asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

6 Penyebab CD/DVD Disk Tidak Terbaca Pada Komputer Atau Laptop-Adanya teknologi penyimpanan digital portable mungkin telah menggusur eksistensi penggunaan dari CD/DVD disk, kenyataan tersebut memang benar karena saat ini telah banyak produk terbaru dari merk-merk laptop ternama tidak menyertakan CD/DVD player pada perangkat laptop tersebut. Lantas apakah CD/DVD player akan benar-benar ditinggalkan sama seperti nasib dari flopy disk.

 Penyebab CD/DVD Disk Tidak Terbaca Pada Komputer Atau Laptop

Menurut admin forum komputer, penggunaan CD/DVD disk akan tetap ada karena sampai saat ini masih banyak yang membutuhkan CD/DVD disk sebagai media penyimpanan digital ataupun kegiatan lainnya, bahkan untuk PC dekstop masih menyertakan CD/DVD player sebagai media untuk memutar film, musik dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti komponen elektronik lainnya, CD/DVD disk juga rentan akan kerusakan, dan kerusakan yang sering terjadi pada CD/DVD disk adalah CD/DVD disk tidak terbaca pada windows di komputer ataupun laptop. Nah, apa saja sih penyebab yang menyebabkan CD/DVD disk tidak bisa terbaca pada laptop ataupun komputer?. Untuk menjelaskan penyebab-penyebab dari CD/DVD disk yang tidak terbaca oleh komputer ataupun laptop, kali ini admin forum komputer akan menjelaskan secara detail, lengkap mengenai penyebab-penyebab CD/DVD disk yang tidak terbaca pada laptop ataupun komputer, berikut penjelasannya.

Penyebab CD/DVD disk tidak terbaca dikomputer atau laptop.

1. CD/DVD Disk rusak.

Adanya kerusakan fisik pada cd/dvd disk seperti tergores, cacat produksi, retak dan debu bisa menghalangi cd/dvd diputar dengan benar. Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan pada fisik cd/dvd disk  sebaiknya sobat menyimpan cd/dvd disk yang sobat miliki pada case yang tertutup dan simpan pula disk dengan sisi label yang menghadap kebawah dan sisi yang kosong menghadap keatas.

2. Kerusakan pada CD/DVD Drive.
Alat atau hardware pemutar cd/dvd yang rusak sangat berpengaruh jika cd/dvd disk sobat tidak terbaca dikomputer atau laptop, untuk mengatasi hal tersebut jika sobat mampu untuk mengecek sebaiknya cek perangkat cd/dvd drive yang sobat miliki apakah mengalami kerusakan atau tidak.

3. Proses burning yang salah.
Banyak yang tidak menyadari bahwa proses burning juga dapat memengaruhi CD/DVD. Saat hendak melakukan proses burning, kamu disarankan untuk burning dengan kecepatan rendah. Bukan berarti harus pada tingkatan paling rendah, tetapi agar dapat mengantisipasinya, usahakan burning di bawah kecepatan maksimal yang tercantum di keping DVD. Jadi, jangan terlalu percaya tentang kecepatan maksimal yang ada di label CD/DVD.

4. Pasang label yang tidak sesuai.
Hindari penamaan CD/DVD dengan menempel label stiker! Meskipun memudahkan kamu untuk membedakan berbagai isi disk, tapi menempelkan stiker bisa menyebabkan CD/DVD tidak bisa diputar.
Penyebab CD/DVD Disk Tidak Terbaca Pada Komputer Atau Laptop

Penyebabnya adalah kertas stiker terlalu tebal atau menempelkan stiker hanya di satu sisi saja (bukan melingkar). Sebagai gantinya, gunakanlah spidol permanen saat ingin menuliskan judul atau label pada disk.

5. DVD ROOM tidak mendukung format DVD.
Beberapa drive DVD-ROM bisa membaca disk dengan format DVD+R dan DVD-R. Namun, beberapa drive DVD-ROM hanya bisa membaca salah satunya saja. Jika sobat burn DVD dengan jenis DVD recordable yang tidak didukung DVD-ROM, maka DVD tidak bisa diputar di PC sobat.

6. Resolusi layar PC tidak sesuai dengan DVD.
Jika hal ini terjadi, maka spacer harus mengubah resolusi layar PC agar kompatibel dengan DVD yang sobat mainkan. Caranya, dari menu Start, pilih Control Panel. Setelah jendela terbuka, klik Appearance and Personalization, lalu pilih Adjust screen resolution. Selain itu, sobat juga perlu mengubah resolusi layar menjadi 640×480 atau 720×480.

Demikian penjelasan mengenai penyebab disk tidak terbaca dikomputer atau laptop, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan sampaikan pada kolom komentar.



Loading...