat pakai, kemudian klik kanan lalu pilih Uninstal.

Mengatasi Tanda Silang Merah Pada Audio Laptop Atau Komputer
kemudian silahkan sobat restart laptop atau komputer sobat, nanti secara otomatis driver audio sobat akan diinstal ulang secara ototmatis.

5. Instal ulang windows.
Jika telah melakukan keempat cara diatas akan tetapi masih belum bisa menyelesaikan masalah, mungkin masalah bukan pada driver audio akan tetapi pada sistem windows sobat. Untuk penyebabknya agak sulit dicari karena kadang berbeda-beda, dan untuk cara yang paling mudah mengatasinya adalah dengan menginstal ulang sistem operasi windows yang sobat gunakan.

6. Mencoba memakai Audio Card eksternal.
Opsi memakai kartu audio eksternal adalah saran yang bisa sobat gunakan jika sudah bisa dipastikan kerusakan ada pada hardware internal audio laptop atau komputer sobat.
Kartu audio atau sound card eksternal sendiri ada beberapa jenis, untuk komputer atau PC sobat bisa langsung membeli komponen dalam bentuk PCI Interface. Nah untuk laptop, sobat bisa menggunakan audio card dalam bentuk USB. Karena secara fungsi, keduanya sama.

Demikian tips yang bisa admin share untuk mengatasi tanda silang merah pada audio laptop atau komputer, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar.











Loading...