asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Lewat Android dan SMS-Seiring dengan perkembangan teknologi, aktifitas sehari-hari kita semakin dimudahkan, baik itu aktifitas diluar rumah ataupun aktifitas yang berhubungan dengan smartphone. Berbicara mengenai smartphone, sudah banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mendukung aktifitas kita sepanjang hari.

Nah, pada artikel kali ini admin forum komputer akan membahas mengenai cara mudah cek tagihan listrik lewat android ataupun hanya melalui sms. Meski saat ini listrik pra-bayar sudah banyak digunakan akan tetapi masih banyak orang-orang yang masih memakai tagihan listrik pasca bayar.

Apa itu tagihan listrik pra-bayar ataupun pasca bayar???, Admin akan menerangkan sedikit mengenai perbedaan pra-bayar dan pasca bayar.

Yang dimaksud dengan listrik Pra-bayar ialah pemilik rumah membeli kuota energi listrik dalam satuan kWh yang dirupakan dalam bentuk voucher. Caranya seperti membeli voucher pulsa ponsel prabayar, di mana pada voucher tersebut terdapat nomor kode.

Nomor kode ini kemudian di-input melalui bargainser yang menempel pada meteran listrik di rumah. Setelah kode dimasukkan, listrik akan mengalir hingga kuota energi tercapai.

Sebelum habis, meteran listrik akan mengeluarkan bunyi peringatan sehingga pemilik rumah harus membeli kembali energi listrik. Jika pemilik rumah tidak segera mengisi, maka aliran listrik akan terputus.

Sedangkan yang dimaksud dengan tagihan listrik Pasca bayar ialah di mana penghuni (Dalam hal ini pemakai listrik) akan menerima tagihan listrik pada akhir bulan, sesuai energi yang dipakai.

Kembali lagi ketopik cara cek tagihan listrik lewat android dan sms, buat sobat yang masih memakai listrik pasca bayar tentu ingin mengetahui berapa besar penggunakan listrik sebelum membayar agar kita bisa menagemen pengeluaran kita setiap bulannya.

Untuk mengetahui atau cek tagiahan listrik kita setiap bulannya, sobat bis amemanfaatkan smartphone android sobat sebagai alat atau media untuk mengeceknya, berikut tutorial selengkapnya car acek tagihan listrik lewat android.
  • Unduh aplikasi cek tagihan listrik bulanan lewat playstore, agar lebih mudah silahakan sobat klik link berikut ini untuk mengunduh aplikasi tersebut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tagihan.listrik&hl=in
  • Setelah terunduh, silahkan langsung buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, sobat hanya akan melihat tulisan "Masukkan ID pelanggan" Beserta kolom untuk mengisi ID penganggan. Nah, isilah kolom tersebut dengan ID pelanggan yang sobat punya.

Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Lewat Android dan Sms

  • Kemudian setuh tombol "Cek tagihan".
  • Selanjutnya aplikasi akan menampilkan berbagai informasi seputar tagihan listrik sobat, mulai dari ID pelanggan, nama pelanggan, tahun dan bulan iuran, tagihan terbilang dalam huruf, serta total tagihan dalam angka.

Cukup mudah bukan cara cek tagihan listrik bulanan lewat android???, Nah selanjutnya admin forum komputer akan menjelaskan cara cek tagihan bulanan listrik hanya lewat sms, tips ini buat sobat yang belum menggunakan smartphone yang ber Os android ataupun tak ingin repot menggunduh aplikasi untuk mengeceknya, berikut penjelasan cara cek tagihan listrik bulanan lewat sms.
  • Buka aplikasi SMS atau Message di HP sobat.
  • Buatlah pesan / SMS baru yang berisikan format sebagai berikut: REK (spasi) No ID Pelanggan. Misalnya, jika nomor ID pelanggan Anda adalah 58394658439, maka isi pesannya adalah: REK 58394658439.
  • Apabila format SMS telah benar, ketik nomor tujuan SMS tersebut, yaitu “8123”.
  • Setelah itu, sentuh tombol “Kirim”.
  • Selanjutnya, PLN akan mengirimkan SMS balasan yang berisikan nomor ID pelanggan, nama pelanggan, tahun dan bulan iuran, serta total tagihan listriknya.
  • Untuk nomor ID Pelanggan, sobat perlu menyiapkannya terlebih dulu sebelum melakukan pengecekan. Cara mencari tahunya adalah dengan melihat bukti pembayaran tagihan listrik sobat yang terakhir kali dilakukan.

Untuk memudahkan sobat dalam mengecek tagihan listrik, PLN juga menyediakan fasilitas SMS berlangganan, dimana PLN akan mengirimkan informasi seputar tagihan listrik setiap bulannya. Cara untuk menggunakan layanan SMS ini adalah sebagai berikut:
  • Untuk mulai berlangganan, ketik SMS dengan format: PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123.
  • Untuk berhenti berlangganan, ketik SMS dengan format: PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan ,lalu kirim ke 8123.

Sebagai tambahan informasi, biaya cek tagihan listrik menggunakan SMS akan dikenakan biaya sebesar Rp 500 /SMS dan tarif tersebut berlaku untuk semua operator. Demikian penjelasan mengenai cara cek tagihan listrik bulanan lewat android dan lewat sms, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.
Loading...